Cara Daftar Pajak Secara Online

cara mendaftar pajak online, kita sebagai warga indonesia seharusnya dan seyogyanya lah mempunyai NPWP( nomor pokok wajib pajak ) atau terdaftar sebagai wajib pajak, itung – itung kita memberikan sumbangsih positif untuk pendapatan negara secara baik dan menjadi seorang waraga negara yang baik pula.

orang bijak bayar pajak

Banyak anggapan kalau Membeyar pajak itu mahal atau buang buang duit, dan walaupun tidak menganggap begitu banyak yang beranggapan mereka tidak mau mengurus pajak karena proses mengurusnya RIBET.

Tapi dalam dunia yang semakin canggih ini dan bahkan siapapun / berbagai kalanagan telah mengenal internet dari kalangan bawah hingga atas, tidak lagi buta informasi seperti waktu – waktu yang dulu saat saat Dunia Maya sangat sulit dijangkau dan  banyak yang kurang paham apa sih itu internet? Dan dengan adanya koneksi internet dan perkembangan yang pesat ini , Kata Siapa Mengurus Pajak itu sulit, dan ribet? Buktinya saya mengurus nomor wajib pajak saja tidak perlu keluar dari rumah / ruangan kerja saya , cukup di depan komputer Pihak Kantor pajak sudah di setujui tinggal menunggu kedatangan SKT dan Kartu NPWP.

Sebelum saya mengajak anda untuk memberikan menjadi wajib pajak dan memberikan Cara Daftar Pajak Secara Online, alangkah baiknya saya menjelaskan keuntungan sebagai Wajib pajak / mempunyai NPWP.

Manfaat Memiliki NPWP

1. Kemudahan Pengurusan Administrasi, dalam :
a. Pengajuan Kredit Bank;
b. Pembuatan Rekening Koran di Bank;
c. Pengajuan SIUP/TDP;
d. Pembayaran Pajak Final (PPh Final, PPN dan BPHTB, dll);
e. Pembuatan Paspor;
f.  Mengikuti lelang di instansi Pemerintah, BUMN dan BUMD.

2. Kemudahan pelayanan perpajakan :
a. Pengembalian pajak;
b. Pengurangan pembayaran pajak;
c. Penyetoran dan pelaporan pajak

3. Low cost Bea Masuk Barang Import ( prosentase perhitungan biaya masuk barang impor), seperti halnya anda yang suka belanja online dengan mempunyai NPWP akan dipermudah dan mendapatkan Prosentase yang sangat kecil bahkan bisa 0.

2.Keluar Negeri Bebas membayar Fiskal Luar Negeri (2,5 jt kalo pake pesawat terbang dan 1 jt kalo pake kapal laut)

4. Jika Anda seorang pegawai / PNS , tentunya setiap bulan PPh Pasal 21 yang dipotong oleh pemotong “dalam hal ini pemberi kerja” lebih kecil dibanding orang yang tidak mempunyai NPWP ( dalam hal ini yg tidak mempunyai NPWP dipotong lebih besar 20% ).

Untuk lebih lanjutnya bisa dilihat di salah satu blog : http://blog.ub.ac.id/vitrianiayus/2013/03/07/keuntungan-mempunyai-npwp/

Dengan membaca keuntungan Mempunyai NPWP atau terdaftar sebagai wajib pajak maka anda akan memperoleh banyak keuntungan bukan? berikutnya saya akan memberikan Cara Daftar Pajak Secara Online / E-Registration untuk anda yang ingin menjadi wajib pajak.

Pengertian

1. Wajib Pajak (WP) adalah orang pribadi atau badan meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.
2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Biaya Pembuatan NPWP

Pembuatan NPWP dan semua pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak tanpa dipungut biaya atau gratis.

Persiapan

Sebelum mendaftarkan / berniat mendaftar secara online untuk wajib pajak anda diharuskan mempunyai email , dan usahakan email tersebut valid serta sebagai email anda di sekian hari. untuk memperoleh dan mendaftarkan email bisa dibaca disini : Cara Membuat Email.

1. Mempunyai Email Yang Valid
2. Mempunyai KTP ( persiapkan KTP )
3. Mempunyai Sarana memadai untuk mengakses situs pajak. ( lebih disarankan menggunakan komputer )
4.  Scanning KTP terlebih dahulu dan Scan Rekening Listrik / Telepon atau berupa tanda bukti lainnya sesuai dengan tempat usaha anda ( penting ) – bisa scanning melalui warnet atau kalau anda mempunyai kamera yang beresolusi tinggi anda dapat memotretnya dan menyimpannya di komputer. ( atau apabila anda tidak mempunyainya bisa digantikan dengan rekening listrik / surat lainnya dari tempat tinggal anda )

Cara mendaftar pajak online

1. Silahkan menuju situs E-registrasi Pajak di link :

https://ereg.pajak.go.id/daftarbaru.xhtml , lalu isi sesuai dengan data diri anda dan email anda yang valid , serta pilih jenis pajak yang ingin anda daftarkan seperti pada gambar form berikut ini.

e-registrasi pajak online - cara daftar pajak online

2. Setelah mengisi dengan benar, maka tekan SAVE , setelah itu kunjungi email anda dan coba cek inbox atau folder spam / junk di email anda akan ada informasi aktivasi akun dari e-registrasion pajak seperti email saya ini :

aktivasi email

3. Lalu klik , dan anda akan menuju ke situs https://ereg.pajak.go.id ,masukkan detail username dan password anda di kolom login.

Halaman login pendaftaran pajak online

Maka anda akan teralihkan kehalaman member area ,

Member area mendaftar pajak

4. Lalu klik di kolom sebelah kiri  Permohonan Pendaftaran , dan apabila anda adalah ingin mendaftarkan secara pribadi ikuti langkah seperti gambar dibawah ini :

4.1. pilih “orang pribadi” , & “pusat”

gambar proses mendaftar pajak online bagian 1

 

setelah itu tekan next, dan lanjutkan dengan.

4.2. Mengisikan identitas sesuai dengan KTP anda.( harus sesuai dengan apa yang ada/ sebenarnya )

gambar proses mendaftar pajak online bagian 2

Lalu tekan Next untuk melanjutkan proses pendaftaran.

4.3. Pada fase ini anda akan ditanya / diminta untuk melengkapi data tentang profesi / pekerjaan. isi sesuai dengan profesi / pekerjaan anda.

gambar proses mendaftar pajak online bagian 2

Tekan next lalu akan melanjutkan proses berikutnya.

4.4. Pada proses ini anda dimintai informasi tentang tempat tinggal anda saat ini.

gambar proses mendaftar pajak online bagian 2

Tekan tombol kode wilayah untuk mencari kelurahan dan kota ( informasi alamat ), setelah terisi dengan benar tekan Next.

4.5. Halaman selanjutnya adalah berupa konfirmasi berupa alamat domisi anda sekarang. Cara mengisinya sama seperti diatas , akan tetapi apabila alamat tempat tinggal anda sesuai dengan domisili , tekan pilihan Sesuai dengan alamat Tempat Tinggal.

4.6. Pada proses selanjutnya adalah , anda akan dimintai alamat tempat usaha / tempat anda bekerja, isilah dengan lengkap, sesuai dengan yang sebenarnya.

gambar proses mendaftar pajak online bagian 6

Lalu tekan Next.

4.7. Untuk langkah selanjutnya anda akan dimintai informasi tentang berapa jumlah tanggungan dan pendapatan anda perbulan.

gambar proses mendaftar pajak online bagian 7

Lalu tekan Next.

4.8 Ini adalah langkah terakhir untuk mengisi dari berbagai form pendaftaran , dimana disini adalah sebagai pernyataan dan anda diminta untuk menggunggah KTP Hasil Scan, oleh sebab itu pada pembahasan diatas saya meminta anda untuk menscan KTP anda terlebih dahulu. ( bisa mengirim secara manual , akan tetapi akan memakan proses yang jauh lebih lama )

gambar proses mendaftar pajak online bagian akhir

Setelah terunggah ( upload ) maka , klik /centang setuju , dan tekan tombol Simpan & Proses Permohonan.

Selesai, dan tunggu hingga 1×24 jam , lalu akses email anda. akan ada email dari petugas Pajak / Email dari pajak.go.id , cek juga di folder spam / junk email anda yang dipakai untuk pendaftaran permohonan pajak.

Dan tunggu kurang lebih seminggu atau lebih , kartu NPWP anda akan dikirimkan langsung kerumah anda 🙂

Mudah bukan?