Cara me-Reset Password Admin User di Blog WordPress melalui phpMyadmin

Halo sahabat semoga hari ini adalah hari yang menyenangkan utnuk sahabat semuanya 😛 hhehehehe

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang “Cara me-Reset Password  Admin User di Blog WordPress melalui phpMyadmin

Artikel ini saya dapat dari blog tetangga walaupun udah lumayan lama 😀 tapi lupa blognya siapa heheh 😛 maklum langsung copas ke document file. Lagi Lagi tentang wordpress dan kembali ke versi sebelumnya , pada WordPress versi 2.8.3 sangat rentan terhadap exploit Admin reset password, Siapapun bisa mer-reset admin password wordpress versi tersebut, hanya dengan cara yang sangat sederhana yaitu memasukkan URL di addres bar:

 

http://www.domain.com/wp-login.php?action=rp&key[]=

 

maka secara otomatis login admin akan gagal. Hacker / orang usil hanya bisa me-reset password admin, akan tetapi tidak  bisa masuk ke login sebagai admin. walaupun tudak bisa login di halaman admin, Pasti apabila password kita direset atau password admin direset akan membuat admin yang bersangkutan dari sebuah website / weblog akan menjadi terganggu bukan terganggu lagi malah sangat terganggu :D.. Bagaimana tidak terganggu setiap mau login ke halaman admin selalu gagal dan gagal password gonta ganti terus 😀 hehehe soalnya kereset mulu , mau update blog jadi gak  bisa. login admin salah melulu.

Untungnya di wordpress versi sekarang ini menjadi lebih stabil dan hal tersebut sudah tidak bisa lagi dipraktekan , akan tetapi tidak menutup kemungkinan kita juga tidak bisa login ke halaman admin menggunakan user name dan password admin, namanya juga buatan manusia tak ada yang sempurna :D.

Ada pula alasan yang sering dijumpai adalah lupa password ( maklum pikun ) :P, demi keamanan blog kita , kita membuat sebuah username dan password yang acak dan panjang sehingga sulit kita ingat , dan email untuk admin pun lupa make email yang mana ( maklum blogger kalau gak punya email yang banyak gak lega 😀 hahah ). Bagaimana kalau terjhadi seperti itu..?? otomatis kita tidak akan bisa masuk ke halaman dashboard atau halaman admin sebagai administrator, sehingga blog kita jadi apa?? tebak sendiri..

😛

Nah dengan adanya hal tersebut maka saya bahas di aretikel ini, cara mereset admin password itu  sangatlah sederhana , yaitu memakai fasilitas melalui phpMyadmin. phpMyadmin adalah suatu aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP yang ditujukan untuk pengelolaan basis data MySQL melalui Internet. Jika web sahabat tidak dilengkapi dengan fasilitas ini, disarankan untuk web admin agar menginstalnya.

Dan PhpMyadmin tersebut pada umumnya berada di halaman Cpanel hosting ,masuk ke Cpanel hosting sahabat , lalu pilih menu phpMyAdmin seperti dibawah ini :

 

cpanel(nb : diatas adalah contoh dari Cpanel , dan diatas adalah CPanel 11 , maka akan berbeda apabila sahabat mempunyai hosting yang tidak menggunakan CPanel 11 / seperti diatas ).

Setelah masuk ke phpMyadmin, pastikan anda memilih database WordPress dari blog untuk di edit. list database seharusnya muncul disebelah kiri, klik database untuk pilihan editing.

PhpMyadmin

 

Setelah sahabat pilih database sahabat , klik pada wp_users di sebelah kiri, dan database inilah  yang  mencantumkan semua pengguna untuk situs WordPress sahabat .
Cari user_login admin pada kolom dan klik tombol Edit yang memiliki ikon pensil.

wp_user editor

 

Pada baris user_pass, ubahah nilainya menjadi :

5f4dcc3b5aa765d61d8327deb882cf99

lalu klik tombol Go / save.

Sekarang, segera masuklah ke halaman wp-admin sahabat dan login dengan rincian sebagai berikut:

Username : admin

Password : password

Setelah login, dihalaman dashboard pilih
Users> Your Profile>
dan arahkan mouse sahabat  ke bagian bawah halaman dimana tempat untuk mengubah dan menetapkan sandi baru. Akhirnya beres juga pekerjaan 😀 , jangan lupa untuk memperbarui WordPress ke versi terbaru sehingga web / blog sahabat tidak akan lagi rentan terhadap expoit reset wordpress admin dan tentunya lenih up to date dan lenih aman pula.

jangan lupa baca artikel lain tentang melindungi blog wordpress sahabat.