Kalau RAM Rusak

Komputer yang tidak mau menyala atau beroperasi karena kerusakan pada hardware yang disebut dengan memory atau sering juga disebut dengan RAM ( Random Access Memory ). Fungsi dari  itu sendiri cukup banyak sekali dan merupakan salah satu komponen terpenting untuk menjalankan sebuah komputer dan sangat mempengaruhi kinerja dan kecepatan komputer itu sendiri selain proccessor dan hardisk , karena RAM tersebut adalah salah satu fungsi lainnya adalah sebagai jembatan untuk membaca dan mengakses segala perintah dari proccessor / motherboard yang dijalankan oleh system. Untuk mengetahui lebih lanjut bisa baca di wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Random-access_memory

random access memory

Lalu bagaimana cara mengetahui kalaiu komputer tersebut yang rusak adalah RAM nya?, berikut beberapa cara / ciri sederhana untuk mengetahui bahwa kerusakan atau trouble berada di komponen RAM :

  1. Komputer / CPU menyala akan tetapi lampu sign / power dari monitor hanya berkedip kedip dan sedangkan monitor hanya menampilkan layar hitam / tidak menyala sedangkan monitor tersebut masih dalam keadaan normal dan masih bisa dipakai di perangkat komputer lainnya.
  2. Saat RAM masih dalam keadaan tertancap pada socket nya , CPU mengeluarkan bunyi semacam alarm / beep – beep secara berulang dan komputer tidak mau berjalan.

Dari 2 hal diatas adalah hal yang umum dan sering dijumpai pada permasalahan komputer , dan bukan berarti pula kalau RAM tersebut positif mengalami kerusakan, Bisa saja hanya karena permasalahan Konektor dan socket dari RAM yang kotor atau terdapati kotoran sehingga menjadikan Komputer tersebut tidak berjalan dan sehingga RAM tidak dapat berjalan normal.

Sebelum memutuskan bahwa RAM tersebut rusak adalah dengan mengecek konektor & socket dengan cara membersihkan socket RAM dengan Kuas secara perlahan dan serta bersihkan konektor RAM dari kotoran dan debu dapat menggunakan Penghapus pensil secara hati hati dan perlahan dan searah dari sisi dalam konektor ke arah luar.