Antivirus Untuk WordPress Agar Web / Blog Lebih Aman

wordpress antivirus

wordpress antivirus

untuk Blog kita..?? ada juga ya?? pastinya , seperti yang kita ketahui tentang Komputer , bahwa virus yang menjangkit pada komputer adalah sebuah hal yang wajar akan tetapi sangat mengganggu kinerja komputer bahkan juga dapat merusak file atau komputer kita, baik itu virus, trojan ataupun malware dll..

Tapi di komputer pasti ada yang namanya antivirus dan software lainnya yang diharapkan dapat menghapus atau menyembuhkan file tersebut sehingga sembuh.

Komputer dan WordPress, apa hubungannya?

Pastilah ada hubungannya, secara dasar blog kita adalah tersimpan dalam sebuah penyimpanan umum yang bersifat privasi dan file dari blog kita tersimpan sama halnya di komputer dan disimpan seperti halnya hardisk.Saat kita meng-upload file untuk blog kita di file manager atau lain sebagainya yang berada di file untuk mengoperasikan blog kita, secara tidak sadar bahwa file yang kita unggah / upload tersebut disisipi oleh sebuah virus dan lebih membahayakan lagi adalah trojan atau virus hacker lainnya.

Walaupun file kita tidak disusupi virus akan tetapi apa kita sadar saat kita mengupload themes, yang kita download atau beberapa script yang bukan buatan kita untuk kita aktifkan di blog yang berkaitan , pasti kita tidak akan tahu di baris mana Backdoor atau script hacker tersebut bersembunyi..??

Nah lo.. apa mungkin kita check saru  per satu baris per baris seluruh script , yang akan kita jalankan untuk web/ blog kita.. tidak mungkin kan?? Seperti halnya PC / komputer kita walaupun sudah menginstall antivirus yang sudah sangat canggih dan up to date pun tidak menutup kemungkinan ternyata virus dan hal – hal lainnya masih menginfeksi , seperti contohnya : malware yang dibuat menggunakan aplikasi bawaan windows / Operating System yang bertindak secara sederhana, yang menggunakan perintah CMD ( command Prompt) dan sebuah perintah tersebut disisipkan pada sebuah file program  yang benar – benar bersih dari virus akan tetapi saat di klik sebuah file CMD , yang mungkin sangat merugikan untuk PC kita tiba tiba berjalan, seperti yang telah kita tau bahwa O.S windows akan sangat berasosiasi menggunakan / menjalankan perintah CMD / command prompt / file .BAT , tanpa harus dicurigai sebagai virus atau trojan oleh antivirus ( karena program Command Prompt ini adalah bawaan windows ) , Seperti dulu ada malware yang bernama “ultrasurf.exe” dan sebenarnya software ultrasurf  ini adalah software legal dan punya hak patent, akan tetapi seorang programmer iseng menyisipkan perintah CMD / bat file kedalam aplikasi tersebut. Dan aplikasi tersebut menjalankan sebuah perintah menggunakan file CMD/ command prompt .
Seperti yang kita ketahui bahwa Program CMD dapat dibuat secara manual yaitu menggunakan editor text.( note pad ) dan extensi dari .TXT diganti dengan format CMD / BAT.

Seperti halnya yang telah dibahas oleh situs lokal :

http://virusindonesia.com/2011/08/16/ultrasurf-memformat-semua-hard-disk/

Klik Link diatas untuk lebih jelas.

kembali ke WordPress, tidak menutup kemungkinan juga kan.. kalau beberapa script dari themes bawaan yang telah kita download mengirimkan informasi melalui script yang mereka sisipkan di dalam jutaan kode tersebut di beberapa file yang dijalankan untuk blog.

Bagaimana cara memasang Antivirus di WordPress.. ??

Begini ceritanya :P, antivirus ini bukanlah seperti halnya antivirus layak dikomputer , antivirus untuk wordpress ini berbentuk sebuah plugin untuk wordpress dan di install di  plugin di halaman admin.

Apakah ini gratis..?? Jawabannya tentu gratis dan dapat diperoleh secara bebas tanpa biaya.. hehe
Saya juga memakainya .

Sebagai catatan saja , seperti halnya antivirus lainnya , plugin ini berfungsi sebagai scanner dimana scanning di beberapa file kita di blog , dan memberitahukan status yang mencurigakan dan diduga merupakan masalah. Walaupun terdeteksi merah atau Berbahaya bukan berarti ini sebuah virus, jadi sahabat juga harus bisa memilah – milah setelah melakukan scanning menggunakan plugin ini. Jangan asal hapus saja lah , ntar malah gak karuan :D.

Langsung ke TKP dah 😀

ini Linknya : wpantivirus.com