Teknologi

Jeli Membedakan MicroSD Asli dan Palsu

Di zaman serba gadget maupun smartphone masa kini,  yang menuntut setiap pengguna  untuk memiliki ruang penyimpanan data dalam jumlah puluhan gigabyte (GB)  selain adanya memori internal yang terbatas ruang. Adalah MicroSD atau sd card yang banyak digunakan oleh mereka yang merasa memori internal gadget  kurang mencukupi. Biasanya MicroSD digunakan untuk menyimpan lebih banyak files dari mulai foto, video, music dan lain-lain.

microsd palsu
pic by : gadget guy

Ada banyak perangkat MicroSD yang cukup popular di masyarakat  pemakai gadget antara lain Sandisk, V-Gen, Trascend, Samsung , dan juga Kingstone.Dengan banyaknya masyarakat kini yang melek  internet, maka kebutuhan akan penunjang penyimpan data dalam kapasitas luas yang dibutuhkan semakin meningkat. Namun sayangnya seiring dengan  banyak pembelian dan kebutuhan pemakain akan MicroSD , perlu kita ketahui bawasanya produk yang laris manis dipasaran besar, kemungkinan muncul produk tiruannya. Pun demikian dengan smartphone dan aksesorisnya yang banyak dipalsukan oleh  pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab  sebagai jalan pintas mencari keuntungan.

Sebagai konsumer kita harus jeli membedakan  MicroSD yang asli dan palsu, berikut inforiatif membagikan infonya untuk anda;

  1. Perhatikan wajah

Wajah yang dimaksud di sini adalah bagaimana penampilan luar MicroSD yang akan terbeli, abaikan pepatah yang mengatakan ‘don’t jugde a book  by its cover’ ’  yang menjelaskan jangan menilai sesuatu  dari apa yang terlihat karena hal ini tidak berlaku untuk MicroSD. Banyak di dapati kemasan merk MicroSD ternama yang nampak meragukan seperti, informasi di kemasan  tidak lengkap, hingga tulisan merk dan kapasitas  di MicroSD buram, dan lain-lain. Produk palsu biasanya memiliki cetakan yang terlihat kurang baik serta informasi yang diberi kurang lengkap.

Baiknya anda teliti tulisan merk dengan teliti dan lebih cermat mulai dari kerapihan pelabelan hingga kecacatan tulisan seperti baret-baret, buram sampai sebagian ada yang terhapus atau tidak.

  1. Jangan tertipu iming-iming harga yang murah

Karena tak ada produk orisinil yang murah, sudah pasti harga jual sangat menentukan. Maka ungkapan “ Ada Harga ada kualitas,” berlaku untuk MicroSD. Bila anda menemukan harga yang dibanderol  murah untuk merk ternama dengan kapasitas 64GB  atau 128GB misalnya, adalah sangat tidak wajar bila harganya berkisar  seratus ribuan hingga rentang tiga ratus ribuan, karena harga standardnya adalah diatas tigaratus ribu rupiah untuk 128GB.

  1. Baca dan bertanyalah

Penting membaca informasi tanggal pembuatan dan produksi  dalam kemasan serta dalam kartu memori , jika terdapat kejanggalan seperti tidak ada kesesuaian dengan yang ada pada kemasan maka keaslian MicroSD wajib dipertanyakan, dan perhatikan juga model dan serial nomornya.  Di sisi lain sebaiknya tanyakan juga dengan detail pada penjual  bila ternyata penjual menawarkan harga murah, serta jangan lupa untuk meminta garansi minimal 1 bulan.  Serangkaian baca dan bertanya adalah hal penting  untuk meminang sebuah microSD karena tidak  lucu bila data yang anda simpan  mendadak hilang semua karena ternyata anda memakai microSD palsu .

  1. Pengecekan setelah membeli

Untuk memastikan kembali originalitas microSD yang anda beli, langkah selanjutnya adalah  dengan mengecek di gadget atau smartphone anda dengan  mencoba dahulu memasukkan data sebanyak-banyaknya  hingga penuh. Lalu cobalah buka satu per satu filenya, jika data lancar bila dibuka, berarti microSD tersebut asli. Akan tetapi bila banyak file yang tidak dapat dibuka, kemungkinan besar microSD yang anda beli adalah palsu.  Satu lagi pada microSD palsu  umumnya file berbentuk film bakal tampak banyak ‘hang’ atau berhenti mendadak. Hal tersebut terjadi karena memori microSD palsu biasanya akan sangat cepat mengalami performa semisal penurunan performa kecepatan transfer data dan sebagainya.

Itulah tips-tips  untuk mengenali perbedaan microSD  palsu maupun asli yang dapat dirangkumkan oleh inforiatif untuk anda  sebagai referensi membeli aksesoris gadget. Meski tidak menjamin 100% terhindar dari barang tiruan namun setidaknya tips ini bisa mengurangi resiko tertipu.

 

*Di rangkum dari berbagai sumber

AYU WIDIANANDA

%d blogger menyukai ini: