Cara Mengatasi FTP Access Information di Halaman Admin WordPress

Mengatasi FTP Access atau ijin untuk mengakses data file baik Upload ataupun download di Halaman admin WordPress, sedikit membingungkan bukan penjelasan singkatanya? ๐Ÿ˜€

 

Begini maksudnya, mungkin sahabat ada yang pernah mengalami waktu ingin menambah kan plugin , Update WordPress, upload themes, search themes atau installing lainnya , ternyata access FTP untuk website kita dibatasi oleh sang Hosting Provider, seperti penglaman saya yang dulu dan kali ini pada Halaman admin Klien saya.

Tidak sengaja waktu saya mencoba masuk dihalaman admin website tersebut untuk sekedar checking dan menambahkan Plugin security serta setting Cache nya, eh ternyata waktu mau install diberikan Sebuah halaman “ACCESS INFORMATION” , wahhh ,, saya jadi terpaksa harus buka buka lagi dokumen untuk lihat detail akunnya , setelah itu semuanya beres.

 

Akan tetapi yang jadi permasalahannya , adalah hal itu tidak hanya sekali saja tapi di setiap kita akan mengakses FTP atau Portal ke WordPress.org ataupun upload file baik itu themes ataupun Plugin harus membutuhkan informasi ini lagi. Pastinya sangat merepotkan.

 

Iya kalau hanya saya yang menggunakan , saya masih merasa nyaman , tapi klien saya bagaimana? pasti mereka juga bakal kebingungan dan merasa direpotkan ๐Ÿ™ , kasianlah…!!!

Kalau sahabat belum paham gambarnya seperi ini , waktu saya Upload :

 

pembatasan FTP access yang merepotkan

 

Nah seperti itulah, pasti kalau setiap kita mau akses portal WordPress dan menginstall Plugin ataupun themes , harus memasukkan detail?
Merepotkan sekali bukan? yup , dan dengan itu saya berpikir bagaimana cara mematikan system seperti ini dn setidaknya bisa otomatis,ย  upload tanpa gini gitu yang bikin repot ๐Ÿ™‚

 

dan dengan modal otak yang sedikit buntu dan pikiran semrawut serta badan panas dingin prut lapar , dan megang duit cuma ceban ( 10 ribu ) , saya gak ambil pusing saya YM aja admin pusat gratis , mumpung dia Online , dan dengan sigap dan cepat tanggap dia googling dan dapat solusinya ๐Ÿ˜€ ,

 

  • Masuk Ke Cpanel File Manager atau FTP Client dan temukan wp-config.php
  • Lalu edit wp-config.php tersebut dan masukkan script berikut ini di bawah
    define (‘WPLANG’, ”);

define('FTP_HOST', 'localhost');
define('FTP_USER', 'FTP_username');
define('FTP_PASS', 'FTP_Password');

  • ย Setelah it u “SAVE”

 

NB : dimana “localhost” adalah ftp Host sahabat , biasanya hosting memang menggunakan Localhost untuk Server Host nya. dan “FTP_username” isikan dengan username FTP sahabat , da “FTP_Password” pasti harus diisikan dengan password FTP.

 

Setelah tersimpan , coba sahabat serach plugin dan install atau upload Themes ataupun plugin, masihkah ada halama seperti itu? .. semoga saja hilang, soalnya ini adalah cara terampuh ( hehehehe ๐Ÿ˜› ) , maksudnya sudah dibuktikan sendiri.

Akhirnya pengalaman saya ini saya share atas kerusakan yang terjadi dan ketidak puasan saya ๐Ÿ˜€ , ketidak puasan menghasilkan kekecewaan dan kekecewaan menghasilkan Postingan ๐Ÿ˜€ .

Saran saya kalau sebelumnya normal- normal saja , sahabat alangkah baiknya konfirmasi ke pihak Hosting saja agar menonaktifkan fitur tersebu , walaupun sebenarnya dengan adanya hal tersebut WordPress kita menjadi lebih aman. Tapi kalau merepotkan buat apa dikasih seperti itu?

Cukup sekian sahabat , semoga sukses ssaya mau beli roti dulu, mau ngabisin duit CEBAN yang tergeletak diatas PC
Asalamualaikum besok update artikel baru lagi ..