Bisnis Inspirasi

Coba-Coba Bisnis Ritel Minimalis Ala Rumahan

kerajinan

Coba-Coba Bisnis Ritel Minimalis Ala Rumahan

Meskipun persaingan bisnis ritel masa kini dibilang ketat dan berat seperti ditutupnya  dua gerai  PT Matahari Departemen Store Tbk di Jakarta yakni ,di Pasaraya Blok M dan  Pasaraya Manggarai beberapa waktu yang lalu. Penutupan  yang ditandai oleh obral- besar-besaran yang berlangsung hingga  30 September 2017 mendatang  oleh PT Matahari Departemen Store Tbk  yang notabenenya pelopor ritel fesyen modern  di Indonesia  tersebut . Akan tetapi  saat ini  banyak ditemukan  para pelaku bisnis ritel  yang telah menjamur di mana-mana baik dalam bisnis ritel skala usaha besar dan skala usaha kecil.

Kata Retail/ritel mungkin kata yang tidak terlalu familiar untuk orang awan.  Singkatnya ritel  merupakan sebuah bisnis  atau usaha yang biasanya menjual barang-barang kebutuhan secara eceran langsung  ke tangan konsumen akhir.

Bagaimana? Tertarikah anda untuk mencoba peruntungan pada bisnis ritel ini?, ada baiknya untuk pebisnis pemula yang sedang merancang berbisnis ritel, inforiatif menganjurkan untuk memulai  pada focus bisnis ritel skala usaha  ritel kecil terlebih dahulu yakni ritel atau pengecer tradisional.  Ritel jenis ini biasanya menjual barang dalam jumlah yang kecil.

pinterest

Berikut ini inforiatif akan memberikan info sebagai bahan referensi inspirasi untuk anda dalam memulai membangun bisnis ritel minimalis ala rumahan;

  1. Merintis

Untuk anda dalam memulai bisnis ini adalah dengan cara merintis dari titik terendah  serta jangan terbur-buru, ingat tak ada sukses yang bisa diraih dalam waktu singkat. Sebaiknya anda menghindari menjalankan bisnis ritel hanya karena tergiur kisah sukses seseorang. Akan lebih baik dalam menjalankan dan mengelola bisnis ini anda memilih jenis produk yang memang anda minati untuk dijalankan.

 

  1. Lakukan Survey

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan survey dengan sangat serius untuk menentukan calon supplier/ pemasok anda, tak hanya satu supplier namun beberapa supplier  selain untuk membandingkan dan melihat kualitas produk serta harga yang murah, dengan lebih banyak supplier  bisnis ritel anda akan semakin aman.

Serta membaca calon pesaing bisnis anda hal tersebut juga perlu dilakukan untuk mengetahui dimana mereka mengambil barang dan berapa harga beli dan harga jual produk-produknya.

 

  1. Tempat Usaha yang potensial

Tempat berjualan untuk bisnis ritel ini tak melulu dalam bentuk ruko (rumah toko), akan tetapi anda bisa juga berjualan melalui internet seperti media sosial bahkan website. Dengan membangun relasi online maupun offline serta memberikan pelayanan yang baik dan jujur  maka akan dengan mudah bisnis ritel yang anda rintis mendapatkan kepercayaan sehingga bisnis ritel anda akan mulai berjalan dengan baik.

 

  1. Tak perlu memantik api peperangan dengan pesaing bisnis

 

Persaingan  dalam bisnis  memang selalu ada baik dalam hal perebutan  calon konsumen hingga yang berhubungan dengan  persaingan harga.  Ada baiknya anda mengemas produk  dengan bagus dan menempelkan merek yang anda jual, dengan demikian produk yang anda jual dengan merek produk anda sendiri dapat terhindar dari perang harga dengan pesaing bisnis anda.

 

  1. Desain bisnis ritel dengan konsep yang menarik

Perlu pula bagi anda untuk menata ruang berjualan anda baik online maupun offline dengan konsep yang menarik, baik dalam penataan ruangan dan produk, desain ruangan hingga desain conten  baik  pada setiap launching produk maupun situs dalam media sosial dan website anda.

 

Selain serangkaian Tips  diatas jalan lain menuju kesuksesan sebuah bisnis adalah  menekuni usaha sebagai pebisnis pemula yang dimulai dengan proses secara bertahap. Proses tersebut meliputi pembentukan awal  dengan modal usaha terbatas, membangun pasar  hingga meningkatkan jumlah barang  sampai pada usaha anda meraup keuntungan puluhan juta rupiah.

 

*Dirangkum dari berbagai sumber media

 

AYU WIDIANANDA

%d blogger menyukai ini: