4 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Olah raga sangatlah penting untuk dilakukan sehari-hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Banyak sekali olahraga yang bisa dilakukan terutama ketika Anda sibuk dengan keseharian Anda yang padat. Olahraga ringan misalnya, olahraga ini hanya terdiri dari beberapa gerakan sehingga tidak terlalu melelahkan dan tidak akan menyita waktu karena hanya memerlukan 15 sampai 30 menit saja untuk melakukannya. Olahraga tentunya perlu dilakukan karena selain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga juga amat penting untuk menjaga kekencangan kulit dan membuat tubuh tetap terlihat ideal serta menjauhkan Anda dari masalah kegemukan.

4 Olahraga Ringan untuk Menjaga Tubuh Tetap Ideal

Tanpa melakukan olahraga, kulit Anda yang tadinya kencang makin lama akan mengendor terutama jika Anda tidak menjaga pola makan Anda dengan baik. Penumpukan lemak di bagian tangan, kaki, paha terutama di bagian perut akan sangat mengganggu penampilan, maka dari itu olahraga ringan adalah solusi yang paling tepat untuk menjaga tubuh tetap ideal dan kulit tetap kencang.

  1. Berjalan Cepat atau Lari
    Berjalan cepat atau lari, atau yang biasa kita sebut dengan jogging sangatlah baik untuk menjaga kekencangan pada bagian kaki dan tangan. Saat kita melakukan jogging, secara otomatis kaki dan tangan akan sama-sama bergerak sehingga olahraga ini sangatlah efektif untuk membakar lemak di bagian kaki dan tangan. Lakukanlah jogging di pagi hari selama kurang lebih 30 menit sebelum Anda melakukan aktivitas sehari-hari, sebab melakukan olahraga di pagi hari akan menambah konsentrasi dan membuat Anda lebih semangat untuk melakukan kegiatan Anda seharian.

 

  1. Naik Turun Tangga
    Naik turun tangga adalah salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah. Anda tidak memerlukan tangga dengan banyak anak tangga untuk melakukan olahraga ini, cukup dengan mencari tangga dengan dua atau tiga anak tangga saja. Cukup dengan naik dan turun tangga selama kurang lebih 15 menit, maka kekencangan kaki Anda pun akan terjaga dengan baik.

Baca Juga :  Info Seputar Olahraga Ringan Di Rumah

  1. Push Up
    Push up adalah olahraga ringan yang bermanfaat untuk menjaga dan menguatkan otot-otot tangan. Cara melakukannya adalah pertama dengan memposisikan badan tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan dan kiri badan dan menyentuh lantai. Kemudian doronglah tangan ke lantai sehingga badan Anda terangkat, dan kondisikan badan tetap lurus. Turunkan badan tanpa harus menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini berulang, naik dan turun sebanyak minimal 10kali.

 Baca juga : 5 Gejala Stres Yang Wajib Diketahui Sebelum Berkelanjutan

  1. Sit Up
    Sit up sangatlah bermanfaat untuk mengencangkan otot bagian perut agar tidak kendor dan menjaga perut tetap rata tanpa adanya penumpukan lemak. Cara melakukan olahraga ini adalah pertama dengan berbaring pada lantai atau media datar lainnya seperti matras atau karpet, letakan tangan Anda di dada atau di belakang kepala. Dengan kaki tetap lurus, angkat badan Anda dengan memusatkan fokus pada bagian otot perut hingga badan mencapai sudut 90 derajat. Lakukan sebanyak minimal 20 kali.

Dengan melakukan keempat olahraga ringan di atas, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah kegemukan atau kekendoran kulit. Keempat olahraga tersebut juga dapat dilakukan di rumah karena tidak memerlukan bantuan alat fitness apapun. Sebelum melakukan olahraga apapun, baik jika Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak terjadi keseleo atau kesalahan pada otot yang menimbulkan cidera. Konsumsilah air putih sebelum dan seusai olahraga, meski olahraga ringan sekalipun sebab ketika melakukannya tubuh mengeluarkan keringat sehingga diperlukan air putih untuk mengisi lagi cairan dalam tubuh yang keluar lewat keringat.