Tips Membuat Blog Yang Friendly, Membuat Pengunjung Betah

Selamat pagi sahabat , dan semoga sahabat kali ini memang sedang berbahagia dan tersenyum lebar :D.
Sedikit saja tentang sapaan saya kali ini, dan untuk kesempatan kali ini saya ingin berbagi berdasarkan himbauan dan masukkan dari sahabat dan kawan seperjuangan saya :P.

Dalam kesempatan kali ini saya memberikan sedikit saran dan masukkan bagi para blogger yang bernaung di dunia per – bloggingan ( bahasanya gak banget wkwkw ).

Secara umum pada intinya adalah saya ingin memberikan saran tentang memilih dan saran tentang membuat blog sebelum dipasang di blog kita , agar pengunjung tetap betah berlama – lama di blog kita dalam faktor tampilan / tatap muka bukan tentang artikel , atau secara garis besarnya adalah tentang visual yang mempengaruhi visitor / pengunjung betah berlama – lama dan tetap mempertahankan apa yang mereka cari di blog kita :

Kebanyakan pengunjung / visitor betah di blog kita yang paling mempengaruhi sebenarnya adalah bukan dari sebuah tampilan visual yang menarik dan indah dan pula futuristik , ingat pengunjung rata – rata menyukai blog yang bermutu dalam artikel / materi dan yang terpenting adalah mudah / ringan dibuka walaupun mempunyai koneksi yang kurang.

Bayangkan saja walaupun Blog kita berada diurutan teratas pencarian google atau bisa dibilang SERP nya bagus dan menjamin, ataupun artikel nya sangat bermutu pun akan sia sia apabila saat pengunjung ingin membuka blog sahabat akan tetapi dalam hal memuat sebuah halaman terlalu sulit atau bisa dibilang berat dan membutuhkan koneksi yang cukup besar untuk memuat secara penuh dari keseluruhan blog sahabat .

Dan ingat pula blog yang mempunyai banyak isi ( bukan artikel yang dimaksud ) , atau bisa dibilang aksesoris dari sebuah blog seperti halnya widget yang terlalu banyak , gambar yang terlalu ramai atau berukuran besar dan kontras penuh warna dan sebagainya yang membutuhkan sebuah koneksi yang teramat tinggi disamping akan membuat blog kita akan semakin sulit terbuka oleh browser tetapi akan membuat sebuah cache dan membuat kinerja dari sebuah browse pengunjung semakin menurun dan untuk bergerak / sebagai contoh scrolling halaman sahabat akan terasa berat ( seperti menjalankan sebuah aplikasi / program ) , maka tak elak pengunjung tidak akan berlama – lama lagi untuk sesegera mungkin menutup halaman dari blog sahabat, dan apabila mereka menuliskan kata kunci yang lain dan pula menemukan nama blog kita dan pengunjungpun masih mengingat jelas nama blog kita maka secara tidak langsung pengunjung itu tidak akan kembali menuju ke blog kita , jadi perhatikanlah visualitas dan beban yang seimbang seringan mungkin untuk dibuka oleh pengunjung dan buat seminimalis mungkin tetapi performa maksimal..??
BAgaimana maksudnya ..?? bisa beri saran..??
Berikut saran dari sahabat dan kawan untuk kita sama sama berbagi,

1. Pakai tema yang sederhana , jangan memakai tema yang mempunyai latar belakang sebuah gambar yang warna – warni ( maksudnya seperti gambar animasi / foto / gambar yang beresolusi tinggi ) hal ini akan menambah beban load untuk membuka blog sahabat.

2. Jangan memilih Tema yang berwarna tidak sinkron antara materi posting , tulisan , background heading dan side bar ( sebagai contoh untuk blog yang bermateri maskulin memakai sebuah background merah, karakter dari tulisan hitam , side bar warna warni ) maka hal itu akan membuat pemandangan dari blog sahabat akan terasa aneh ,
untuk solusinya pilih tema dari blog sahabat yang soft antara perpaduan dari keseluruhannya,
seperti contoh : Background putih , heading berwarna hitam keabuan , dan tampilan seminimalis mungkin tetapi fungsinya maksimal lah 😀 jadi bingung.

3. Nonaktifkan Widget yang tidak terlalu diperlukan untuk blog sahabat , karena widget adlah pengaruh terbesar dari sebuah load sebuah rata – rata blog sekarang.

4. Untuk yang membuat tema sendiri saya sarankan memakai artisteer ( software berbayar untuk mebuat tema blog untuk wordpress, blogspot, drupal dll. ) , untuk yang memakai artister dan ingin mempunyai background dengan satu warna , buatlah sebuah gambar yang berukuran sangat kecil kalau bisa kurang dari 1kb , dan insert background image tersebut dan pilih tile ( berulang ) , dan secara otomatis nanti saat blog terbuka untuk background sahabat hanya berukuran sebesar gambar sahabat yang telah dibuat.

5. Hilangkan fitur dari sebuah plugin / widget yang berfungsi ganda di blog sahabat seperti halnya , wibiya yang sudah ada fitur like share tweet dan recent post atau whos amung , jadi tidak perlu lagi memakai aplikasi dari facebook like , tweet dan memasang side bar recent post, whos amung kalau memang di wibiya toolbar sudah tersedia fitur tersebut , karena kalau tetap terpasang maka fungsi dari wibiya tersebut tidak akan berguna lagio dan wibiya toolbar hanya akan memberat – beratkan blog saja ( jangan tiru blog sya ini yah 😀 hehehehe soalnya multy fitur ni blog wkwkw 😀 ).

6.Kurangi Jumlah iklan yang bergambar ( apabila blog sahabat memiliki iklan bergambar ) usahakan memasang iklan teks atau mengubah ukuran gambar ke resolusi yang lebih kecil atu ukuran dari file tersebut menjadi lebih kecil.

7. Kurangi gambar saat di artikel kalau memang tidak benar – benar diperlukan.

8. Batasi Komentar yang tampil pada halaman artikel blog sahabat ( disarankan maksimal 10 post comment, batasi komentar bukan berarti user yang lain tidak bisa berkomentar setelah 10 user sudah berkomentar, akan tetapi komentar hanya tampil 10 post saja dan untuk membaca yang lainnya bisanaya tertampil dengan baca komentar sebelumnya ) pokok intinya seperti itulah.

9. dan yang paling terpenting adalah susunan sebuah artikel tersebut setidaknya teratur antara paragraph , spasi dan tanda baca lainnya , seperti contoh :
berilah jarak 1 spasi antar paragraf , berarti setelah paragraf terakhir tekan enter 2 X baru menulis , dan berilah spasi setelah tanda baca seperti halnya setelah tanda baca ( , ) koma , ( . ) titik dll.
Jangan sampai terbaur semua kata katanya tidak memiliki enter ataupun setelah tanda baca tidak di spasi dan yang membuat pengunjung yang membutuhkan materi kita akan kesulitan untuk membaca :P. hehehehe..

10. Untuk kaum pengguna WordPress seperti saya gunakan plugin untuk meningkatkan kinerja dari blog seperti contoh yang paling saya sarankan adalah W3 Total Cache.

cukup sekian saja saran yang aneh dan tak berguna dari saya 😛 hehe terima kasih 🙂
keep blogging