Menghilangkan Kejenuhan

Jenuh satu kata yang sedikit mengganggu dan sangat tidak ingin kita peroleh dalam kehidupan kita, sebuah kejenuhan yang teramat sangat akan mempengaruhi faktor psikis dan psikologis diri kita.

Banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya hal ini , salah satunya adalah sebuah rutinitas dan kebiasaan yang itu itu saja. Contoh lagi adalah yang sangat sering dikeluhkan adalah menunggu. Menunggu adalah salah satu hal yang paling menjenuhkan di muka bumi ini , apalagi menunggu si Doi belanja shopping dan segalanya Di Mall apalagi di Pasar :P ( belanja ikan asin buat masak nanti malem :P ).

bosan dan jenuhGak usah bahas tentang belanja , dan tentang shopping , atau travelling bla bla bla, disini saya akan memberikan sedikit tips yang semoga menjadi sebuah pemikiran lagi untuk sahabat dan dapat pula dipakai sebagai pertimbangan.

Kejenuhan yang sering didapati adalah pada beberapa format atau keadaan , antara lain kejenuhan dalam Bekerja, kejenuhan dalam hubungan kita terhadap pasangan dll.

Berikut tips untuk sahabat :

 

Jenuh dalam hal pekerjaan, dan jenuh terhadap apa yang dilakukan setiap hari dan inilah yang menjadi momok seorang pekerja ( apalagi yang notabene HardWorkers) , tidak elak sebuah pekerjaan apalagi yang bekerja di kantor kita akan dihadapkan pada sebuah kegiatan itu itu saja , dan walaupun ada yang lain pastinya juga hal itu itu saja? nah dengan mengatasi kejenuhan dalam pekerjaan di tempat kerja ini dapat kita siasati dengan hal berikut.

 

  1. Luangkan waktu sejenak dalam beberapa waktu untuk bersantai , disini dalam konteks “santai” bukan harus bersantai santai ria duduk meninggalkan pekerjaan kita , akan tetapi bersantai Pikiran / otak dan melemaskan otot2 yang kaku, dapat dilakukan dengan cara saat bekerja dan kita tidak dikejar oleh deadline usahakan lah mengerjakan sesuatu dengan santai dan tidak tergesa , jangan melakukan pekerjaan tersebut secara fokus dengan terus menerus padahal pekerjaan tersebut tidak dikejar oleh deadline, dan juga sesekali coba menyapa istri / suami / pacar / orang tua dll .( orang terkasihi ) melalui Pesan Singkat SMS untuk sekedar menyampaikan ucapan sayang dan bercanda lewat SMS , tapi ingat jangan kelewatan :D ntar SMSan terus lupa ama pekerjaannya.
  2. mencari alternatif hiburan bersama teman kerja, disini bukan mencari hiburan ditempat hiburan -_-a , tapi menghibur diri dan teman teman dalam satu kantor / lingkungan dengan cara bercanda dan berbicara saling tawa ria , tanpa melupakan tugas masing – masing dan ingat waktu pula yah  :) jangan sampai waktu serius kerja dikejar oleh target kita malah asyik asyiknya bercanda .
  3. sesekali maenan games , apabila ini bekerja dikantor atau megang komputer ( Hanphone 3310 lah misalnya ) , saat waktu senggang dengan bermain Games kesukaan sahabat maka dengan sedikitnya bebean kita berkurang.
  4. Minum air putih saat dehidrasi , dehidrasi adalah kekurangan / proses berkurangnya cairan tubuh yang keluar secara terlihat atau tidak terlihat krena beberapa faktor salah satunya adalah kelelahan , dan banyak pikiran itu juga bisa mengakibatkan dehidrasi loh , maka dengan hal ini usahakanlah sering kali meminum air putih kalau sudah ngos ngosan :P , heheh , atau saat sahabat sedang meraasa kebingungan atau lelah dengan pekerjaan di saat kerja, masak gak boleh minum airputih saat kita kehausan sama pak Bos? ( asal gak waktu bulan ramadhan aja ) :P .
  5. saat istirahat kerja , biasakan lah berkumpul dengan teman kerja ( kalau kerjanya memang sama temen – temen / banyak karyawan ) , di tempat biasanya sahabat berkumpul atau di Warung lah ( kalau punya duit . kalau gak punya duit ngutang juga boleh :D ) , sesekali pesan kopi secangkir , ( buat berdua , cuma sahabat tau berlima puluh juga boleh ) untuk sekedar mengobati dahaga dan mengembalikan sedikit stamina yang sempat terkuras pada waktu bekerja , ingin tahu manfaat minum kopi? lihat disini :
    Manfaat dan Kerugian Minum Kopi . dan lain sebagainya semuanya tergantung dari cara sahabat menyiasatinya tersendiri.

Menyiasati kejenuhan di sekolah dan belajar,sebuah pendidikan tentunya sangatlah perlu di era yang teramat sangat berkembang dengan pesat saat ini , Modernisasi sudah bertuju dan elah menjadi sebuah kehidupan kita. Pendidikan adalah untuk menanamkan dan menciptakan sebuah insan yang berwawasan , mandiri dan dapat berkarya sertadiharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta mencerdaskan bangsa ( zzzzzz) .

Belajar juga sebagai tugas dan kewajiban seorang siswa / murid bahkan guru sekalipun dosen, pak lurah dll :D , akan tetapi kalau terlalu sering belajar dengan sangat keras tanpa peduli waktu dan lingkungan sekitar maka hal tersebut akan menjadi sebuah hal yang membahayakan bagi diri sendiri, nah pastinya kalau terlalu sering belajar dan juga menerima sebuah ajaran di sekolah / kampus atau tempat belajar manapun secara berkelanjutan dengan waktui yang cukup lama maka kita juga akan mendapati sebuah tingkat kejenuhan yang tinggi Bosan dan hal lainnya.

  1. Usahakan jangan terlalu memaksakan sebuah hal yang tidak kita mengerti dan tidak kita pahami sendirian , ataui berpikir terlalu keras sendirian , karena dengan hanya menentukan / memecahkan masalah tersebut dengan perkiraan kita sendiri tapi kita malah menjadi Stress , lebih baik bertanya kepada teman atau Dosen / guru yang paham dengan sebuah pelajaran / soal / tugas tersebut. mengapa kok begitu dibilang kejenuhan kok bukan bikin stress? Stress biasanya diawali oleh kejenuhan dan kalau kita terlalu memikirkan hal itu itu saja maka kita juga akan merasa bosan dan sangat teramat menjenuhkan apalagi kalau masalah tersebut tidak pecah Telor ( curr ) maka stress kan jadi nya :D lama – lama jadi gila :D
  2. Sebelum berangkat ke tempat belajar usahakan minum air putih / teh hangat ( sebelum berangkat ) dan makan yang cukup , ini demi untuk menyehatkan dan berjaga jaga tubuh kita kekurangan tenaga untuk menghadadpi sulit dan kerasnya perjuangan kita :P , kalau perlu bawa makanan kecil / camilan ke Sekolah / kampus dll , di tas atau kresek sekalian untuk sesekali saat kita istirahat / jam kosong dapat kita makan tuh kue yang harganya 500-an dapet utang dari warung sebelah rumah :P .
  3. Menunggu Guru / dosen yang tidak kunjung datang adalah sebuah hal yang menjenuhkan pula ( kadang juga suatu kebetulan sekalian aja gak usah datang :D ) , sesekali lah gak papa ( ngajarin jelek dikit ) ngobrol sama temen atau SMS ( kalau punya Hanphone kalau saya gak punya hanphone adanya uleg – uleg :) ) , ngobrol sebuah hal yang positif bercanda ria untuk menimbulkan suasana hati yang lebih tenang, atau bisa kita siasati dengan membca buku atau apapun yang bisa dibaca untuk sekedar iseng – iseng semata.
  4. yang sudah punya pacar /. gandengan ( ehem ehem ) kalau itu satu tempat belajar ( satu kampus atau satu sekolah enak lagi satu kelas ) , waktu istirahat pergunakanlah waktu untuk berbincang tentang rencana rencana apa saja yang akan sahabat lakukan di malam minggu atau nanti pulang sekolah mau kemana ,atau nanti pulang sekolah makan kemana atau pulang sekolah dinaek apa , sama siapa? ( naik onta sama kucing juga boleh ) .

Kalau dalam hal menunggu , saya kurang bisa memberikan sebuah tindakan yang positif untuk sahabat tapi saya berikan contoh saja , menunggu ibu yang lagi belanja sayur dipasar , pastinya kalau ibu – ibu itu kan lama tuh belanjanya kebanyakan nawar tapi ntar dapetnya pasti ya segitu dah ( bagiibu -ibu atau yang merasa jangan diprotes ya saya ini :( ) , bisa disiosasti dengan SMSan dengan si DOI ( uhuk uhuk ) atau sesekali Lirik kanan lirik kiri liat cewek cantik ( bagi yang cowok ) atau cowok  cakep ( bagi yang cewek jangan ampe cowok ngeliat cowok yang cewek ngeliat cewek -_-a  ) sambil membayang-bayangkan pasti asyik akalau punya gebetan dia nih :D heheh.
[NOTICE : tidak untuk yang sudah berumah tangga bisa laen urusannya dan jangans ekalipun untuk colak colek orang dijalanan ,, itu sungguh TERRRR – LA – LU..!!!]

karena tulisan saya yang panjang lebar diatas semakin ngelantur dan gak karuan akan saya berikan alternativ untuk sekedar menyiasati kejenuhan sahabat , dan sebenarnya kejenuhan ini hampir sama penyelesaiannya pada artikel yang telah saya tulis disini : Arti Stress dan Cara Mengurangi Stress , dan semoga dapat ditelaah ,

yang positif monggo diambil dan yang negatif jangan dipositif positifin ntar dikira maksa :D

Author : awan
Junior Web Developer , Web Designer & Web Server Management. Mempunyai hobi otak atik server dan browsing di google[dot]com. Eksplorasi menjadi sebuah pilihan dalam menimba ilmu : www.nawa.me..