Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Anak

Cara Memilih sekolah yang baik untuk anak anda adalah hal terpenting dalam sebuah proses mencari ilmu dan memperoleh ajaran pendidikan.

Oleh sebab itu anda ( orang tua) harus dan seyogyanya dapat memutuskan dimana anak anda mencari ilmu. Memilihkan sebuah tempat pendidikan / Sekolah , misal :
Memilih (SD) sekolah dasar yang terbaik, memilih SMP yang terbaik, memilih SMA yang terbaik atau mungkin Universitas dan tempat les dll. Bukanlah hal yang mudah dimana anda sebagai orang tua yang ingin anaknya kelak menjadi seorang manusia yang berguna , mandiri dan sukses.

Akan tetapi , walaupun anda berhak untuk menentukan dimana anak anda akan bersekolah (mengenyam pendidikan) , bukan berarti Keputusan tersebut adalah sebuah putusan yang Mutlak. Keputusan anda adalah sebuah Masa Depan untuk kebaikannya kelak. Ingat pula anak anda adalah manusia yang mampu berpikir dan punya perasaan serta makhluk sosial, dimana anda dilarang untuk memaksakan kehendak anda sendiri untuk dapat dan harus dipatuhi oleh anak anda. Karena jangka panjangnya akan berpotensi menghasilkan sesuatu yang buruk.  Seperti contoh :

  1. Stress pada anak
  2. Dendam kepada orang tua
  3. Bermalas – malasan dalam proses belajar ( dikarenakan tidak sesuai dengan apa yang ia harapkan sebelumnya), bisa jadi sampai sering bolos dan akhirnya,
  4. Putus sekolah karena salah satunya adalah ketidak nyamanan diri dia dan ketidak cocokan akan tempat / sekolah dimana dia menjalankan proses belajar dll.

Tentunya dengan 4 saja keadaan diatas (belum potensi buruk lainnya) pasti akan membuat anda sebagai orang tua akan gusar dan mengalami  sedikit rasa takut dan kekesewaan walaupun hal tersebut belum tentu terjadi.

stamina man

Akan tetapi dalam pemaksaan kehendak anda (sebagai orang tua) walaupun berniat baik dan ingin yang terbaik maka akan berakibat fatal dan merugikan anak anda , anda dan keluarga anda bahkan orang disekitarnya.

Untuk memilih sekolah yang baik bagi anak anda, dalam pandangan sebagai anak anda bisa dibaca disini Cara Memilih dan Menentukan Sekolah Yang Baik Untuk Kita.

Berikuta beberapa tips yang mungkin berguna untuk anda dalam cara memilih sekolah yang terbaik untuk anak :

  1. Nilai & Prestasi , tentunya nilai sangat berpengaruh dalam penerimaan siswa pada sekolah – sekolah ( mayoritas walaupun sekolah tertentu tidak ), pastikan nilai anak anda cukup memuaskan atau sesuaikan dengan nilai dan prestasi apa & berapa yang telah diperoleh oleh buah hati anda.
  2. Minat & Bakat, bertanyalah kepada anak anda tentang cita – cita atau keinginannya. Seperti :
    ” kamu pengen jadi apa?” atau “kamu suka apa kalau disekolah?” atau bila mungkin tanyakan kepada anaknya kelak mau bekerja sebagai apa , dan atau mungkin tanyakan pula kira – kira ingin melanjutkan sekolah dimana.
  3. Mencari Informasi, untuk sekedar mencari informasi tentang sekolah – sekolah pada jaman sekarang tentunya tidak sesulit dahulu, dimana sekarang terdapat dunia dan pustaka tanpa batas yaitu Internet atau dunia maya. Dengan menggunakan Internet anda mampu mencari informasi – infromasi sekolah mana yang pantas, sekolah di kota anda itu mana saja, apa saja dan bagaimana keadaan dan prestasinya.
    Dan tentu saja kalau bisa, tanyakan kepada orang yang tahu akan seluk beluk sekolah yang ingin anda tuju sebagai penguat inisiatif anda.
  4. Dana, dimana Indonesia ini adalah salah satu negara yang apabila tidak ada Uang maka tidak ada harapan, seperti yang anda tahu sendiri uang seakan – akan mampu membeli segalanya. Inilah negara kita , ibu pertiwi yang kita cintai sedang sakit dan berduka karena ulah oknum – oknum petinggi negara yang membuat negara kita bukan semakin maju akan tetapi semakin terpuruk. Pastikan dana anda cukup untuk melanjutkan pendidikan anak anda ke jenjang yang lebih tnggi dan terbaik.
    Alangkah bijaknya , Anak adalah masa depan anda dan anda hidup itu untuk anak bukan untuk anda sendiri.
  5. Dimana Tempat Pendidikan itu, di indonesia ini kalau saya pikir berbeda dengan negara lainnya dimana kurikulum yang berganti ganti dan proses penerimaan siswa yang cenderung berbeda dengan lainnya sebagai contoh : MOS ( masa orientasi siswa) yang harus di plonco padahal hal ini saya rasa bukanlah menjadi hal positif yang alih – alih , membangun mental siswa yang kuat! anggapan seperti ini adalah anggapan orang yang sok tahu akan psikologis anak dan calon Siswa / Pelajar. Padahal dengan adanya Plonco ini akan ada sebuah sikap dan gejolak dendam yang nantinya berimbas apada proses plonco selanjutnya (MOS yang akan datang) dengan ada sebuah sikap ingin membalasa dendam kepada apa yang pernah diperolehnya tahun – tahun yang lalu, atau bahkan mungkin bisa menimbulkan dendam antara kakak kelas dan siswa baru tersebut.
    MOS yang seperti ini adalah sebuah tindakan yang TIDAK PINTAR atau TERLALU MENGADA – ADA, mana ada siswa baru di plonco disuruh dandan aneh – aneh kasih tugas aneh , maka siswa baru itu akanmempunyai mental yang kuat? dan berdisiplin? gak ngaruh! adanya adalah rasa dendam dan Pemb*d*han (sensor).
    Kalau bisa carilah sekolah yang mampu memberikan kenyamanan kepada anak anda dari awal mau masuk sampai proses belajar mengajar dimulai.
    Serta lihat pula apakah sekolah tersebut mempunyai rekam jejak dan kualitas yang baik pula?
  6. Diskusi, diskusikan dan bicarakan dengan keluarga yang terpenting adalah anak anda , yaitu dimana tempat pendidikan yang anda pilih untuk anak anda, apakah anak anda setuju atau tidak , alangkah baiknya ula anda berdiskusi berkumpul 1 keluarga untuk memperbincangkan hal ini, tentunya pertanyakan tentang hal pada Poin 1 diatas.
    Maka nanti akan ada sebuah interaksi yang nyata dan terbuka antara anak anda dan keluarga.
  7. Jangan Memaksa,  sekali lagi saya ingatkan kepada anda ( para orang tua) jangan sekali – kali memaksakan kehendak dimana andak anda HARUS BERSEKOLAH tapi tawarkanlah sebuah pilihan ke anak anda dari beberapa sekolah yang anda pilih yang terbaik untuk buah hati, atau mungkin anak anda mempunyai pilihan sekolah lainnya? bisa anda bicarakan dan musyawarahkan.

Dari 7 poin diatas bisa saya rangkumkan :

Carilah Sekolah yang terbaik untuk anak anda dengan cara memberikan pilihan dan musyawarah bersama anak anda , dan jangan memaksakan atas sebuah pilihan anda secara mutlak untuk masa depan anak anda

Tentunya pikirkan pula jarak antara rumah ( atau mungkin sedianya anak anda mau kos kalau jauh ) dengan Sekolah, bersediakah anak anda berada disana?

Tentunya untuk masa depan buah hati , janganlah bermain – main karena kelak mereka akan menjadi sebuah manusia yang harus bertanggung jawab terhadap anak – anaknya atau terhadap cucu – cucu anda.

Semoga artikel ini dapat berguna untuk anda 🙂