Cara Memilih dan Menentukan Sekolah Yang Baik Untuk Kita

Memilih Sekolah yang baik dan bermutu adalah sebuah hal yang harus di patuhi oleh seorang siswa, dan bahkan sekolah dan system pengajaranpun sangat berpengaruh besar pada Ilmu yang akan kita peroleh, tidak menutup kemungkinan hal itu semua adalah Demi Masa Depan Kita , sebagai Contohnya yang paling mendasar adalah dalam hal Memperoleh kehidupan yang layak yaitu memperoleh pekerjaan,

cara memeilih sekolah yang baik

 

Berikut saya Sampaikan Sedikit TIPS dalam Memilih Sekolah yang Baik dan Cocok Untuk Kita.

advertisement

 

  1. Kenali diri  dulu , dalam hal ini kita sebagai siswa harus mengetahui kita ini berminat pada pelajaran apa ? kita bercita cita sebagai apa? keahlian kita apa? dan hal lain menyangkut minat dan keinginan kita, jangan memaksakan keinginan kita untuk hal yang tidak mungkin kita dapati.
  2. Nilai Kepribadian kita dan Nilai Evaluasi dalam Pelajaran, Khususnya Untuk sebuah penilaian dalam hal ini adalah sebagai bukti nyata dalam Hal Nilai raport atau bilai Ujian Akhir kita , contohnya UNAS ( Ujian Akhir Nasional ) yang kita peroleh , apakah kita mendapat nilai yang bagus ataukah cukup ataukah pas – pasa’an dsb.
  3. Setelah menentukan Nilai yang telah kita peroleh barulah kita menentukan Dimana sekolah yang pantas dan cocok utnuk Kita, sesuai dengan 2 Hal diatas dapat disimpulkan Bahwasanya dimana sekolah yang cocok Untuk Kita , seperti Contoh saya ambil Untuk Lulusan Siswa SMP ( sekolah menengah pertama ) dalam menentukan Jenjang Selanjutnya apakah kita itu ingin masuk Ke Sekolah Kejuruan ( SMK ) ataukah ke skolah umum ( SMA) , dimana hal ini adalah pokok penting dari sebuah pemikiran kita. Tentukan pilihan pada banyak sekolah bukan hanya 1 saja , karena belum tentu kita bisa masuk ataupun sesuai dengan apa yang kita inginkan di sekolah tersebut.SMK:  Sekolah Menengah Kejuruan , dimana di SMK ini kita akan mendapatkan sebuah keahlian Khusus dalam bersekolah atau memperoleh pengajaran , yang dimana di SMK ini kita mendapat sebuah keterampilan khusus yang di dominasi Oleh Jurusan yang kita Pilih yang sesuai dengan minat atau Keterampilan yang kita tentukan. Contoh : kita Hobi dalam dunia Mesin maka Kita Masuk Ke SMK dengan Jurusan Permesinan, nah dalam hal ini Mesin Terbagi lagi menjadi beberapa Jurusan , yaitu Otomotif, perkakas dll. tentukan kita berminat di Teknis apa?SMA : Sekolah Menengah Atas , dimana sekolah ini sering disebut sebagai Sekolah UMUM atau sekolah yang memberikan sebuah pengetahuan selayaknya sekolah sebelumnya , dengan jenjang pengajaran yang lebih tinggi , di SMA memang diberikan keterampilan Khusus bagi Siswanya tapi Bukan dari Hal teknis seperti halnya SMK , di SMA akan mengadakan Penjurusan atau lebih mendasarkan Pada nanti dei kelas atas , ( di Kelas 2 ) kita akan masuk dalam Jurusan Pelajaran apa yang akan kita tentukan seperti halnya kita mendapat Nilai Bagus Pada Nilai FISIKA , Kimia dan Matematika , maka kita bisa memperoleh kesempatan untuk masuk dalam Jurusan IPA , dan Kebanyakan Jurusan Tersebut ditentukan Oleh nilai. Dan harus lebih selektif lagi apabila ingin memperoleh Jurusan yang kita inginkan di sekolah Umum ( SMA ) ini.
  4. Cari Informasi Tentang sekolah yang kita Pilih. mencari informasi ini sangatlah penting karena sebuah sekolah adalah tempat dimana kita meluangkan keseharian kita selain dirumah , dan Prosentase untuk seorang siswa adalah lebih banyak di tempat Belajar ( dalam hal ini Sekolah ) daripada berada dirumah, cari informasi melalui Kerabat , teman ataupun melalui media yang lain , mengenai sekolah tersebut.
    Dalam dunia yang serba canggih ini media Internet dan Jaringan sangatlah berperan penting seperti halnya mencari melalui Mesin Pencari layaknya google.com untuk mengetahui sekolah apa itu? bagaimana sekolahnya? bagaimana system Pengajarannya , bagaimana Keadaan sekolahnya dll. dll. 

    Dan dari hal ini bisa kita tahu tentang sekolah tersebut yang akan kita pilih , mulai dari Biaya Pendaftaran , biaya Bulanan , keadaan sekolah , dimana tempatnya dll. dll.

  5. Tentukan Dana kita , disini bukan maksudnya kita membatasi dana yang akan kita keluarkan untuk kita sekolah , karena ilmu itu tidak dapat dibandingkan dengan Uang karena Ilmu Adalah Jauh lebih berharga daripada Uang.Saya maksudkan disini adalah berapa kemampuan kita / keluarga kita dalam membiayai dan mampu membayar Dana dari Budget yang ditentukan untuk pendaftaran dan biaya lain di sekolah yang kita pilih. jangan Memaksakan kehendak di sekolah yang serba mewah sedangkan kehidupan kita pas – pasan , dan jangan pula mencari sekolah yang super murah dan bahkan gratis demi menghemat Uang kita , dan menganggap daripada di pake buat bayar sekolah , mumpung ada yang Gratis , kan lumayan buat uang saku, jangan sekali – kali berpikir seperti itu , karena ini adalah menyangkut amsa depan kita sendiri.Berpikirlah sebelum menyesal.
  6. Setelah menentukan ke – 5 hal diatas, adalah salah satu lagi yaitu Jarak tempuh kita ke sekolah, bukan berarti Jarak yang jauh ataupun dekat menjadi Alasan utama kita untuk memilih sekolah, Pilihlah sekolah yang benar- benar memberikan kita kenyamanan dalam mencapai tujuan , mungkin walaupun jarak yang sangat jauh , kita bisa berpikir untuk mencari sebuah Rumah KOS untuk singgah sementara atau sebagai rumah kedua kita agar lebih dekat dengan sekolah .
  7. Faktor Lingkungan , Saya maksudkan adalah sekolah tersebut di Wilayah yang bagaimana masyarakatnya dan para siswanya serta para gurunya, kenali merka tidak harus sepenuhnya tapi sebagian saja, agar kita dapat nyaman dalam mengemban sebuah Amanah untuk belajar dan menimba ilmu.
  8. Setelah semuanya beres yang terakhir adalah Niat dan mencari dukungan terutama kepada Orang tua kita , Saudara – saudara kita , kerabat serta teman kita. dengan hal ini maka kita akan lebih tenang dalam menjalani keseharian di kehidupan Bermasyarakat dalam mencari Ilmu pengajaran nanti.

 

Sedikit saja tips dari saya diatas dapat disimpulkan bahwa mencari sebuah Tempat belajar dan atau sekolah lanjutan untuk siswa baik itu sahabat yang sedang mencari sekolah ataupun para orang tua , Tentukan yang siswa inginkan , mereka berkeinginan di Sekolah mana dan apa cita – cita mereka yang pastinya Orang Tua seharusnya mendukung apabila memang hal itu adalah baik.

Jangan sekalipun memaksa anak kita untuk bersekolah di tempat yang sama sekali tidak mereka inginkan, seperti halnya , memaksakan kehendak kita sebagai orang tua ingin menjadikan anak kita seseorang yang ada dibayangan kita , memaksa sekolah ditempat yang tidak cocok untuk siswa tersebut, bisa bisa malah salah jurusan nanti – salah arah banyak Bolos dan akhirnya LULUS sebelum waktunya :D . alias D.O ( Drop Out ) kayak anak kuliahan aja :P hihihihihi

 

Masa depan merka itu berada pada tangan mereka sendiri , dan nasib mereka itu adalah mereka sendiri yang menentukan walaupun takdir tetap berada di tangan Tuhan.

 

Dan yang terpenting lagi untuk sahabat yang masih sekolah, bertanggung jawablah akan Kewajibanmu menjadi seorang siswa , belajar dan tuntutlah ilmumu dengan baik , ingat orang tuamu atau ingat mencari sesuap nasi itu sangatlah sulit, hidup bukan hanya dipakai untuk bersenang – senang ataupun jangan anggap hidup adalah permainan, karena hidup itu adalah perjuanagan :)

Semoga sukses untuk sahabat .. terima kasih

advertisement

Author : awan
Junior Web Developer , Web Designer & Web Server Management. Mempunyai hobi otak atik server dan browsing di google[dot]com. Eksplorasi menjadi sebuah pilihan dalam menimba ilmu : www.nawa.me..