Mengatasi : is not accessible the file or directory is corrupted or unreadable

Error Windows :  is not accessible the file or directory is corrupted or unreadable , file atau drive yang anda akses atau ingin anda ubah ( entah itu rename , hapus atau buka ) terdapat keterangan is not accessible the file or directory is corrupted or unreadable. Hal ini dikarenakan terdapat crash pada HDD ( drive penyimpanan anda ) kemungkinan besar dakibatkan oleh system windows itu sendiri.
Kemungkinan besar anda akan kebingungan, kenapa drive / file ini tidak bisa dibuka atau diapa – apakan , apa yang salsh dengan hal ini ..? Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah hanya dengan check disk dan merepair-nya melalui system.

 cara untuk mengatasi Windows Error is not accessible the file or directory is corrupted or unreadable

1. Sebelumnya pastikan drive yang anda ingin check disk sedang tidak terpakai / tidak aktif, lalu Buka CMD ( Command Prompt ) , dengan privillege admin atau “Run as adminsitrator

 

Start -> All Programs -> Accessories.Kil Kanan

Command prompt lalu pilih Run as administrator.

atau pada Windows 8 / 8.x ,  sorot mouse menuju sisi paling kiri ( start ) , klik kanan lalu pilih
menu klik kanan

2. lalu ketikkan CHKDSK /F [disktujuan]
ganti [disktujuan] dengan nama drive nya , contoh apabila file / drive tersebut  error pada drive E: , maka ketikkan : CHKDSK /F E:

cmd chkdsk

3. Tekan Enter, lalu anda akan di tanya tentang force unmount disk anda, ketikkan Y , untuk memproses langkah selanjutnya.

unmount disk chkdsk

4. Secara otomatis drive yang anda gunakan sebagai target tidak akan ada / unmount untuk sementara hingga proses selesai . Tunggu hingga proses tersebut ( CHKDSK / check disk ) selesai.

Disk Drive unmount

5. Selesai , berikut screen shot apabila tidak terdapat error, akan tetapi apabila terdapat error akan ada banyak verifikasi dari informasi yang ada pada CMD.

finish chkdsk

Dan drive akan kembali dapat diakses,

Disk Drive mount

6. Sekarang coba anda akses kembali / drive / folde / file yang tadi error, dan seharusnya sudah tidak terdapat error lagi.

Selamat beraktivitas, dan semoga berhasil 🙂

nb : untuk yang mendapat notifikasi : chkdsk will be proccess after reboot  atau  akan dilakukan saat reboot apabila anda sedang tidak check drive C: , sebaiknya untuk dihapus terlebih dahulu karena bisa memperpanjang waktu anda, bisa mengikuti cara dari situs microsoft ini : http://support.microsoft.com/kb/158675