Localhost XAMPP tidak berfungsi di Browser ( Windows )

Localhost Port 80 , atau localhost tidak berfungsi untuk apache XAMPP / LAMPP / AMPPS atau yang lainnya, dimana saat sahabat mengatifkan XAMPP atau Web tools lainnya, tiba tiba sebelumnya yang berfungsi dengan baik dan sekarang tidak bisa terakses atau tertulis seperti ini :

Unable to connect
Firefox can’t establish a connection to the server at localhost.

dan semakin kesal dengan hal tersebut, maka sahabat menjadi pusing tujuh keliling , dan walaupun bisa menggunakan port secondary : 8080 akan tetapi tidak seperti biasanya.

intinya sahabat ingin mengembalikan keadaan localhost berjalan sebagai web service Apache pada system Windows.

Saya menulis ini dikarenakan gak tau kenapa saat saya menggunakan AMPPS , dan tiba tiba apache tidak bisa jalan >,< , dan akhirnya saya install XAMPP akan tetapi ada error yang tertulis saat penginstallan terakhir.

“port 80 or 443 (SSL) already use! Installing Apache service failed!”

nah banyak yang menyarankan untuk mengubah setting di hhtpd.conf dan hhtpd.ssl.conf , menjadi port lain atau secondary , akan tetapi hal itu hanya akan mempersulit akses saya menggunakan localhost.
Ternyata selidik punya selidik Port 80 saya dipakai oleh salah satu software atau entah itu software apa , pokoknya punya microsoft saat saya mengupdate Windows 7 saya,

lihat software apa yang mempengaruhi dari localhost sahabat, seperti contoh : teamviewer , secara default teamviewer mengaktifkan port 80 dan menggunakan port 80 untuk kerja software teamviewer tersebut, maka disable service team viewer pada setting nya.

Langsung saja ke rumusan masalah. saat selesai penginstallan XAMPP dan terjadi error seperti diatas acuhkan , saja , dan jalankan XAMPP Control Panel lalu centang CheckBox di Baris APACHE.
Fire wall akan memberitahukan bahwa sahabat ingin menginstall Apache Service atau tidak , pilih saja install.

Dan coba Start walaupun apache terlihat sudah running , akan tetapi dalam hal ini sahabat , saat mengakses http://localhost , masih mengalami UNABLE TO CONNECT.

alasannya adalah :

APACHE pada windows sahabat bukan sebagai default Webserver dari port 80 localhost atau dipakai oleh aplikasi atau program lainnya, dan untuk menyelesaikannya adalah mensetting APACHE XAMPP sebagai Web server default Localhost.

Penyelesaian :

NEW : Untuk mengetahui Program Apa yang menggunakan Port 80 silahkan Buka CMD dengan Menggunakan Hak akses Administrator : 

Lalu Ketikkan : netstat -a -b -o

Maka akan menemukan detail nya, hentikan aplikasi yang menggunakan Port 80 tersebut ( penggunaan port 80 dapat dilihat dibagian ‘ Local Address ‘ => biasanya 0.0.0.0:80 ). atau bila ingin menghentikan melalui CMD bisa menggunakan TASKKILL /F /PID nomorpid ( nomor pid dapat dilihat dibagian PID list ).

Setelah dihentikan silahkan lakukan langkah berikut :

  1. Jalankan XAMPP Control Panel :xampp control panel
  2. lalu klik Service ,
    ServiceDan centang “Run XAMPP Control Panel as Service” , lalu centang pula ” Apache” , klik oke ..
  3. Setelah itu coba Refresh Service Xampp Control panel. dan coba akses http://localhost.

Nah dengan sangat sederhana masalah tersebut bisa diatasi , sebenarnya inti dari localhost tidak berjalan adalah , XAMPP Control Panel tidak digunakan sebagai service system , ya localhost gak mau konek ke Apachenya XAMPP  lah :D .

Author : awan
Junior Web Developer , Web Designer & Web Server Management. Mempunyai hobi otak atik server dan browsing di google[dot]com. Eksplorasi menjadi sebuah pilihan dalam menimba ilmu : www.nawa.me..