Cara Mengatasi Website yang muncul Pesan Error ( 403, 404 , 500 )

Setelah seharian Blog ini Offline gara – gara ada kesalahan sedikit pada setting salah satu file mengakibatkan merambah ke kinerja situs , nah yang saya temukan pada hari – jari ini adalah muncul ke 4 permasalahan ini .
Dan tidak ada salah nya akan saya tuliskan melalui artikel sederhana ini.

Pernahkah sahabat menjumpai blog sahabat terkena pesan error pada Blog WordPress sahabat? , Bad gateway , 404 not found ( dengan Blank Page / pesan bukan bawaan themes) , 503 Internal Server error , dan 403 Forbidden. atau muncul pesan bawaan dari server hosting.

 

Nah sedikit informasi dari yang saya peroleh di blog tetangga Negara :D , eh negara tetangga :P .

 

HTTP Error 403 Forbidden

Kesalahan untuk Forbidden atau 403 Error  biasanya diakibatkan oleh Kesalahan Permission access , atau salah memberikan Kode Permisi ( CHMOD ) akses untuk Folder / file yang ada untuk website kita di Penyimpanan , maka untuk menampilkan File ( hanya untuk Read ) setting ke default yaitu 644 , dan untuk folder setting ke 755 .

 

HTTP Error – Bad Gateway & Server Not Found

 Error ini biasanya disebabkan oleh kesalahan / error pada Server Web dan kemungkinan besar kesalahan dari Script atau aplikasi dari Server , dan tidak menutup kemungkinan pula karena gangguan dari ISP pengunjung , oleh karena itu periksa syntax atau penetapan kode pada perintah baik itu perl , php dan sebagainya bahkan check kembali fungsional Server Hosting kita . kalau tidak ada masalah dengan script atau webserver kemungkinan  besar adalah kesalahan dari DNS kita cache dan cookie , maka Clear cache pada Browser kita dan Juga Clear Cookie , serta Flush DNS dengan mengetikkan :
pada CMD  :

ipconfig /flushdns


setelah itu restart PC , apabila tetap tidak bisa terakses baghkan Mungkin server Not found padahal pada komputer Lain dapat terakses sempurna maka , pergunakan OPEN DNS ,
Sahabat bisa mencari OPEN DNS melalui Google .

kalau saya memakai ISP semar jadi saya pergunakan OPEN DNS ini :P
( arti dari OPEN DNS bisa sahabat cari melalui wikipedia )

208.67.222.222   – prymary
208.67.220.220  – secondary

 

error 404 Not Found

 

HTTP Error 404 – Not Found

Ada beberapa  kemungkinanmenyebabkan 404 error ini muncul diantaranya.

File yang diakses kosong atau tidak ada dan mungkin pula sahabat salah meletakkan file bukan pada tempatnya :P . , dan bisa juga diakibatkan URL mod rewritenya tidak benar, URL rewrite digunakan untuk mengoptimasi Link URL dan bisa dikatakan untuk memodifikasi Alamat URL pada Web sahabat  , dan apabila terdapat kesalahan Code / script maka akan berdamapak 404 not found, dll

HTTP Error 500 – Internal Server Error

Kemungkinan terbesar adalah kesalahan meletakkan script / kesalahan dan cacat dalam menuliskan Code pada file .htaccess

nah untuk permasalahan pada internal server error ini rata – rata dan kebanyakan diakibatkan oleh kesalahan .htaccess ,

dan cara mengatasinya adalah menghapis .htaccess web sahabat , dan secara otomatis WordPress akan membuat file. htaccess baru :)

 

nah internal Server Error 500 tidak ada lagi , maka ada masalah baru kembali yaitu website sahabat hanya bisa menampilkan Homepage saja apabila mengakses halaman yang lain akan muncul 404  Not Found .

dan sekarang mari kita atasi , bagaimana caranya?

( pengalaman keseringan error euy ) :lol:

 

yaitu dengan mengedit file .htaccess , dengan code  Default WordPress Berikut ini :

 

 # BEGIN WordPress
RewriteEngine On 
RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] 
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f 
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d 
RewriteRule . /index.php [L] 
# END WordPress

tharaaa :D , semoga bisa teratasi apabila ada error pada blog sahabat :) , kalau masih muncul error , berarti yah ada kesalahan yang lain :lol:

silahkan bertanya dan mari kita sama – sama mencari :lol:

 nb : .htaccess biasanya hanya ada pada server bermsystem apache bukan nginx karena nginx , dotNet dll mod_rewritenya bukan menggunakan .htaccess

Author : awan
Junior Web Developer , Web Designer & Web Server Management. Mempunyai hobi otak atik server dan browsing di google[dot]com. Eksplorasi menjadi sebuah pilihan dalam menimba ilmu : www.nawa.me..