Sumber Penghasilan & Pengetahuan tentang Media Cetak Koran

Dari manakah sumber pendapatan Media Cetak Koran..? kok bisa bertahan seperti itu? padahal kan sekarang Koran Tidak sebegitu Laku?

 

Mungkin sahabat pernah sekilas berpikir seperti itu. Di jaman yang serba canggih ini Koran dan Media Cetak Lainnya kurang begitu di minati oleh masyrakat indonesia pada jaman sekarang. Internetlah yang mendominasi , dikarenakan hanya dengan mengaksesInternet berita apapun dapat terekspose dengan Jelas dan apapun informasi yang kita Butuhkan dapat terpenuhi. Lalu..?? kok Perusahaan Koran masih tetap Bertahan ? , dan kalau di perkirakan Pendapatan dari penjualan dan eksemplar koran tersebut tidak cukup untuk mengembalikan Dana dan Budget Cetak , Mesin , dan lainyya ..

 

Nah , kebetulan saya alhamdulillah sering berkecimpung di dunia Advertising dan sering pula berkumpul dengan Orang Media cetak saya akan sedikit buka – bukaan nih :D hehehe…

 

Sebuah Media cetak atau dalam hal ini adalah Koran, sangatlah Uptodate pada Berita terbaru, dan Wartawanpun atau Staffnya tidak luput dari sebuah pengejaran berita, apapun dilakukan demi mendapatkan berita terbaru.

Media berita mempunyai waktu kerja 1X24 jam yang dimana setiap pekerja Di Rolling atau mempunyai system Kerja shift atau berhantian ,bahkan mungkin ada ketetapan System, kerja malam orang bagian ini , yang siang orang ini, dan seperti itulah,

 

kalau dipikir -pikir kembali , apakah berita yang disampaikan di Koran yang bisa kita baca sebelum Jam 5 malah , itu Benar padahal ada sebuah beita yang diambil pada jam 2 pagi?

Masak Cuma 3 jam udah beredar ke seluruh Kota bahkan Provinsi , nah itulah kehebatannya,

Pasti dalam pekerjaan ada yang namanya batas waktu , yang sering disebut dengan DEADLINE , dan di dunia inilah yaitu Dunia yang bekerja dan mempublikasikan tentang beita yang selalu Wajib yang namanya deadline, karena , berita yang dicari adlah sebuah berita terbaru teraktual dan terpercaya.
Proses Editingnya Pun dikerjakan oleh orang yang benar – benar ahli di bidangnya , tidak sembarang orang dipekerjakan di Type pekerjaan seperti ini.

Seperti halnya Contoh dan keterangan yang saya berikan diatas tentang bagaimana hanya dengan jangka waktu 3 Jam kejadian , lalu koran tersebut sudah mengupdate berita.. iya kalau di media Internet bisa langsung tayang , karena tidak melalui Proses Cetak.

 

Rahasianya adalah sebuah kegigihan para pekerja dan ketelitian serta kecepatan dan kenekadan Pekerja dan pencari berita atau koran tersebut. Sya malah pernah mendengar setelah Koran Tersebut selesai dicetak barang Harus segera tiba pada Kota – kota lain dan dikirim di berbagai penjuru dalam waktu yang Relatif singkat.

 

koran

 

Seperti halnya salah satu di Indonesia , akan tetapi Cetaknya di Surabaya, Setelah selesai Cetak jam 3 , Harus datang di Kota Malang pada Pukul Jam 4 Tepat, nah lo bagaimana Caranya? sedangkan Kendaraan Untuk Mengirim Korang Dari Surabaya Ke malang bukanlah memakai kendaraan Kecil atau sejenis sedan yang larinya kenceng, tapi menggunakan Truk Besar , sedangkan Perjalanan wajar dari Surabaya malang , menempuh Kurang lebih sekitar 2Jam.

 

Itulah canggihnya para sopir yang gagah berani menantang maut dijalanan demi menghidupi keluarganya , serta tidak lepas dari para pekerja lain yang rela tidak tidur semalaman dan terus mencari berita serta para operator mesin cetak yang harus bekerja pada Dini Hari.

 

Tentang Pendapatan Media Cetak yang sebenarnya secara Logika dengan Harga Seperti itu maka pendapatan yang akan didapat dari hasil penjualan Ribuan Exemplar Koran tersebut tidak akan dapat kembali atau balik Modal , bagkan ada Koran yang bergarfa 1000 Rupiah ( hayoo coba tebak ) , apa bisa balik modal?

Itulah trik seorang pebisnis , yaitu memberikan sebuah Promosi atau berita yang tujuannya untuk membesarkan nama dan piblishitas atau pamor atau istilah kasarnnya agar terkenal , gak perlu balik modal untuk harga dari lembaran – lembaran berita dari kertas tersebut yang pastinya gak akan pernah bisa balik modal , karena harga sepertiĀ  itu kan harga eceran, harga grosirnya berpa? kalau dipotong Pajak Negara berapa?
jelas cuman bisa beli Permen aja tuh :D hehehehe .

 

Pendapatan Mereka sebenarnya adalah dari Iklan , yaitu salah satunya adalah Iklan Baris , Kolom , Gambar dll. sehingga memberikan pihak merkea keuntungan lebih dari yang telah diperkirakan, dan denganmempunyai harga yang mampu dijangkau oleh masyrakat maka koran mereka akan laris dan investor maupun pemasang iklan pun akan terus berdatangan , karena peminat mereka adalah tertuju dengan baikĀ  dan jualannya laku keras, itung itung korban brosurlah yang penting , duitnya ngalir terus,..

Tanpa adanya iklan mungkin media tersebut akan terus berlanjut , akan tetapi pasti keuntungannya akan banyak berkurang.

Dan banyak lagi rahasia rahasia dan teknis pemasaran yang lainnya , tapi sekedar iseng dan informasi saja , yang namanya iklan itu menguntungkan bagi penyedia nya :D

 

Ke-efektifan memasang Iklan Melalui Koran

Sedikit opini dan informasi tentang pendapat orang – orang tentang memasang iklan di media cetak , itu menguntungkan dari segi usaha yang tertarget pada kalangan ekonomi menengah kebawah.
Memasang iklan di media cetak “ Koran ” ini akan lebih tertarget karena tidak menutup kemungkinan dan pastinya juga tidak semua orang indonesia bisa mengakses internet , bahkan remaja saja yang menganggur lebih banyak mencari informasi lowongan pekerjaan di Koran bukan di internet.

 

Alasan lebih efektig Koran dari pada internet adalah, lebih dipercaya , dan merupakan fakta yang bisa dikunjungi. karena orang indonesia banyak yang menganggap Internet adalah dunia yang bener – bener harus serba gati – hati sekali terperosok bakalan ancur :D

 

Beriklan di media cetak juga berkesempatan untuk mengetahui siapa yang memasang iklan ,dan arat – rata semua itu ada alamatnya walaupun tidak ada alamatnya akan tetapi terdapat kolom – kolom khusus untuk membedakan wilayah dan kategori Iklan. serta untuk memasang iklan di Koran harus mematuhi persyaratan yang berlaku. tidak seperti di internet yang secara bebas dapat melanglang buana para penipu bekeliaran.

tapi tidak menutup kemungkinan di Koran juga banyak para penipu yang berkeliaran :D

bang napi aja Bilang
“kejahatan bukan hanya karena ada niat si Pelaku, tapi karena ada kesempatan ”
WASPADALAH .. WASPADALAH .. . .

Author : awan
Junior Web Developer , Web Designer & Web Server Management. Mempunyai hobi otak atik server dan browsing di google[dot]com. Eksplorasi menjadi sebuah pilihan dalam menimba ilmu : www.nawa.me..