Install WordPress Via SSH ( Download & Install via Shell Command )

wordpress sshSetelah saya menjelaskan tentang Install Kloxo Control Panel Di VPS ( Cent OS / RHEL – RedHat Linux) , dan telah disebutkan InstallApp saya sarankan untuk tidak terinstall oleh sebab itu sekarang saatnya saya memberikan sedikit tips untuk sahabat bagaimana cara mendownload WordPress dan menginstallnya di Server sahabat Via SSH / Terminal ( Sell ).

Walaupun kebanyakan Hosting sudah memberikan Fitur Auto Installer seperti halnya Softaculous ( fantastico ) auto installer , tapi ada pula yang tidak memberikan fitur ini tapi memberikan akses SSH Console pada hosting kita, dan seperti halnya VPS kita yang menggunakan Control Panel Gratis tanpa adanya auto installer maka dengan cara ini kita bisa menghemat waktu tanpa Upload file WordPress lama – lama.

Yang kita download dari Repository WordPress kali ini adalah file Paket WordPress dengan Ekstensi tar.gz dan langusng kita mulai .

Yang harus dipersiapkan kali ini adalah :

SSH Tools / SSH client layaknya Putty , untuk mendapatkan putty bisa dikunjungi ke pembahasan sebelumnya disini Install Kloxo Control Panel Di VPS ( Cent OS / RHEL – RedHat Linux).

Lalu masuk ke Server Console dengan username dan password sahabat ,  setelah masuk saatnya kita melakukan proses penginstallan.

 

  1. Langkah pertama : Mendownload WordPress ke Direktori.Sebagai contoh saja pada kebanyakan hosting , kita mendapatkan akses publik untuk Website kita adalah :
    public_html dan kita ingin menginstallnya pada direktori blog.maka akses Console menuju direktori “ public_html/blog/ , dengan command ” cd” , seperti contoh berikut ini kita mengakses sebagai user di hosting , ketikkan perintah :

    cd public_html/blog/

    Dan seperti yang tertulis , maka sahabat akan berada pada direktori public_html/blog/ , dan saatnya untuk mendownload Paket WordPress dari situs resmi WordPress dengan perintah wget  dan juga mengketraknya.

    wget http://wordpress.org/latest.tar.gz
    tar xfz latest.tar.gz

    Pada perintah diatas fungsi wget adalah untuk mendapatkan / mendownload file dari situs WordPress dan perintah “tar xfz latest.tar.gz” adalah berfungsi untuk mengekstrak file latest.tar.gz , pada direktori sekarang yaitu berada pada direktori public_html/blog/.
    dan secara default hasil ekstrak wordpress akan menghasilkan sebuah folder “wordpress” dimana folder tersebut berisi file – file CMS WordPRess yang kita pergunakan dan seharusnya file yang ada di direktori wordpress tersebut berada pada direktori /blog/

  2. Memindahkan Isi dari folder “wordpress” ke direktori utama atau ke direktori “public_html/blog/” , dengan cara mengetikkan perintah :
    mv wordpress/* ./

    Perintah diatas adalah memindahkan seluruh isi dari yang ada di Folder wordpress ke satu jajaran folder yang sama dengan wordpress direktori atau memindahkan isi dari direktori wordpress ke satu tingkat.

  3. Menghapus Direktori wordpress dan file WordPress.
    tentunya folder wordpress yang isinya sudah dipindah ke folder utama ( blog/ ) telah kosong dan tidak digunakan lagi maka bisa dihapus dengan perintah :

    rmdir ./wordpress/

    dan apabila kita ingin menghapus file arsip yang kita download dari WordPress tersewbut ( latest.tar.gz) ketikkan perintah :

    rm -f latest.tar.gz
  4. Menginstall WordPress.Disini menginstall WordPress akan dibutuhkan untuk membuat Database dan Username , mungkin sahabat akan lebih kerepotan dan bahkan sama saja kalau harus masuk menuju Control Panel , dengan Command / perintah berikut ini sahabat tanpa perlu mengakses phpmyadmin lagi.
    mysql -u username -p

    username diatas adalah dimana username dari mysql sahabat atau bisa juga biasanya diisi dari username cpanel / hosting.

    maka sahabat akan diminta untuk memasukkan password Mysql , dan isikan password sahabat.
    Setelah berhasil masuk maka disinilah sahabat dapat membuat DBname dan DBuser.
    ketikkan perintah berikut untuk membuat user baru .

    create user 'dbusername'@'localhost' identified by 'password';

    ganti dbusername dengan username yang ingin sahabat buat dan isi password , dengan password yang kita inginkan untuk  dbusername.

    Dan saatrnya untuk membuat Database dan memberikan Access grant dan privilege pada database.

    create database dbname;  
    grant usage on *.* to dbusername@localhost identified by 'password';  
    grant all privileges on dbname.* to dbusername@localhost;

    Dan siatas untuk dbname adalah sebagai nama databasse yang ingin sahabat buat. Bisa diganti dengan nama database apapun yang sahabat inginkan.
    Pada line ke 2 adalah berfungsi untuk mengijinkan username database ( dbname ) agar dapat terkoneksi ke database, dan pada line ke 3 adalah untuk memberikan akses atau ijin untuk menulis dan segala macam hal ( privileges ) pada database.

    Sahabat dapat menguji bahwa database yang kita buat diatas telah berfungsi dan benar dengan perintah dibawah ini :

    use dbname

    Dan lihat apa yang ada di Console dan seharusnya akan muncul pemberitahuan bahwa database telah diubah.

  5. Langkah selanjutnya adalah mengakses Website sahabat dengan melakukan proses penginstallan akhir seperti halnya menginstall WordPress pada umumnya .
    http://www.domainsahabat.com/blog/ karena default WordPress apabila terdapat wp-config-sample.php masih ada dan wp-config.php tidak ada maka proses penginstallan yang akan diberikan untuk sahabat , isi detail penginstallan dengan detail database yang telah sahabat buat sebelumnya.

akhirnya selesai sudah tips sederhana yang sering saya lakukan untuk menginstall WordPress 😀 , semoga tulisan ini bisa menjadi literatur dan dapat diterima oleh sahabat 🙂

sukses dan keep Blogging