Apa itu CDDB ? , apa Kepanjangannya dan pengertiannya ?

CDDB adalah singkatan untuk Compact Disc DataBase, CDDB adalah database untuk aplikasi perangkat lunak / software untuk mencari informasi dari CD audio (compact disc)  melalui jaringan koneksi Internet.

Hal ini dilakukan oleh klien yang menghitung / mengkalkulasikan secara pasti ( hampir )
Unique ID Disc selanjutnya dengan query database.  Dan pada akhirnya, sebuah klien / aplikasi tersebut  dapat  menampilkan nama artis, judul CD, daftar trek dan beberapa informasi tambahan. CDDB adalah merek dagang berlisensi dari Gracenote, Inc
Database digunakan terutama oleh software media player dan CD ripper. Apabila sebuah  CD tidak diakui oleh media player atau CD ripper, maka sebuah informasi dapat ditambahkan ke database jika pengguna mengisi nama dan sebagainya dimana informasi itu benar dan lengkap tersebut di media player seperti iTunes atau Musicmatch Jukebox.
Kebutuhan untuk CDDB adalah sebuah  konsekuensi langsung dari desain asli pemilik CD, yang dapat  dipahami sebagai evolusi dari sebuah piringan hitam, yang dimana piringan hitam untuk  track audio sebagai data file yang tidak dapat  diidentifikasi dan diindeks.

Sebuah Format CD audio yang tidak menyertakan nama atau nama track disk, sehingga database tambahan diperlukan untuk memberikan informasi ini ketika disk digunakan dengan sistem media modern.  Sebuahperkembangan selanjutnya disebut CD-Teks solusi lain untuk memecahkan masalah yang sama pada hal tersebut. CDDB juga tampaknya digunakan oleh beberapa perangkat lunak untuk mengidentifikasi lagu yang diputar di radio dan menyimpannya sebagai trek MP3 seperti halnya pemutar Musik gratis selayak Aimp dan sebagainya.

Seperti halnya pada sebuah handphone , seperti contoh Sony Erricsson yang mengenalkan sebuah program untuk update tracks musik yang diberi nama “play now ” dll.

 

Cukup sekian cuplikan Copy Paste diatas, semoga sedikit pengertian bisa sedikit membantu. Artikel ini saya buat karena ada beberapa pengunjung yang mengetikkan sebuah pencarian dari kata kunci CDDB , dan saya merasa tidak enak karena mereka menemukan halaman yang salah pada blog ini :).
Untuk segala kekurangan, saya mewakili pihak inforiatif mengucapkan banyak minta maaf kepada pengunjung yang tidak puas dengan artikel di web ini.
Terima kasih

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/CDDB dan sedikit disempurnakan oleh admin