Blog (dot) WordPress Support SSL Dengan Segala Kelebihan Dan Kekurangan

Selamat malam 😀 hehehe..

Sungguh sangat melelahkan hari kemarin dan juga menyenangkan , di hari yang seharusnya waktu untuk besantai sejenak tetapi disibukkan dengan berbagai macam pekerjaan untungnya ditemani sama sang Calon istri wkwkwk :PV  ( malah curhat ).

 

Yap cukup penjelasan tentang keluhan hari minggu , Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang wordpress , siapa blogger yang tidak pernah mengenal wordpress..?? kalau tidak kenal kata Bondan Prakoso : Ya Sudahlah.. :P.

Kali ini saya mengulas dengan judul “ Blog (dot) WordPress Support SSL Dengan Segala Kelebihan Dan Kekurangan “, Judulnya panjang juga :D.

Nah mungkin sahabat banyak yang sudah tahu kalau koneksi SSL atau yang sering disebut dengan https:// ini hnya untuk beberapa situs dan situs ini terpercaya , bahkan untuk memperoleh sebuah license SSL diperlukan banyak persyaratan , dan sangatlah percuma kalau hanya membuat blog pribadi atau blog biasa menjadi SSL Network apa fungsinya 😛 hehehe..

Sebenarnya saya pernah mendengar ada banyak cara untuk membuat Web / Blog kita mempunyai koneksi https:// akan tetapi walaupun mempunyai prefix SSL tetap saja sama browser di cap dengan untrusted dan setiap browser akan memeritahukan bahwa browser tersebut belum terpercaya seperti ini contoh gambarnya .:

untrusted Certificate

 

Nah lo , bagaimana selanjutnya pasti meragukan hehehe.. gak bisa langsung di buka , karena sertifikat kemanannya gak kedaftar 😀 , kita cuma bisa menuliskan saja , dan gambar diatas adalah saya tuliskan dengan alamat blogspot, walaupun sertifikat udah diconfirm di browser ujung – ujungnya tetap lah redirect ke mbah google :P.

 

Beda lagi dengan penyedia Subdomain gratis beserta nlognya ini, yang nita bene mempunyai organisasi yang kuat , komunitas yang besar dan juga sebagai pengembang yang terus meningkatkan kualitas dan mutu dari blog ini. WordPress sebut saja dengan kalimat itu, walaupun kita hanya mempunyai situs yang botabene ikutan nimbrung di domain mereka seperti contoh blog jadi – jadian saya :

inforiatif.wordpress.com

blog saya , ( wordpress hosted ) , walaupun dituliskan dengan prefix URL https:// dengan secara lengkapnya https://inforiatif.wordpress.com , maka akan tetap bisa diakses oleh siapapun dumanapun tanpa harus mengkonfirmasi adanya SSL yang tidak dipercaya, coba saja buka dengan alamat ,
https://inforiatif.wordpress.com , maka sahabat akan tetap dengan mudah berseluncur di koneksi aman tersebut tanpa melalui proses scanning sertifikasi , ini sebagai screen shootnya :

 sslwordpress inforiatif.com

 Dan sebenarnya , SSL type diatas dalam beberapa kasus harus juga melewati proses Validasi SSL 😛 heheheh.. jadi dalam beberapa hal / browser juga pasti memberi peringatan untrusted .

Langsung saja saya beri sedikit referensi tentang kelebihan dan kekurangan Blog Subdomain WordPress ini :

Kelebihan :

  1. Gratis , dengan Maximal Upload 1GB , support Upload document File XLS,  Doc, PPT , TXT dll
  2. Up todate , CMS wordpreass bawaan yang Up to date selalu tanpa harus mengupgrade .
  3. Keamanan Blog  Terjamin , dengan 1 gate way system ( SSL Support )
  4. Portal Admin + Dashboard Situs utama WordPress
  5. Bisa posting melalui wordpress.com tanpa harus masuk di dashboard Web / Blog
  6. SSL Admin Page , halaman admin yang terlindungi dengan menggunakan koneksi https / SSL ( godaddy SSL )
  7. CDN detected , Web ? blog kita yang diwordpress akan secara otomatis berada di jalur CDN ( Content Delivery Network )
  8. Community Support
  9. Pengoperasian yang sangat mudah
  10. Gratis selamanya
  11. Remove Blog / Data
  12. Koneksi langsung Free Hosting Untuk Blog yang lain selain  , bisa menggunakan Free Service dari wordpress dan menggabungkan Blog wordpress kita dengan domain sendiri.
  13. Backup data : Ya
  14. Automatic mobile detector ,maksudnya gini untuk setiap blog wordpress disediakan secara otomatis agar bisa tampil di situs mobile dan lain sebagainya.
    ( cukup 14 aja yah 😛 ) hehehe

Kekurangan :

 

  1. No Plugin Support , jangan harap sahabat bisa menggunakan plugin tambahan untuk Hosting di wordpress ini.
  2. No adult Content, no ilegal content , jangan harap juga mau share tentang ilegal content dan yang dilarang oleh sebagian besar hosting gratisan 😛
  3. No Cpanel , tidak ada Cpanel yang dapat diakses layaknya hosting lainnya.
  4. No My SQL database access , tidak ada halaman atau direct menuju MySQL data base bahkan halaman phpMyAdmin.
  5. No FTP Client, kita tidak bisa mendownload file kita melalui File Manager jadi intinya kita tidak punya file storage sendiri. dan laijn sebagainya. cukup 5 yang penting untuk kekurangan wordpress ini.

 

Nah cukup sekian saja yah , kalau ada yang salah mohon di beri masukkan , kalau berminat silahkan saja langsung menuju TKP hehehe..

wordpress.com