apa itu e- mail / surat elektronik

e-mail .. pasti sahabat gak asing lagi dengan kata kataini, dijaman yang serba canggih siapa yang g tau sama e-mail?? apalagi sahabat adalah pengguna setia dari apa yang dinamakan internet..ingin bikin FB harus punya e-mail, ingin registrasi forum make e-mail, ingin komunikasi dan mengirim berkas juga make e-mail, e-mail dan e-mail. e-mail kepanjangan dari electronic mail atau bahasa indonesianya Surat Elektronik disingkat surel ( bukan semacam surat yang ada listriknya ),, sedikit saja merepost tentang pemahaman e-mail, gak salah kan..?? saya menulis posting ini ?? 😛

E-mail bukan dikirim melalui kantor pos lalu disampaikan oleh tukang pos , e-mail bukan berbentuk barang atau fisik yang dapat dipegang, tapi e-mail dalam pengertian umum adalah , sarana / sebuah program atau sebuah distribusi dari suatu penggunaan internet yang berfungsi secara privasi atau grup yang mempunyai fungsi sama dengan surat berbentuk fisik pada umumnya. Tapi dalam kenyataannya e-mail sendiri jauh berbeda dengan surat yang diantar lewat kantor Pos , tapi e-mail dijalankan melalui sebuah jaringan data kerja atau membutuhkan sebuah koneksi data yang sering kita sebut “internet “.

Fungsi dan cara kerja e-mail pun sama dengan surat pada umumnya, yaitu sebagai sarana untuk saling berkomunikasi dan saling mengirim sebuah informasi dokumen ataupun data dari suatu pihak ke pihak ( orang ) yang lainnya, dengan berdasarkan sebuah penamaan atau   alamat e-mail yang dituju.

Setiap akun e-mail atau bisa disebut nama e-mail berbeda beda dan dan tidak mungkin mempunyai nama yang sama ( hanya ada kemiripan satu sama lain ) , dikarenakan untuk mengirim e-mail dipergunakan sebuah penamaan sebuah nama e-mail atau alamat e-mail yang berinisial dengan penamaan pasti mempunyai susunan  :

username@penyediaemail.domain

 contoh :

surat-elektro@yahoo.com

dimana ,

  • surat-elektro , adalah sebagai username ( nama inisial  pengguna e-mail )
  • @ , adalah didefinisikan sebagai lambang tetap untuk mencirikan atau mendefinisikan sebagai fungsi tetap sebuah e-mail,
  • yahoo , adalah sebuah situs penyedia email seperti halnya yang banyak kita ketahui,
  • .com dalah sebuah domain atau melambangkan ekstensi dari sebuah penamaan suatu alamat url  ( baca halaman  domain ).

Sebuah karakter   ” @ “ menjadi suatu lambang pokok dan utama sebagai symbol bahwa pengalamatan link itu adalah sebuah email, atau didefinisikan dalam alamat email pasti terdapat karakter / symbol ” @ “.

Dalam perkembangannya e-mail dijadikan suatu sarana untuk melakukan berbagai keperluan dalam pengiriman suatu informasi yang rata-rata bersifat pribadi ,baik itu berupa berita, pengiriman data dokumen, photo pribadi dan sbagainya.

Dalam perkembangannya juga berbagai penyedia layanan e-mailpun mulai bertebaran, dan merekapun menyuguhkan layanannya dengan berbagai fasilitas mulai dari disksapce yang besar, koneksi https ( secure server ), tampilan tema dll.

Yang paling terkenal situs untuk penyedia layanan e-mail ini adalah yahoo.com , dikarenakan perusahaan ini sudah cukup lama bertengger di kancah per’Internetean ( bahasa gak karuan mohon dimaafkan ), untuk situs umum mereka menggunakan koneksi http biasa buikan secure server / https tapi untuk masuk / menggunakan lyanan mailing ( jangan salah baca ya ^_^ ) pihak merkea menyediakan situs yang berbasis secure server ( https ) atau bahasa umumnya koneksi aman / halaman aman atau apalah pokoknya aman alias secure .

Begitu pula gmail atau bisa dibilang google mail, soalnya gmail adalah salah satu program kerja hasil buatan google . ( biar gak repot saya sebut itu sajalah ) gmail adalah kependekan darigoogle mail, dengan mempunyai akun gmail  ini pengguna internet semakin dimudahkan dengan berbagai fasilitas yang diberikan oleh google, apalagi untuk seorang pemilik blog seperti saya ini  😀 hehehehe…

E-mail / Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe‘ ( atau sebut saja secara sederhana server data / Penyimpanan Utama ) yang terbentuk sebagai jaringan lokal pada suatu perusahaan atau grup dalam satu wilayah. Mulai tahun 1980 -an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi. ( inilah dampak tekhnologi sekarang POS indonesia saja sudah menjadi sebuah perusahaan yang berfungsi bukan hanya pengantar surat tapi juga menjadi sebuah bidang kerja yang mencakup berbagai jasa , sebagai contohnya untuk pembayaran PBB dll. ) kasian 🙁 , semoga saja nggak gulung tikar dan tetap semangat membuat inovasi baru.

Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Untuk lebih jelasnya lihat diagram dibawah. Contoh yang dipakai adalah layanan SMTP ( simple mail transfer protocol ) dan POP3.(Post Office Protocol version 3)

Saya menulis surel → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat dibaca si penerima

Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain).

Keamanan data di surat elektronik tidaklah terjamin dan selalu ada risiko terbuka untuk umum, dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan oleh karena surat elektronik itu akan melewati banyak server sebelum sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap surat elektronik yang dikirimkan tersebut.

Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju dapat mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).

Jadi pada intinya gunakan e-mail secara bijak dan pergunakan e-mail untuk keperluan sahabat :P.

maaf kalo bahasanya gak teratur ..

diambil dari berbagi sumber,