Cara Instalasi WordPress Self hosted Untuk Web / Blog Dengan Mudah

Cara Install WordPress untuk sebuah web / blog sebenarnya adalah sangat mudah tidak seperti yang pernah saya pikirkan dulu , mungkin sahabat yang belum pernah mengenal WordPress Self hosted ini masih belum paham , hehehe …

 

Berikut saya berikan sedikit pemahaman dan review saja yah , setelah sebelumnya telah saya bahas ” Membuat Website dan Mensetting Hosting dan Domain Dengan Mudah Menggunakan Domain Gratis co.cc” , ini sebagai contoh saja :P. Tapi kali ini saya akan memakai jasa FTP online atau file manager melalui situs online saja , kalau berminat bisa mendownload FTP Manager di filezilla atau FTP Manager  lainnya 😀 , bisa didownload di sini

http://filezilla-project.org/download.php?type=client

Nah tidak usah dibahas dulu masalah file zilla atau FTP manager , kita langsung masuk ke pembahasan .

Sebelumnya sahabat harus mempunyai CMS wordpress terlebih dahulu, bisa menuju situsnya langsung .
di “wordpress.org “, atau mau langsung download klik disini .

 

Download : https://wordpress.org/latest.zipNah setelah di download , Extract dulu Arsip CMS wordpress tersebut ,

Extract wp

Setelah itu masuk ke folder “wordpress  dan  rename wp-config-sample.php menjadi wp-config.php ,

wp-config rename

lalu buka wp-config.php tersebut menggunakan wordpad / note pad  ^_^ .  cari line yang ada tulisan script ini :

define(‘DB_NAME’, ‘database_name_here’);

Nah ganti  :

  • ‘database_name_here’   >>     ‘nama database/ MySQL sahabat’
  • ‘username_here’               >>     ‘Username database/ MySQL  sahabat’
  • ‘password_here’                >>     ‘Password database/ MySQL sahabat’
  • ‘localhost’                             >>     ‘MySQL host Sahabat’

nb: jangan ada spasi antara tanda petik satu >> ‘ << , jangan dihilangkan pula tanda itu karena itu adalah salah satu syntax dari script php.

Data base / setting SQL diatas adalah diperoleh dari sahabat membuat setting atau mebuat database SQL dari Cpanel sahabat , seperti yang telah saya bahas ditutorial sebelumnnya yaitu : “Membuat Website dan Mensetting Hosting dan Domain Dengan Mudah Menggunakan Domain Gratis co.cc” .

Berikut gambarnya biar jelas 😛 .

 

Record SQLklik untuk memperbesar.

 

Nah itu adalah record di 000webhost dan mungkin disetiap hosting berbeda , 🙂 karena saya hanya mengambil contoh saja.

Proses editor sudah selesai lalu save dengan menekan ctrl+s pada keynoard atau istilahnya file save lah 😛 xixixixi.

Lalu arsipkan kembali , semua berkas menjadi satu , tetapi diarsipkan tidak dikemas dalam folder WordPress tadi , saya jadi bingung jelasinnya pokoknya masuk difolder wordpress tadi yang ada kumpulan file tersebut , lalu klik kanan dan pilih “send to >> compressed (zipped) folder” , pasti sahabat paham kan 🙂 kalo gak paham ya astaghfirullah hal adziem 😀 hehehe..

 

compressed zipped archive

Pindahkan file arsip tadi yang berupa kumpulan file – file wordpress yang di arsipkan menjadi satu tadi ke folder yang lain biar gak campur adik 😛 rename menjadi nama arsip sesuka sahabat , kalau bisa rename menjadi , nama blog sahabat biar mudah diingat. 😀 hehehe ( cuma saran ) tapi tetap ekstensi atau akhirannya tetap .zip yah jangan diganti yang laen gak boleh sama mama wkwkwk.

 

Sekarang saatnya Mengupload file ke file manager / penyimpanan di hosting melalui FTP Manager / Online File Manager atau disebut Web FTP biar gak belibet dah :

  1. Buka File Manager melalui Cpanel Hosting atau kita sekarang memakai Online FTP manager , Buka dulu dan ingat Detail FTP kita , username password dan server . Langsung masuk ke alamat ini sahabat . net2ftp.com atau masuk ke 01ftp.com , akan tetapi terserah pilih salah satu saja kalau saya lenih suka make yang 01ftp karena enak lenih puas yang namanya juara kan nomer 1 haha 😀 , langsung masuk ya sahabat , maka akan berada dihalaman login ,
    isikan :
  • FTP server : dengan nama domain sahabat tanpa http:// atau isikan IP server Website sahabat , bisa dilihat melalui whois di :
    http://whois.domaintools.com/domainsahabat.com.
    ( ganti merah dengan alamat website sahabat ) , atau isikan alamay server hosting sahabat .
  • Username : isi dengan username FTP sahabat bisa dilihat di Cpanel di FTP detail
  • Password : isi dengan password FTP sahabat.
  • Isi 3 diatas saja yang lain biarkan .
  • Lalu Klik login . maka sahabat akan menemukan halaman seperti ini , kira kiralah seperi ini :P. :

 

  • FTP manager

 

  • Masuk ke folder , public_html / htdocs / www ( di setiap hosting berbeda struktur ) , dan janagn mengupload file diluar folder tersebut , inga ‘ inga ‘ ting 😉 hehe 😛
  • Kalau ada file default.php , index.html atau file lainnya kecuali folder dan .htaccess hapus saja , karena akan mengganggu proses penginstallan , 😛 . setelah itu masih didalam folder public_html / htdocs /www , sahabat klik “upload” ( bukan flash upload atau java upload karena biasanya tidak akan bisa).upload file manager
  • Setelah itu sahabat akan menemukan halaman seperti ini , dan pilih file wordpress yang telah sahabat arsipkan tadi dengan memilih pilihan uplad arsip disebelah kanan :zip file choose
  • Nah Setelah dipilih dengan benar lalu klik tanda cawang , dan tunggu hingga proses Upload selesai .( Sabarlah menunggu kalau koneksi sahabat sedang berjalan secepat kura kura 😀 wkwk ).

 

Cara yang tidak mengandung resiko dan lebih cepat yaitu menggunakan Filezilla , mengupload lewat mozilla dan mengekstrak hasil upload tadi melalui browser :

Nah cara ini akan menjadi lebih cepat yaitu mengupload file arsip wordpress ini melalui FTP Manager kita pakai filezilla saja karena ini yang paling mudah. kalau belum punya filezilla FTP Manager silahkan download melalui link ini :

Download File Zilla : http://filezilla-project.org/download.php?type=clientSetelah Download lalu install , dan jalankan , lalu silahkan sahabat setting dan isikan menurut detail FTP sahabat seperti menjalankan FTP diatas. Setelah itu QuickConnect, dan sahabat akan mendapatkan list dari file yang ada di file manager sahabat. Buka Folder public_html / htdocs / www lalu upload arsip wordpress tadi ke dalam folder public_html , seperti ini .

 

FTP WP Upload

Nah setelah selesai arsip wordpress tersebut terupload silahkan dulu baca artikel saya yang sebelumnya , karena kalau saya tulis disini pasti terlalu panjang 🙁 mohon dimaafkan.

” Cara Mengekstrak File Zip Di FTP Manager Secara Cepat Menggunakan Script PHP “

Cara Mengekstrak File Zip Di FTP Manager Secara Cepat Menggunakan Script PHP , di artikel tersebut telah mewakili ekstraksi arsip di file manager secara cepat ^_^ .

 

Nah setelah selesai sahabat ekstrak sekarang saatnya menginstall \ 😀 / horeeee…!! ( parah parah )..

  • Masukkan alamat ini di browser sahabat :http://domainsahabat.com/wp-admin/install.php (nb : Ganti warna merah dengan alamat situs sahabat ).
  • Maka akan tampak halaman seperti ini .

 

install wordpress

Nah sekarang tinggal isi dah semua yang ada di kolom , setelah itu beres sudah , tharaaa…
Selanjutnya sahabat dihadapkan dengan halaman .:

installasi sukses

Nah selamat selamat sekarang tekan tombol login dan beres dah .. 😀 selamat berwordpress ria :P..

Welcome to the wordpress site

wordpress welcome site dashboard