5 plugin yang seharusnya terpasang

Plugin WordPress adalah sebuah Aplikasi tambahan dalam mempermudah mengelola situs WordPress dalam berbagai Hal mulai dari Optimasi sampai dengan fitur lainnya agar dapat mendukung kinerja dan mempermudah kita dalam mengelola blog WordPress kita.

Berikut Plugin yang siap dan selayaknya dipasang, setidaknya menurut anggapan saya 🙂 .

 

  1. Google XML Sitemap, sangat penting untuk situs sahabat dikarenakan Sitemap dari sebuah situs dapat mempermudah Search engine mengindex halaman mana saja yang ada di situs kita , dan dengan adanya sitemap search engine akan lebih cepat mengetahui struktur dan kapan posting dan berbagai URL halaman dan dan artikel Pos tersebut dibuat.Google XML Sitemap menjadi pilihan yang cukup tepat, karena Google XML sitemap sudah menjadi pilihan mayoritas pengguna WordPress di berbagai penjuru dunia dalam melengkapi situs nya untuk hal pembangunan Sitemap. Google XML sitemap ini akan memberikan dan membuat Sitemap.xml dan Sitemap.xml.gz dimana saat kita memasuki Webmaster maka File yang disubmit sebagai sitemap adalah :
    Sitemap.xml.gz , serta Plugin ini memberikan pilihan apakah akan merebuild ( membangun ulang ) saat post artikel dibuat ataukah berdasarkan waktu. Tidak serta merta membangun ulang struktur Sitemap saja akan tetapi Google XML Sitemap Plugin ini akan melakukan ping ( submit sitemap ) terhadap beberapa Search engine sehingga search engine mengetahui bahwa artikel / konten dari website sahabat berubah. plugin url : http://wordpress.org/extend/plugins/google-sitemap-generator/

    google XML SiteMap

    image source : wordpress.org ( screenshot )

  2. All in one SEO Pack , plugin ini menjadikan salah satu pilihan untuk melengkapi kerja situs dalam hal pengoptimalan Search Engine. dalam perkembangannya All in One SEO pack ini juga selalu terupdate dan saat saya menulis ini update terakhir dari plugin ini pada :
    28 September 2012. Plugin SEO menurut saya sangat penting karena memudahkan kita untuk dapat merubah struktur / merewrite Default Title dan menambahkan Custom Description dan Keyword serta index No archive , robots dan sebagainya yang sangat terkait erat dengan Search Engine. Jadi AIO ini untuk Blog adalah Wajib 😀
    plugin url : http://wordpress.org/extend/plugins/all-in-one-seo-pack/

    All In One SEO Pack

    image source : wordpress.org ( screenshot )

  3. WP Cleanfix , salah satu plugin favorit saya dan tidak saya lepas dikarenakan dapat membersihkan database yang tergolong tidak terpakai dan database yang tidak dibutuhkan oleh Blog, serta dapat mengetahui dan mengoptimasi database. untuk lebih lengkapnya silahkan akses halaman berikut : Plugin WP CleanFix Untuk Mengoptimalkan Database WordPress Blog, plugin ini saya aktifkan dan operasikan hanya saat saat ingin bersih bersih dan pengoptimalan database saja atau saat saya ingin membackup database.

    wp cleanfix plugin

    image source : wordpress.org ( screenshot )

  4. WP DB Manager , plugin ini mempermudah kerja saya dalam sinkronisasi dengan database Blog saya , sehingga saat ingin dropping , Optimize, repair backup dan sebagainya dapat dengan lebih mudah tanpa harus masuk ke dalam phpmyadmin. Fitur dari WP DB Manager ini yang saya sukai yaitu dapat Backup on admin page, dan auto backup. sehingga dapat menjadi alternativ tersendiri untuk pengguna blog WordPress yang enggan repot mendownload backup dari database melalui phpmyadmin.
    plugin url : http://wordpress.org/extend/plugins/wp-dbmanager/
  5. Broken Link Checker , dan inilah pamungkas plugin yang saya pakai untuk mengatasi broken link di Blog WordPress, Broken link di sebuah website menjadi sebuah momok yang sangat menakutkan untuk optimasi Search engine walaupun tidak sedikit yang mengacuhkan tentang broken link di blog mereka. Broken link dapat mengakibatkan Peringkat kita di Search engine turun juga seperti halnya artikel pada halaman berikut : Alasan Visitor dan Pagerank Website Menurun .
    Broken Link checker plugin ini dapat mengatasi berbagai permasalahan yang ada di blog WordPress sahabat , anatara lain dapat mengecek ulang dimana letak broken linki berada , walaupun kebanyakan Broken link itu adalah paling banyak terdapat pada Link di Komentar. serta dapat mereplace atau menonaktifkan link dan mengetahui link tersebut : broken , redirect ataukah direct dengan lebih mudah.  untuk plugin broken link checker dapat dibaca di Plugin WordPress Untuk Mengecek Link URL Yang Tidak Valid.

Smoga referensi plugin diatas dapat menjadi sebuah pertimbangan sahabat yang menggunakan WordPress sebagai CMS , dan tidak perlu mangaktifkan dan memasang banyak plugin untuk mengoptimalkan blog dengan mesin WordPress, semua tergantung dari kualitas artikel dan keunikan artikel sahabat serta optimasi yang seimbang 🙂