Beberapa cara mengatasi Blog wordpress yang error

Weblog itulah salah satu isi dari dunia maya, segala kesulitan dan pengembangan yang perlu selalu belajar belajar dan belajar.

Tidak semudah yang dibayangkan oleh sebagian orang bahwa membuat sebuah blog itu sangat mudah dan tidak sulit, tapi buktinya bahwa membuat blog itu harus membutuhkan keahlian khusus dan juga harus bisa mengatasi masalh yang ditimbulkan oleh beberapa aktivitas aplikasi / plugin / widget dan sebagainya di blog tersebut sehingga mengakibatkan kinerja bahkan keseluruhan dari blog yang terkait menjadi terganggu atau bisa dikatakan crash / tak berfungsi sebagai mana mestinya.
Untuk kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebagian dari pengalaman saya menggunakan wordpress.
Namanya juga buatan manusia tidak ada yang sempurna apalagi kita yang tidak ikut membuat , kalau ada masalah dan kita tidak paham dengan bagaimana cara mengatasinya itu sudah wajar seperti saya juga :D, maklum masih newbie

hehehe.

sedikit tips untuk permasalahan yang dialami oleh pengguna wordpress,

Tentang RSS feed yang tidak valid :

  • Ada beberapa script yang membuat crash file feed ( sitemap / rss ) yang membuat feed / umpan dari blog tersebut menjadi tidak tervalidasi oleh feedburner dan provider rss reader lainnya.

hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah pemasangan plugin yang tidak support dengan blog sahabat  atau salah mensetting plugin tersebut sehingga RSS tidak bisa tervalidasi oleh feed reader , contohnya untuk beberapa blog tidak bisa dipasang plugin auto readmore seperti : advence excerpt. (seperti punya saya ini , 😀 dikarenakan advance excerpt crash dengan themes wordpress buatan saya sendiri . Contoh lainnya adalah menggunakan plugin SEO Ultimate dikarenakan tidak semua thmes atau script wordpress kita valid dan support dengan plugin tersebut.

  • Cara mengatasi : Bukan hanya plugin diatas saja yang membuat Crash script atau blog kita masih banyak plugin yang tidak support dengan blog kita, Sedikit saran saja coba Nonaktifkan semua plugin lalu aktifkan satu persatu plugin sahabat  dengan tes validitas blog sahabat di rss validator ini validator.w3.org/feed/. akan tetapi materi dari artikel sahabatpun juga mempengaruhi. ( apabila hanya materi tapi RSS masih valid tidak perlu dipermasalahkan )

SCREENSHOT RSS yang VALID

RSS VALID

Struktur Blog yang Acak- Acakan

  • Hal ini yang membuat sangat tidak enak dipandang mata karena blog yang seharusnya tampil dengan struktur yang teratur seperti yang telah diharapkan malah menjadi gak karuan, mana bisa pengunjung betah di blog kita lama – lama dan mengklik, artikel kita kalau blognya saja gak teratur kaya gitu.
  • Cara mengatasi : coba sahabat ganti themes dengan themes bawaan wordpress kalau tampilannya sempurna berarti ada script yang sahabat masukkan di tema sahabat salah , kalau seperti ini coba check 1 per satu file PHP / script  sahabat dimana saja sahabat sudah menambahkan script, dan edit apakah ada yang janggal atau tidak..? apabila sahabat bingung ganti tema dengan yang baru ( hanya sebagai saran saja ) , tetapi apabila tampilan tetap tidak teratur maka kesalahan ada pada plugin sahabat , lakukan seperti halnya ulasan diatas dengan menonaktifkan plugin yang membuat tampilan blog sahabat acak-acakan.

Blog yang tidak bisa dibuka Karena error database

  • Bagian terpenting dari sebuah blog adalah yang satu ini, yaitu Database karena untuk bisa terkoneksi dan terbuka database username , host dan yang lain harus cocok dengan database server / hosting sahabat.
  • Cara mengatasi : Check wp-config.php di file manager sahabat ( bisa juga menggunakan file ftp manager seperti file zilla ) tempatnya ada di folder public_html ( rata rata hosting menamai folder ini ), dan edit konfigurasi sahabat sudah benar ataukah belum menurut data server.

Blog yang Time Out saat dibuka dengan browser

  • Nah kalo yang ini menurut saya ada 2 kemungkinan yaitu koneksi internet sahabat dan jaringan server yang lagi down
  • Cara mengatasi : Untuk koneksi sahabat yang lemah kemungkinan bandwitch atau kuota internet sahabat tidak mampu konek ke server blog sahabat atau tidak mampu terkoneksi dengan baik , coba cek pulsa, cek koneksi dengan membuka alamat situs lainnya, jaringan, dan lain sebagainya pasti sahabat sudah tau.
    Tetapi kalau server sudah down ini yang menjadi masalah terberat , kadang kita sempat berpikir ada masalah dengan konten blog kita sehingga tidak bisa terbuka dan time out, ( jangan berpikir seperti itu dulu belum tentu )  cara mengatasinya adalah dengan tes melalui salah satu situs penyedia monitoring server traffic.
    salah satunya masuk di situs berikut dan tes : http://www.downforme.org/, dengan mengisikan alamat url sahabat. Apakah hanya sahabat yang membukanya tidak bisa ataukah semua tidak bisa membukanya.

Dan banyak lagi yang lainnya apabila ada kesulitan lain tanya si mbah google saja :D. Saya hanya mengulas sedikit tentang pengalaman saya menggunakan wordpress ini :P.

Sebagai sedikit saran buat sahabat sesering mungkinlah untuk membackup database blog sahabat dan mendownload file di wp-content.php sahabat setidaknya minimal 1X seminggu apabila sempat ,  untuk jaga jaga kalau ada error atau hosting nya yang error / suspend / diblokir jadi kita tidak perlu cemas dan khawatir sudah input materi banyak malah hilang begitu saja.

Dan sesering mungkin lah untuk repair dan optimize database sahabat di phpmyadmin untuk membuat blog sahabat semakin optimal kinerjanya .
Sekian artikel ini saya buat semangat 🙂 dan sukses