Cara Menginstall Windows 7 dan Langkah – langkahnya

Selamat malam sahabat , kali ini saya akan memberikan sedikit informasi atau sedikit cara dan langkah menginstall Operating System untuk Windows 7.

Kenapa saya membahas tentang artikel ini ? dikarenakan ada seorang kerabat yang belum tahu sama sekali cara menginstall Windows 7 , dan apabila beliau menggunakan Jasa Teknisi Komputer harus membayar puluhan ribu rupiah hanya untuk sekedar memnginstall Operating System yang kurang dari 1 Jam ini. dan saya dulu juga pernah memberikan sedikit tutorial untuk menginstall Windows XP melalui Flashdisk.

Windows 7 adalah sebuah Operating System penerus dari Windows XP dan walaupun sudah launch di tahun 2007 , akan tetapi masih banyak Vendor yang menyarankan Windows 7 untuk persangkay komputer konsumen , dan kali ini apa salahnya saya memberikan sedikit tutorial bagi yang awam dengan yang namanya meng-Install Operating System Windows 7.

advertisement

 

Beberapa syarat juga harus dipenuhi dalam menginstall Windows 7 ini , salah satunya adalah harus ada komputernya loh ya :lol: , dan mempunyai DVD Windows 7 , setidaknya :) .

 

Syarat selanjutnya adalah , untuk masalah Memory atau bisa saya sebut RAM minimal mempunyai kapasitas 1GB atau 1024 MB ,untuk hasil yang sempurna dan mempunyai Hardisk dengan ruang kosong diatas 20 GB untuk menginstall System Windows ini. dan saya sarankan saja minimal 40GB Hardisk Free Diskspace :) .

Langsung saja ke langkah – langkah nya :D

  1. Siapkan DVD Master Windows 7 ( ultimate , Basic , Starter dll ) , dan hidupkan komputer serta Masuk ke Bios komputer sahabat , sembari masukkan pula DVD Windows 7 anda ke DVD Rom komputer sahabat. , untuk masuk ke Bios biasanya waktu pertama menghidupkan Komputer terdapat Start Up , sahabat bisa mengaksesnya dengan menekan tombol “DEL” atau apabila di LAPTOP / Notebook dan semacamnya dengan menekan tombol “F2″ ( tergantung Hardware dan komputernya juga  :P )
  2. Setalah masuk BIOS Setting , pilih di menu Boot , seperti dibawah ini lah setidaknya ( untuk setiap komputer berbeda – beda ) dan set First Priority Bootnya ke DVD Rom atau ke HardWarediaman sahabat memasukkan DVD Master Windows 7 sahabat.

    Bios Setting

    Setting Boot Priority

  3. Setelah itu Tekan “F10” atau Exit / simpan dan restart secara otomatis, lalu biarkan berjalan maka nanti akan muncul berupa perintah , tekan sembarang tombol untuk boot melalui CD / DVD :P hehehe .. maka apabila Booting Melalui DVDakan muncul layar seperti Berikut ini :

    Menunggu setup

    Boot CD Loading Setup

  4. Biarkan dahulu sampai muncul halaman seperti berikut ini
    Windows Begin

    Starting Windows

    tampilan diatas berarti Windows 7 sudah mulai bekerja :P hehehe ..

  5. Tunggu sesaat hingga nanti muncul halaman pula seperti berikut ini , dan disinilah kita mulai langkah – langkah yang teramat sangat mudah untuk menginstall Windows 7 :D
    Setup Installing Windows

    Setup Installing Windows

    nah sekarang tinggal setting menurut apa yang sahabat mau , tentukan sendiri pilihan utuk bahasa yang akan diinstall , waktu dan keyboards input .
    kalau saya menyarankan , “english >> Indonesia >> US ” :lol: , lalu klik “Next

  6. Apabila sudah sahabat lewati langkah diatas maka , akan berubah tampilan sebagai berikut.
    Begin Installing

    Memulai Penginstallan

    Dan selanjutnya klik “Install Now ” untuk menginstall Windows 7.

  7. Selanjutnya sahabat akan dibawa ke sebuah halaman dimana sahabat mau menyetujui ketentuan dan lisensi  yang berlaku , tinggal centang “accept .. bla bla bla ” , lalu klik “Next ” lagi .

    persetujuan kesepakatan lisensi

    centang I accept

  8. Setelah sahabat klik Next maka sahabat akan diberikan 2 Pilihan yaitu Upgrade atau Custom , dimana Upgrade adalah untuk meng- Upgrade Windows Versi sebelumnya ke windows Master DVD sahabat dan Custom adalah menginstall Ulang keseluruhan system operasi.
    Pilih ” Custom “ 

    Install atau Upgrade

    Pilih Custom Untuk Install

  9. Maka Sahabat akan disuguhi dengan sebuah halaman pemilihan Partisi , apabila sebelumnya komputer sahabat telah terisi Opertaing system dan Drive lain adalah penyimpanan data sahabaty , maka pilih Drive yang diaman Drive tersebut adalah drive System Operasi sahabat. Dan apabila belum pernah terisi apapun saya menyarankan untuk membuat Partisi Baru , yaitu dengan mengklik Tombol New .
    partisi install

    partisi

    Partisi Windows

    Partisi Windows 7

  10. Setalh rampung membuat Partisi Hardsik dari Windows anda lalu pilih Drive yang akan anda jadikan sebagai Drive System ,, lalu klik Next. , maka Proses Instalasi pun akan mulai berjalan .
    Memulai Installasi

    installasi

     

  11. Biarkan hingga selesai dan komputer anda akan ter-Restart .. Setelah proses Restartmaka Windows akan melanjutkan proses Installasi FIle dan program yang telah teregistrasi sebelumnya :

    Installasi

    Installasi

  12. Biarkan sampai selesai , dan komputer sahabat akan tersetart kembali , karena setalh terestart disinilah langkah terakhir pengintsallan windows nanti :
    pemakaian pertama kali

    setup

     

  13. Setelah proses Setup , maka sahabat akan menemui halaman penamaan komputer dan User .
    user komputer

    Nama System

    isikan nama komputer system sahabat , lalu tekan Next

  14. Setelah itu akan tampil halaman baru dimana sahabat diberikan kesempatan untuk memberikan password pada komputer sahabat , apabila tidak ingin memberikan password untuk Windowssahabat langsung saja klik “next”

    Password

    masukkan password atau kosongi

  15. Next kembali , dan sahabat akan menemukan halaman aktivasi untuk memasukkan serial number atau product key windows 7 , kosongkan dan hilangkan centang pada pilihan “Automatically activated windows when I’am Online ” ,

    aktivasi windows seven

    aktivasi

  16. Klik Next , dan sahabat akan diberikan halaman baru lagi disini sahabat akan diberikan pilihan , melakukan update secara automatis ataukah tidak , seperti itulah intinya dan kalau bisa jangan aktifkan Updatenya.

    automatic update

    pilih ask me later

  17. Setelah memilih maka sahabat akan disuguhi dengan halaman dimana menentukan wilayah waktu sahabat .

    Wilayah waktu

    tentukan wilayah waktu dan jam

  18. Klik Next dan sahabat akan dibawa lagi ke halaman menentukan Jaringan ( apabila Komputer anda terkoneksi ke jaringan ) , pilih sesuai dengan kebutuhan sahabat, tapi saya menyarankan memilih “public Network apabila komputer sahabat sering dipakai di tempat umum , akan tetapi kalau komputer rumahan saja pilih home Network.

    pilihan jaringan

    pilihan jaringan koneksi

  19. Nah sekarang adalah menuju langkah langkah akhir penginstallan Windows , setelah sahabat memilih jaringan maka system akan memulai proses installasi program . seperti gambar berikut:

    menginstall windows

    finalizing installation

  20. Dan setelah installasi terakhir sebelumnya maka akan disuguhi halaman wellcome Screen  Windows 7 ,

    Wellcome Screen

    Wellcome Screen

  21. Setelah itu Windows 7 telah sempurna terinstall di Komputer sahabat .

    Windows Seven

    Windows Seven

Semua proses penginstallan Operating Sytem Windows Seven telah rampung , dan tinggal menginstall Driver dan software software lainnya , di komputer dengan O.S baru nya :D.

 

Eits tunggu dulu semua belum selesai , karena tadi sahabat tidak mengisi Product key , maka sahabat masih mempunyai Windows Seven Versi Trial Selama 30 Hari saja.

Untuk membuat Windows Seven Sahabat menjadi full atau tidak trial lagi silahkan sahabat cari di Mbah google yang namanya , ” WIndows 7 Loder” dan install di Komputer Windows Seven sahabat ,

Jangan Lupa Pula untuk Menonaktifkan Automatic Update di Windows Seven sahabat.

Terima kasih

advertisement

Author : awan
Junior Web Developer , Web Designer & Web Server Management. Mempunyai hobi otak atik server dan browsing di google[dot]com. Eksplorasi menjadi sebuah pilihan dalam menimba ilmu : www.nawa.me..