Berwiraswasta Siapa Takut

wirausahawanWiraswasta atau membuka lapangan pekerjaan sendiri untuk diri kita sendiri dan orang lain, intinya membangun sebuah usaha sendiri dan kita lah yang menjadi Bos dari usaha yang telah didirikan. Orang yang berwiraswasta bisa disebut juga Wirausahawan atau orang yang berwirausaha.

Apa sih sebenarnya keuntungan berwiraswasta atau berwirausaha sendiri itu?

Banyak sekali keuntungannya , salah satunya adalah kita mampu membuka lapangan pekerjaan untuk diri kita dan orang lain, dan tanpa terkekang oleh perusahaan atau dibawah tekanan dari pekerjaan yang nota bene kita tidak ikut punya tapi kita yang harus menyelesaikannya.

 

Berwirausaha atau ikut perusahaan , mana sih yang lebih menguntungkan?

Tergantung dari gaji kita dan seberapa berat kerja fisik dan beban pikiran kita , kalau di perusahaan / tempat kerja kita ( ikut orang ) mempunyai gaji yang besar akan tetapi kerja kita ringan , pastinya lebih enak ikut orang , tapi jangan salah kebanggan yang diperoleh dan kepuasan batin kita pasti akan lebih pada berwirausaha sendiri daripada ikut orang lain.

Berwirausaha kita mampu mengelola usaha yang kita miliki, mampu membangun lapangan pekerjaan buat orang lain, kalau lelah kita mampu kapanpun kita beristirahat dan lain sebagainya. Berapapun yang kita dapat dari hasil kita berwirausaha walau lebih kecil daripada ikut orang lain / perusahaan pasti hasilnya akan lebih memuaskan, karena kita merasa bahwa kita itu mampu mengambil sikap, dan percaya diri kepada kemampuan diri kita.

Berwiraswasta itu gampang – gampang susah, dan faktor yang paling mempengaruhi adalah :

SIKAP , SIFAT & NIAT kita, tentunya pasti juga butuh modal dan modal tersebut bisa kok kita kumpulkan sedikit – demi sedikit dari berbagai pekerjaan atau bahkan mungkin hutang modal di salah satau BPR / Koperasi Simpan Pinjam dan Pinjaman Modal dari Pemerintah. Tergantung Niat kita saja , yang mampu bersikap dan memutuskan langkah kita kedepannya bagaimana dalam membangun sebuah usaha tersebut.

Sedikit Tips untuk berwiraswasta untuk sahabat.

1. Berpikiran Optimis bahwa kita mampu, kalau mereka bisa kenapa saya tidak?

2. Niat untuk berwiraswasta / berwirausaha sendiri.

3. Berpikiran dan bersikap diri untuk menjadi kreatif.Walaupun modal lagi nipis , mampu mengolah dan berkreasi di setiap jalan bagaimana dengan modal kecil mampu membangun sebuah usaha yang halal tapi menguntungkan.

4. Pantang Menyerah walaupun menjumpai kegagalan.

5. Mau menghadapi resiko yang telah , sedang dan kemungkinan yang akan terjadi.

6. Mengikuti pelatihan dan penyuluhan ( apabila memang ada ).

7. Mencari informasi tentang usaha apa yang ingin kita bangun.

8. Mencari koneksi atau partner yang dapat dipercaya untuk mengembangkan usaha sahabat apabila sahabat memang tidak mampu menjalankan usaha yang akan atau sedang sahabat kembangkan saat ini.

9. Jujur & Tanggung jawab.

10. Mampu menjadi seorang pemimpin , terutama adaklah memimpin diri sendiri dan usaha sahabat dahulu sebelum memimpin orang lain dalam usaha tersebut. Salah satu artikel tentang pemimpin bisa dibaca di artikel ” Menjadi pemimpin yang baik di sikap dan sifat pemimpin yang baik“.

11. Nekad, dan inilah yang menjadi sebuah dorongan utama dari seorang wirausahawan yang mau berkembang, seperti yang saya terapkan saat ini, kalau mau berkembang kita harus mampu nanggung resiko yang ada dan kita musti Nekad, Kalau gak nekad kita gak bakalan bisa maju.