6 Webserver Control Panel Gratis Untuk Linux Based

Webserver Control Panel  atau Hosting Control Panel ( Cpanel ) Gratis untuk Linux , dan sebelumnya saya telah mempublish artikel tentang , Localhost WebServer Gratis Untuk Windows dan sekarang saya mau sharing tentang kumpulan Cpanel Gratis untuk Linux based , bisa digunakan atau diintsal di Vps sahabat sebagai pertimbangan :

1. EHCP atau dipanjangkan menjadi ” Easy Hosting Control Panel “, sebuah Hosting Control Panel Gratis untuk memberikan Solusi Webserver yang sangat mudah dan penuh dengan fitur.

Keunggulan yang paling banyak digemari dari aplikasi ini sehingga dipakai adalah :
1. switch apache & nginx dengan hanya satu kali klik
2. menggunakan php-fpm
3. ehcp menggunakan php
4.  Penginstallan yang Mudah.
5. Easy Management

Easy Hosting Control Panel

Easy Hosting Control Panel

ada 3 akses dalam Aplikasi ini , yaitu seperti halnya Control panel lain , Administrator ( admin / main control ) , Reseller , dan user.

Sayangnya EHCP ini kalau ingin diinstall dengan mudah , operating systemnya harus berbasis Debian, seperti Linux Ubuntu dan Debian.
Kalau sahabat yang mempunyai Server VPS atau Dedicated Server ber OS Debian Based System , saya menyarankan menggunakan Cpanel ini.

 

Untuk penginstallan :
Masuk Console SSH dengan akses root , dan masukkan command berikut :

 

wget www.ehcp.net/ehcp_latest.tgz
tar -zxvf ehcp_latest.tgz
cd ehcp
./install.sh

1 command /line

situs resminya : http://www.ehcp.net

2. KLOXO CP– Cpanel yang satu ini menjadi banyak pilihan diantara para developer, disamping di kelola oleh lxcenter.org kloxo juga termasuk mumpuni dalam menjalankan berbagai macam web mampu mengatasi jutaan akses dari website itu sendiri, Kloxo dikembangkan secara berkala serta sudah terintegrasi dengan berbagai macam billing Tools seperti WHMCS dan Hostbill .

kloxo lxcenter

image source : lxcenter.org

Berikut fiturnya :

  • CentOS 5 Support
  • Integrates with billing software such as AWBS, WHMCS and HostBill
  • Kloxo HostinABox: Feature Complete web hosting platform that uses 10MB RSS.
  • Kloxo Enterprise: distributed hosting platform.
  • View, Search and Manage your entire hosting, and every domain from a single page.
  • Lxguard, advanced intrusion detection management interface.
  • Supports apache/lighttpd, djbdns/bind and pure-ftpd
  • On the fly Switch between applications
  • Scale to million hits per day, using fastcgi
  • Advanced Backup/Restore
  • Upgrade from HostInABox to Enterprise without re-installing
  • Parked/Redirected Domains
  • Integrated RoR

Keunggulan kloxo dapat diinstall di berbagai macam type OS berbasis linux , untuk pengisntallan bisa diakses di situs resminya :
http://lxcenter.org/

3.ISPConfig– Seperti halnya kedua control panel diatas , ISPConfig Hosting Control Panel software ini juga perlu diperhitungkan, karena berbasis Nginx dan Apache. Saya kurang tahu tentang ini 😛 ( karena gak pernah make ) , tapi salah satu sahabat saya berpendapat memakai ISP config cukup maksimal untuk menjalankan Website dan Hosting. Karena Fiturnya yang lengkap menjadikan ISP Config sebagai salah satu pilihan diantara banyak Hosting Control Panel dengan berbagai kemudahan dan Kompleks.

ISP Config Screenshot

image source : http://www.ispconfig.org/

Beberapa fitur yang diberikan :

Single and Multiserver Management:

  • Manage one or more servers from one control panel
  • Can be installed on physical servers and virtual machines

Access Levels:

  • Administrator
  • Resellers
  • Clients

Supported Daemons/Software:

HTTP: Apache2 and nginx, SMTP: Postfix, POP3/IMAP: Courier and Dovecot (1.2.x), FTP: PureFTPd, DNS: BIND and MyDNS, Database: MySQL, Statistics: Webalizer and AWStats, Virtualization: OpenVZ

4.Virtualmin / Webmin – sering disebut sebut sebagai Webserver yang teramat sangat ringan dan digunakan untuk sebuah keperluan web server yang mempunyai pengunjung tinggi dan tidak ingin membebani server secara berlebihan. Secara kompleks didalam console administrasi tersedia berbagai macam setting untuk segala pembahasan dan keperluan bagi pengguna server untuk menjalankan Webservernya yang tidak ingin terbebani oleh perihal load server. Walaupun gratis tapi seperti yang saya dengar dan lihat sendiri virtualmin mempunyai versi pro tapi entah apa kelebihannya :).

system information virtualmin

image source : virtualmin.com

Virtualmin release terakhir pada tanggal 22 November 2012 lalu dengan Versi 3.96 ,  di dalamnya sangat kompleks dimana terdapat pengaturan sysytem setting yang bermacam macam hingga sayapun bingung sendiri 😛 hehehe ..
Virtualmin sangat cocok untuk para professional dan dapat menjadi pilihan yang lumayan tepat untuk menjalankan sebuah website dengan server yang handal, serta di dalam virtual admin ini juga terdapat Script Auto Installer ( seperti softaculous auto installer , walau tampilannya sangat jauh berbeda ) , design default administrator yang ringkas dan terkesan kaku ini menjadikan konsol yang ringan saat mengakses Admin Console.

Bisa dilihat dan diakses melalui official sitenya disini  : http://virtualmin.com

5. Hiawatha – mungkin banyak yang masih awam dengan webserver control panel yang satu ini , Hiawatha a Unix web server with advanced security features. Mulai dibuat pada tahun 2002 oleh Hugo Leisink, Hiawatha masih dikembangkan hingga saat ini dan update terakhir pada bulan oktober tahun 2012 kemarin dengan versi :  hiawatha8.6 ( stable ) . Walaupun teroptimasi dengan menggunakan PHP framework, Hiawatha mempunyai ketangguhan dalam menjalankan CGI/FastCGI. Hiawatha mempunyai banyak tingkat keamanan yang tinggi dibanding ke 4 webserver diatas karena hiawata berbasis pada tingkat kemanan, security / keamanan termasuk :

  • Mencegah SQL-injections / Injeksi MySQL
  • CSRF prevention
  • Denial of Service (DoS) protection (DDOS )
  • Banning of potential hackers ( membanned / blokade peringai Hacker )
  • Limiting the run-time of CGI applications ( pembatasan Aplikasi CGI )

Sayangnya saya hanya mendapat informasi ini saja dan tidak sempat tahu dimana Demonya , kalau mau lengkap bisa diakses melalui Situs resminya om Hugo Leisink , di sini : http://www.hiawatha-webserver.org

6. LiteSpeed (Standard Edition) – dan inilah sebuah WebServer yang sangat kompleks diantara yang lainnya , litespeed sudah mempunyai berbagai macam keunggulan lebih dibanding WebServer lainnya , Walaupun mengandalkan litespeed yang versi gratisan tetapi fitur dan akses yang diberikan sudah cukup mumpuni sebagai webserver, LiteSpeed dikembangkan oleh LiteSpeed Technologies Inc. menjadi pilihan saya dalam membangun Virtual Private server yang rencananya masih belum tahu untuk domain mana 😀 .

litespeed

litespeed

LiteSpeed pertama Rilis pada tahun 2002 , mereka mengandalkan Akses , Kemanan dan Ketahanan serta keringana Server , dan LiteSpeed yang utama dalam hal ini adalah :

  • 6 times faster overall than Apache ( 6 kali lebih cepat daripada Apache umumnya )
  • 50% faster in PHP content delivery than Apache (with mod_php) ( 50% lebih cepat dalam pendistribusian konten php daripada Apache ” yang menggunakan Mod_php”)
  • 3 times faster than Apache in SSL ( 3 kali lebih cepat dari pada Apache dalam hal mengakses SSL )

LiteSpeed menjadi yang terpopuler sebagai Webserver hingga saat ini karena dapat mengatasi berbagai permasalahan yang ada di Server mulai dari DDOS sampai CPU load. LiteSpeed dapat terintegrasi dengan berbagai macam Control Panel. karena lite speed hanyalah “high-performance Apache replacement compatible with hosting control panels” katanya. Untuk masalah pengsintallan sampai dengan Setting sedikit lebih susah karena mungkin saya belum terbiasa. tidak bisa saya jelaskan secara terperinci disini dan sahabat dapat mencari keunggulan lainnya dari litespeed .

 

Manakah yang sahabat pilih apabila ingin membangun Server?

Nah cukup 6 saja yang bisa dijadikan pertimbangan untuk pikir pikir