Arti Stress dan Cara Mengurangi Stress

Stress adalah salah satu dari sekian banyak problema yang ada di kehidupan manusia , tidak hanya manusia saja loh yang bisa stress , tapi hewan juga bisa Stress,dan kali ini saya tidak akan membicarakan tentang hewan karena apa daya di sini saya sharew untuk para manusia orang dan juga kaumnya bukan untuk para hewan 😛 .

Stress sendiri dalam artian Psikologis adalah sebuah reaksi spesifik bagi individu terhadap stressor , atau ancaman dan tuntutan yang datang dari diri sendiri ( dalam ) maupun dari luar individu tersebut mencoba untuk “survive”.

Stress itu sendiri adalah sebuah hal yang sangat wajar dan bahkan sudah pasti ditemui atau sudah didapati dari mayoritas umat manusia di dunia. Keadaan tersebut dikarenakan adanya berbagai faktor yang mempengaruhi otak / pikiran atau mental dari seseorang  tersebut , seperti yang dijelaskan sebelumnya stress itu karena adanya tekanan dan ancaman atau bersifat mengganggu mental dan pikiran seseorang.

Akan tetapi apabila keadaanstresstersebut menjadi  berlebihan maka akan mempengaruhi sebuah pemikiran, mental dan bahkan sangat mempengaruhi dari kejiwaan dan juga keadaan fisik ( kesehatan ) orang itu sendiri. Stress bisa berkembang dan memuncak serta semakin memuncak sehingga stress tersebut menjadi  sebuah sumber untuk menjadikan seseorang tersebut melakukan berbagai macam perilaku yang bermacam – macam.

stress berlebihan

Stress yang berlebihan akan mengakibatkan sebuah gangguan perilaku seseorang  dalam beberapa aspek dan tujuan kehidupan, stress yang dihadapi olehg mayoritas warga negara di indonesia adalah tentang masalah Ekonomi dan keuangan , karena yang seperti kita tahu sendiri di indonesia masih banyak masyarakat berada di bawah garis kemiskinan upaya pemerintah melakukan hal ini itu dan tetek bengek lainnya seperti nya tidak membuahkan hasil , karena adanya oknum oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga dalam fakta “Pemberantasan Kemiskinan” akan menjadi sebuah arti :

yang kaya semakin kaya , yang miskin nunggu mati ??

benarkah begitu? ( ngomong politik dikit )

Jangankan orang miskin yang sudah kaya dan bergelimang harta saja masih stress mikirin bagaimana caranya dapet duit yang lebih banyak sehingga makin kaya raya , hal tersebut saja menjadikan mereka stress 😀 , nah lo ..surga dunia membutakan segalanya. Berhenti masalah kemiskinan dan kekayaan, dan kembali ke masalah stres lagi , stress sebenarnya  dapat dikendalikan dan ditanggulangi oleh individu itu sendiri atau dari lingkungan sekitar atau pihak lain,dengan berbagai macam cara dan jalan , salah satu contoh dan jalannya adalah pergi ke Psikolog dan meminta saran serta motivasi , nah lo 😀 .

Berikut contoh cerita  dari hal yang umum terjadi di sosial masyarakat sehingga mengaibatkan stress :

Seorang lai laki yang sudah berkeluarga tentunya sudah berisitri dan menjalin kehidupan rumah tangga , mempunyai sebuah tanggung jawab salah satunya adalah menafkahi istri dan beserta anak cucunya ( satu keluarga ). Laki – laki tersebut bekerja siang malam demi memenuhi kebutuhan sehari hari keluarganya salah satunya adalah untuk makan tiap hari karena ini adalah kebutuhan pokok.

tidak hayal kebutuhan untuk rumah tangga apalagi yang sudah mempunyai anak dan bersekolah pula pasti kebutuhan akan meningkkat dari pada sebuah rumah tangga yang masih belum dikaruniai anak ( lain lagi kalau memang kehidupan keluarga tersebut suka dengan ke Glamouran / foya foya karena berasal dari keluarga kaya raya ). Untuk setiap bulan sang suami tersebut setidak nya mengalami beberapa kali stress atau tekanan ( itu pasti ), beberapa kasus adalah :
bagaimana belanja istri tiap bulannya ( bagi yang mempunyai gaji bulanan ) 😀 , bagaimana bayar sekolah anak tiap bulan, uang saku tiap hari , uang bensin makan dn kebutuhan lain sebagainya, sedangkkan gaji cuma tetep segitu gitu saja peningkatan nya tidak ada yang signifikan dari gaji dari pekerjaannya , akan tetapi kebutuhan rumah tangga semakin hari semakin meningkat , belum lagi membayar iuran listrik setiap bulannya , uang beli buku dan kebutuhan lainnya, sehingga sang suami harus lebih bekkerja keras serta memikirkan bagaimana cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk menutupi kkebutuhan keluarganya. Masa harus hutanng sana sini lagi untuk kebutuhan keluarganya? nanti bayar hutang bagaimana? kalau sewaktu waktu ada musibah bagaimana ? Harus punya simpanan lebih nih..

Hal diatas saja sudah membuat sang suami / laki – laki tersebut berpikir memutar otak dengan sangat keras dan berpikir lagi sehingga menjadikan sebuah tekanan mental dan batin yaitu ” bagaimana caranya?” ,

Berikut beberapa tips setidaknya untuk mengurangi keadaan Stress :

  1. Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YME , lebih banyak berdoa dan menjalani ibadah secara rutin , niscaya dengan adanya ikatan antara kita dan Tuhan YME maka hati akan menjadi tentram dan damai , untuk umat islam terutamanya adalah perbanyak berdzikir dan berdoa / shalat dan mengaji serta perbanyak baca shalawat. dan lain sebagainya.
  2. Berpikiran Positif , positif thinking adalah sebuahjalan terbaik dari beberapa solusi kehidupan manusia yang dalam beberapa konteks atau keterkaitan antara manusia satu dengan lainnya atau hidup bersosialisasi, sebuah pikiran yang positif akan melatih sebuah otak untuk tetap tenang dan merelaxasi otak untuk berbuat hal hal yang positif pula menghindarkan sebuah pikiran dan perbuatan Suudzon ( prasangka buruk ) serta fitnah dari dalam hati dan jiwa :D.
  3. Bersyukur, ini juga menjadi sebuah perbuatan untuk menjadikan sebuah jiwa dan mental yang sederhana dan baik , karena dengan bersyukur akan menghindarkan diri kita dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain serta dapat membuat diri kita sebagai manusia  dapat menjadi insan yang mampu menghargai orang lain dan selalu merasa Tuhan itu adil apa yang kkita punya walaupun kecil tapi sebenarnya itu adalah rejeki yang sangat berlimpah serta kita merasa beruntung karena tidak semua orang diberikan hal yang kita punya.
  4. Istirahat yang cukup , dalam hal ini adalah menyangut waktu tidur pula, bukan berarti siang bolong harus banya banyak tidur apalagi di waktu kerja bisa bisa dipecat tambah Stress nanti 😀 , istirahat yang cukup disini yaitu salah satu contohnya adalah tidur malam yang cukup lah , jangan terlalu banyak begadang , bagi sahabat yang insomnia bisa dilihat tips untuk mengatasi insomnia  di sini :
    http://www.neon.web.id/cara-mengatasi-insomnia-susah-tidur-malam.
  5. Minum air putih yang banyak , disini jangan trlalu anggap minum sebanyakk banyaknya hingga kembung loh ya , minum air putih banyak dan sebanyak banyakknya tapi sesuai dengan aturan lah jangan banyak banyak , air putih disini adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh yaitu salah satu cara untuk melancarkan metabolisme tubuh dan membuang racun dari dalam tubuh , serta mengurangi dehidrasi, keadaan stress tersebut juga mengakibatkan tubuh kekurangan cairan loh, seperti halnya kalau kita banyak pikiran maka akan berkeringat, dan tanpa kita sadari kita telah membuang banyak cairan dari dalam tubuh karena pikiran kita yang tegang dan mempengaruhi stabilitas tubuh.
  6. Relaksasi , atau menenangkan pikiran , tubuh dan jiwa atau disini relaksasi adalah menenangkan keadaan diri dari berbagai keadaan yang ada terutama sebuah pikiran yang tegang dan otot otot kita yang tegang pula, relaksasi akan mengendurkkan otot2 yang tegang untuk dapat kembali kke posisi yang sewajarnya.
  7. Curhat , nah ini yang sering dilakukan oleh para remaja masa kini dikarenakan GALAU , para Galauers indonesia biasanya melakukan curhat kepada orang yang dipercaya atau disini sahabat dan keluarga dalam memecahkan solusinya atau sekedar untuk meluapkan segala perasaan dan tekanan yang ada pada dirinya . barbagi cerita atau meminta pendapat dari orang lain ( pastikan orang yang dipercaya / tahu akan keadaan kita dan orang bijak ) akan membuat perasaan kita menjadi sedikit lega , dengan berbagi keluh kesah kepada orang lain untuk tahu bahkandapat memperoleh sebuah pencerahan setidaknya akan banyak mengurangi pikiran stress atau ganjalan yang ada sebelumnya sehinggakita merasa plong.
  8. Hindari EGO yang berlebihan, ego atau egois disni adalah sebuah sifat atau sikap pemaksaan kehendak terhadap seseorang / keadaan untuk menuruti kemauan kita atau bahkan  harus dan harus dilaukan oleh pihak tersebut. Sebuah Ego atau sikap egois tida akan menjadikan diri kita menjadi lebih baik akan tetapi malah akan membuat diri kita menjadi semakin tertekan dan semakin terpuruk, lebih parah lagi menjadi Stress yang lebih parah karena kemauan kita tidak dituruti. Sebuah sikap ego akan menjadikan orang lain rugi dan diri kita rugi , bayangkan kalau kehendak kita tidak dituruti? pasti kita bisa marah bahkan fitnah nah lo… hindari sikap ego yang berlebihan kalau bisa hilangkan sifat egois itu sedikit demi sedikit. dengan menghindari atau menghilangkan EGO itu maka emosional kita bisa lebih terkontrol darah kita juga gak jadi tinggi ( bisa kena tekanan darah tinggi kalau marah marah terus ) 😛 .
  9. Untuk para pelajar dan mahasiswa atau pekerja lainnya yang puunya tanggungan kerja atau tugas dirumah , kerjakan tugas yang diberikan atau sebuah pekerjaan tersbut dengan santai tidak usah terburu buru dan bepikir harus selesai cepat selesai sehingga memaksakan kehendak diri dan menekan pikiran kita kepuncak nya, keadaan untuk memaksakan ini akan menjadikan sebuah kinerja otak menjadi terkuras menjadikan sebuah keadaan yang Labil pada diri kita , berpikirlah secara realistis , bahwa pekerjaan yang kkita kerjakan dengan tergesa gesa hanya akan membuah kan hasil yang tidak maksimal,kerjakan sesuai kemampuan kita hingga selesai apabila memang merasa lelah istirahatlah sebentar dengan makan makanan kecil contohnya dan melihat acara televisi kesukaan kita 🙂 lalu kerjakan kembali hingga selesai 🙂
  10. Olah raga , selain membuat tubuh kita menjadi sehat olah raga juga sangat berperan penting pada kejiwaan dan mental karena saya pernah dengar dan bahakkan ini menjadi sebuah kunci :
    “di dalam tubuh yang sehat tersimpan sebuah jiwa yang kuat” , istilahnya apa ya dalam bahasa latin -_- ( mensana in corporesano ) tau dah apa itu 😛
  11. Sekali kali rekreasi , bersama keluarga lebih baik dan dengan berwisata akan menjadikan otak kita menjadi fresh segala kejenuhan akkan tekanan pekerjaan tuntutan lainnya serasa hilang karena kita fokus dengan hiburan ini, asal rekreasinya jangan keterlaluan jangan sampai meninggalkan kewajiban.
  12. Berkumpul bersama keluarga, inilah kehidupan sahabat yang sebenarnya , keluarga adalah sebuah kunci utama dari kehidupan atau awal dari hidup kkita 😀 hehehehe.

 

nah dengan 12 tips diatas semoga menjadi sedikit perwakilan dari lebih banyak cara yang dapat ditempuh setidaknya untuk mengurangi stress 🙂 .

Semoga sahabat yang sedang mengalami Stress atau bahkan masih gejalanya , cepat sembuh dan tidak stress lagi , serta sering sering berkunjung ke sini 😛