Sifat & Sikap Pemimpin

Pemimpin adalah seorang panutan dan pemimpin adalah orang yang mampu memberikan asumsi dan motivasi serta jalan yang pasti dan setidaknya benar kepada orang / kelompok yang dipandunya. Karena apabila pemimpin tersebut meneunjukkan jalan yang salah atau tidak sesuai dengan konteksnya sebagai pemimpin dan bersikap arogan ataupun sombong apakah layak disebut pemimpin?

Berikut beberapa anggapan dan sifat yang layak sebagai seorang pemimpin yang baik.

  1. Mampu beradaptasi dengan lingkungan, disini beradaptasi dimaksudkan adalah mampu sedikitnya mengerti tentang keadaan sekitar baik kepada kaum / bawahan / orang orang yang dipandunya tentang keluh kesah / permasalahan yang terjadi pada lingkungan yang ada di sekitar yang berada di naungannya.
    Tidak harus selalu mengerti terhadap individu akan tetapi mampu memberikan pemikiran yang terbaik dan menjadi seorang motivator yang bisa memberikan arahan yang baik kepada orang / kelompokm yang dipimpinnya.
  2. Pemimpin itu tidak rasis dan egois , rasis dan egois disini adalah tidak semena – mena menjadi seorang pemimpin , maka dia mampu bersikap apa saja mengatur apa yang di kehendaki tanpa perlu memikirkan perasaan atau apa yang kelompok butuhkan. Tidak membedakan antara si ini dan si itu. Antara pemimpin dan Kelompoknya haruslah dianggap sama dan merata tanpa menilai dari , kekeyaaan bentuk fisik dan hal hal lainnya yang mampu membuat perbedaan, walau perbedaan itulah yang mempersatukan tapi semakin perbedaan itu di jadikan sebuah alasan , tidak akan lama dari sebuah perbedaan akan menjadi perpecahan.
  3. Pemimpin tidak berdiri sendiri , seperti halnya poin nomor 2 , pemimpin itu harus mampu menerima dan menelaah dari pendapat atau saran dan kritikan yang masuk dan dilontarkan kepada nya, mampu menggabungkan berbagai macam pendapat dan melengkapi serta menyaring saran dan kritikan yang masuk. Dan pula harus mampu menghargai segala ucapan dari pendapat individu dalam kelompok yang ia pimpin. Memutuskan pendapat dan hasil akhi harus melalui kemufakatan / persetujuan bersama .,
  4. Pemimpin harus menjadi pemersatu dan penengah, disinilah salah satu tugas pemimpin dalam lingkup kehidupan manapun, pemimpin diharapkan mampu untuk menjadi seorang juru damai ( setidaknya ) mampu menjadi seorang penengah dikala ada permasalahan yang membelit di kelompok yang ia pimpin ataupun antara dirinya, kelompok dan pihak lain.
  5. Pemimpin itu tidak sombong dan sederhana atau rendah hati, seorang pemimpin itu bukanlah harus orang yang kaya, pendidikan tinggi atau pangkat yang tinggi dalam hidup berwarga negara. Pemimpin itu sebenarnya adalah seorang panutan dan orang yang lebih mampu untuk mngerti keadaan sekitarnya , bersikap sederhana tidak pernah yang namanya memamerkan “inilah aku lebih segalanya darimu” , karena seorang pemimpin itu adalah orang yang selalu ingin memperbaiki dan meningkatkan sikap dan sifat yang terbaik demi untuk mampu menjadi seseorang panutan yang terbaik bagi kelompoknya. Pemimpin tidak harus orang yang berbadan utuh dan sehat , pemimpin tidak harus kaya, pemimpin tidak harus lulusan sekolah yang tinggi , tapi seorang pemimpin itu mampu menjadi sosok yang diharapkan mampu menjadi harapan dari orang banyak ( kelompoknya )
  6. Pemimpin adalah sang bijak, pemimpin adalah orang yang bijaksana pemimpin yang arif mampu mengambil keputusan yang terbaik bukan hanya untuk nya tapi untuk segala kepentingan kelompoknya. Pemimpin mampu mendengar segala keluh kesah individu kelompoknya , tapi tanpa mengesampingkan tanggung jawabnya.
  7. Pemimpin itu jujur dan bertanggung jawab, bukan hanya pemimpin yang harus bertanggung jawab tapi semua orang harus mampu mempertanggung jawabkan, disini pemimpin bertanggung jawab dimaksudkan adalah , Mampu menerima segala timbal balik atau mampu mempertanggung jawabkan segala dari keputusan atau yang telah dia lakukan.
  8. Tegas , sigap dan berkarakter , Pemimpin itu harus cekatan dalam mengetahui dan menyelesaikan permasalahan dalam kelompoknya pemimpin juga harus tegas dalam memberikan apresiasi dan asumsi nya, serta mempunyai karakter yang berbeda namun tetap berwibawa yang sederhana dan jujur rendah hati.
  9. Pantang Menyerah , dan inilah yang harus dimiliki seorang pemimpin pantang menyerah dalam segala hal yang ingin dicapai demi kelangsungan bersama dan individunya dll.

 

Dengan hal diatas dapat dapat mewakili sedikit sifat dan sikap seorang pemimpin , dan semoga sahabat dapat menjadi seorang pemimpin ysang sebenarnya. Salam :)

advertisement

Author : awan
Junior Web Developer , Web Designer & Web Server Management. Mempunyai hobi otak atik server dan browsing di google[dot]com. Eksplorasi menjadi sebuah pilihan dalam menimba ilmu : www.nawa.me..