Berikan Akses Sudo ke User ( linux )


Dalam linux desktop terutama kita akan secara default tidak masuk sebagai root atau super user melainkan kita login sebagai user biasa dan ada kalanya kita tidak mampu menginstall apapun dengan menggunakan user tersebut termasuk untuk menginstall aplikasi webserver kloxo misalnya untu iseng iseng jalanain localhostan sebagai virtual website 😛 atau untuk update php application misal. Dan salah satu alasan linux os tersebut memberikan alternative tersebut adalah demi alasan keamanan system operasi agar tidak terjadi kesalahan system atau hal hal yang tidak diinginkan apabila kita login / masuk sebagai super user / root user.

Ada alternative untuk menjalan kan perintah sebagai root walau menggunakan user biasa yaitu dengan menggunakan perintah : sudo disebelum mengetikkan perintah atau kita switch menggunakan terminal sebagai user root ( hanya pada terminal ) menggunakan perintah sudo su – . Tapi tidak semua user default dari Linux tersebut diberikan akses untuk sudo, seperti contohnya CENTOS distribusi linux yang saya gunakan selain Windows.

Jadi bagaimana cara Berikan Akses Sudo ke User ( linux ) tersebut.? berikut langkahnya :

1.  Hidupkan komputer dan sahabat akan menemui login screen . Dan silahkan masuk menggunakan user root ( contoh menggunakan OS centos  untuk yang menggunakan UBUNTU agar dapat login sebagai root bisa dilihat artikel saya disini : login sebagai root di ubuntu ).

login sebagai root

2. Masukkan user : root dan password , maka sahabat akan masuk ke halaman desktop , dan sekarang buka terminal , dengan menekan :
ALT+CTRL+T atau di centos : Applications > System Tools > Terminal.

3. Dan maka akan terbuka terminal , di terminal tersebut ketikkan : visudo

visudo

atau bisa mengetikkan : vi /etc/sudoers

atau untuk GUI dan untuk gnome desktop dan sudah terintsall gedit dapat menggunakan GUI app : gedit /etc/sudoers

4. Dan sahabat akan menemukan sebuah text isi dari file sudoers tersebut, tambahkan :
(untuk memasukkan text dalam mode terminal tekan tombol keyboard ” i ” untuk insert )

user    ALL=(ALL) ALL

dimana user adalah username / user yang ingin sahabat perbolehkan untuk mengakses sudo, saya sarankan untuk meletakkan nya dibawah line:

root ALL=(ALL) ALL , agar lebih mudah apabila nanti ingin menghapusnya. dan diatas adalah untuk memperbolehkan mengakses semua aplikasi dan segala hal di DESKTOP sahabat. Dan untuk hanya mempernbolehkan sudo dalam beberapa aplikasi , pergunakan command berikut :

user    ALL=(ALL) /bin/kill, /bin/ps, /bin/sleep

dimana /bin/kill, /bin/ps, /bin/sleep adalah aplikasi apa saja yang diperbolehkan , pisahkan dengan koma.

 

Setelah selesai editing , simpan atau kalau menggunakan mode terminal tekan :

ESC , setelah itu ketikkan :wq!

edit sudo

 

dan selesai sudah , restart dan sekarang masuk menggunakan suer dan akses command menggunakan sudo.

sudo command di terminal

 

🙂 semoga berhasil baca ini juga yah kalau ada masalah dengan ubuntu Tidak bisa login Ke Desktop UBUNTU