Pengertian tentang Internet

Berikut sedikit ulasan tentang apa yang disebut Internet ( bukan International Tempe Penyet ).

Banyak Yang mengartikan kalau Internet kalau itu kependekan dari International Networking, hmmm.. bisa juga tapi sebenarnya kepanjangan dari internet secara harfiah  ( harfiah cari aja di google apa artinya )  atau arti dasar nya adalah Interconnected Networking

Internet (kependekan dari interconnected-networking) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran / trilyunan pengguna di seluruh dunia. Dan Internet adalah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan garis besarnya dinamakan internetworking.

 

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/ surat elektronik ( kebanyakan disingkat menjadi surel ), Usenet, Newsgroup, berbagi berkas ( File Sharing ), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio/ online Radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan / chat seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), skype, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger,mig33

Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella dll.

Budaya Internet

Internet dalam perkembangannya adalah sangat pesat melebihi perkembangan dalam aspek atau bidang yang lain, dikarenakan internet adlah sebagai pusat atau basis dari suatu informasi yang secara global saling berhubungan dan berkaitan secara terpadu dan terkini, bahakan melebihi jaringan elektronik seperti halnya radio dan televisi.

Intenet sangat berpengaruh atas ilmu dan pengetahuan ( IPTEK ) dan pandangan dunia, karena hanya dengan berpandu pada mesin pencari seperti halnya google, yahoo, bing dan sebagainya para pengguna internet dapat mencari sebuah informasi yang mereka inginkan dari berbagai sumber tulisan yang telah dijabarkan suatu blog / website yang berisi tentang artikel dan informasi yang para pengguna mesin pencari di internet inginkan, tak dapat dipungkiri juga bahwa pengguna internet akan menemui konten yang tidak ditemukan di salah satu blog / website padahal telah menuliskan keyword di kotak search / pencarian dan hasil dari pencarian adalah terdapat kata- kata yang bertuliskan apa yang pengguna inginkan. Hal ini tentu sering terjadi dikarenakan dalam blog  tersebut terdapat script yang berfungsi untuk memperbanyak pengunjung  yang datang ke alamat blog / website tersebut salah satunya adalah website / blog yang bertemplate kan WORDPRESS.

Tata tertib Internet

Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.

Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE). Agar warga negara indonesia pada khususnya bisa menggunakan media internet secara lebih bijak.

 

Tokoh-tokoh Internet

advertisement

Author : awan
Junior Web Developer , Web Designer & Web Server Management. Mempunyai hobi otak atik server dan browsing di google[dot]com. Eksplorasi menjadi sebuah pilihan dalam menimba ilmu : www.nawa.me..