Kendalikan Emosi

Emosi atau sebuah sikap / perbuatan dari luapan sikap emosional atau temperamental yang ada pada diri nya sendiri tanpa dapat lagi untuk ditahan / dibendung, emosional yang berlebihan pastinya akan berdampak buruk bagi setiap kehidupan dan serta luapan emosi yang telah keluar tersebut akan membuat orang sekitar akan merasa dirugikan, kenapa demikian? salah satunya adalah merasa terganggu dengan sikap tersebut dan merasa risih dan hal lainnya pula adalah dapat mengganggu dan menjadikan sebuah tekanan psikis tingkat rendah bahkan dapat menjadi tingkat tinggi kalau – kalau kita tidak dapat mengendalikan dan mengaturnya secara seimbang. Dan lalu bagaimana cara mengendalikan emosi? Di sini saya akan memberikan tips untuk mengendalikan dan mengatasi emosi menurut cara saya sendiri dalam mengendalikan segala amarah yang ada saat ini.

Saat sedang terbawa emosi atau terbawa rasa ingin marah :

1. Pejamkan mata dan menghela nafas dalam dalam , hirup dari hidung dan keluarkan dari mulut, disini akan menstimulai masuknya oksigen melalui rongga pernafasan utama kita serta untuk menenangkan kinerja jantung yang sedang tegang dikarenakan tekanan dari pikiran kita.

advertisement

2. Berdoa, untuk mengendalikan amarah hendaknya kita ingat dengan ibadah / ajaran agama kita , yaitu berdoa dan menyebut nama tuhan. Dengan mendekatkan diri dengan tuhan maka kita akan dapat merasa kita ini tidak sendiri. Berpikirlah sejenak dan renungkan , kenapa kita harus marah? apa kita merasa kesal dan disesalkan? Tuhan saja maha pengampun kenapa kita tidak dapat menahan nafsu amarah dan sikap emosional kita? tenangkan diri perlahan dengan , berdoa menurut kepercayaan sahabat.

3.  Alihkan sikap, mengalihkan sebuah perbuatan kita saat sedang terbawa emosi, dengan melakukan hal lain. Dan cara yang paling manjur adalah melompat ke ranjang tempat tidur untuk berisitirahat dan menenangkan diri, asal jangan melompat ke jalan raya :D . Atau sahabat dapat mengalihkan ke sebuah kegiatan yang sahabat sukai atau yang menjadi hosi sahabat, contohnya maen game?

4. Pikirkan dampak buruk , mungkin saat kita sedang terbawa emosi yang ada dalam pikiran kita hanyalah tertuju pada sebuah ketidak keterkendalian saja, akan tetapi mungkin bisa dicoba untuk dibiasakan berpikiran tentang apa sih dampak buruk yang kita akibatkan bagi , kita sendiri dan orang lain yang ada disekitar kita, dan serta bagaimana sikap orang lain terhadap kita selanjutnya? pasti akan sedikit atau bahkan banyak berbeda :)

5. Keluarga, untuk yang sudah beristri / bersuami, mungkin kalau sedang ingin merasa marah atau terbawa emosi diluar keluarga , bisa menjadikan keluarga kita atau bahkan anak , istri / suami dirumah sebagai penenang hati kita. Dimana kalau kita marah Рmarah mulu bagaimana  nanti perasaan dirumah atau apa yang akan terjadi kalau saya seperti ini terus? coba baca ini menjadi pemimpin yang baik

 

Dengan 5 hal diatas cara saya untuk menehan sebuah emosi , dan sikap yang tidak terkendali. Lalu apa saja sih dampak buruk dari sikap emosional yang tidak terkendali? antara lain :

  1. Pengaruh kejiwaan kita, akan menjadi semakin tidak labil dan bahkan lebih mudah terpengaruh oleh pengaruh yang negatif dari luar. Bahkan bisa bisa kita menjadi ehem .. ( gak waras )
  2. Menimbulkan penyakit , antara lain penyakit batin :P , sering sakit kepala, darah tinggi, serangan jantung , bahkan bisa mengakibatkan kematian :D
  3. Sosial yang buruk , di kehidupan bermasyarakat tentunya dibutuhkan sebuah interaksi yang baik antara satu dengan yang lain , dan kalau kita sukanya ada sedikit masalah keburu emosi bagaimana bisa sikap masyarakat dan kehidupan sosial kita menjadi lebih baik? kalau sudah dicap jelek dan bahkan masyarakat sudah tidak terlalu menganggap kita, akan menjadikan sebuah beban pikiran , dan nanti berkembang menjadi penyakit selanjutnya penyakit hilang nyawa melayang :D

Sedikit penjelasan saya diatas semoga dapat menjadi sebuah literatur bagi sahabat dan semoga dapat menjadi manfaat.  :)

 

advertisement

Author : awan
Junior Web Developer , Web Designer & Web Server Management. Mempunyai hobi otak atik server dan browsing di google[dot]com. Eksplorasi menjadi sebuah pilihan dalam menimba ilmu : www.nawa.me..