Kok Masih Merokok?

rokok filter

rokok (sumber : wikipedia )

Rokok salah satu benda yang menjadi sumber penghasilan terbesar di negara indonesia ini, tentunya karena ada pajak atau cukai dari tembakau yang dikenakan oleh pihak pemerintah kepada perusahaan rokok. Seperti yang sudah kita ketahui Kegiatan merokok lebih banyak sisi negatifnya daripada positif, akan tetapi kenapa seorang perokok tetap saja melakukan kegiatan ini , padahal kan disebutkan pada setiap bungkus rokok :

Merokok dapat mengakibatkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin” , wahh penyakit berat semua itu, nah kenapa masih saja merokok? alasannya kenapa?

mari kita bahas secara universal saja πŸ™‚ , karena saya juga seorang perokok πŸ™ ingin berhenti saja sungguh sulit akan tetapi alhamdulillah sekarang udah berkurang πŸ˜€ .

Alasan orang Merokok :

  1. Sebagian Pria menyatakan kalau tidak merokok bukan cowok tulen namanya , dan kalau cowok merokok itu lebih terlihat keren.. apakah memang benar seperti itu? dalam kenyataannya di beberapa tempat mungkin atau dalam anggapan masyarakat memang sperti itu adanya akan tetapi yang pastinya menurut saya bahkan pria yang tidak merokok lebih sempurna dibandingkan yang merokok karena dapat lebih menjaga kesehatan tubuhnya dan mengontrol untuk tidak menghisap yang namanya racun asap ini.
  2. Merupakan sebuah kebiasaan, atau istilahnya adalah kecanduan dan sudah pastinya yang bikin kecanduan bukan hanya dengan yang namanya obat – obatan terlarang dan narkotika saja , segala sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dan dirasahal tersebut menyenangkan kalau tidak dilakukan maka akan terasa ada yang kurang. Merokok menjadi alasan tertentu agar dapat menjadi sebuah perilaku atau kegiatan yang membuat orangtersebut merasa lebih tenang, dan merokok merupakan sebuah kecanduan yang kalau sudah menjadi kebiasaan maka akan sulit untuk dihentikan. Jangankan merokok anak muda yang sedang dilanda jatuh cinta saja , yang setiap malam minggunya apel ke rumah sang pacar kalau tidak dilakukan sekali saja pada minggu tersebut terasa ada yang kurang bukan? πŸ˜›
  3. Sebagai pengalih , pengalih atau sebuah hal yang menjadi alasan untuk mengalihkan sebuah pemikiran atau kegiatan lain, merokok bisa menjadi alasan sebagian orang untuk menjadi barang penenang atau meregangkan otot syaraf, tembakau sebagai sumber utama zat “NICOTINE” ( nikotin ) sebuah zat adiktih yang terkandung dalam tumbuh tumbuhan yang dapat menjadi sebuah racun syaraf yang menjadikan beberapa syaraf kita meregang dan menjadi lebih tenang , dalam kadar yang sesuai nikotin tentunya dapat berguna bagi tubuh akan tetapi apabila digunakan melebihi batas dan ambang kewajaran pasti dampaknya akan jauh berbeda , dan merusak organ -= organ tubuh terpenting.
  4. Sebagai alasan bermasyarakat, dalam beberapa kasus merokok merupakan teman pelangkap dalam sebuah bermasyarakat atau bergumul bersama sahabat , teman , tetangga atau bermasyarakat di berbagai kondisi, sebagai contohnya adalah , Ronda malam πŸ˜€ , dalam beberapa kegiatan ronda malam memang dibutuhkan sebuah keterkaitan antara warga satu dan lainnya , warga satu merokok dan orang tersebut merokok sendirian pasti tidak enak rasanya ( sungkan ) maka menawari warga lain dengan rokoknya, nah warga yang tidak merokok juga sungkan udah ditawari dan dikasih masa mau ditolak, nah akhirnya sama – sama merokok dan menjadi lebih santai apabila ngobrol – ngobrol sambil merokok .
  5. Teman santai sambil minum kopi, nah ini yang paling sering dijumpai ..baca disini manfaat dan kerugian minum kopiΒ  kalau ada Rokok musti ditemenin Secangkir Kopi Panas lebih asyik, dan saya merasakan pula kalau minum kopi tanpa merokok rasanya seperti ada yang kurang ( manusia aneh πŸ˜€ ) dan tapi itu adalah kenyataan, penulis ( saya ) , menulis artikel inipun sambil merokok dan minum kopi serta mencari sebuah komposisi artikel secara spontan tanpa ada planning atau cetak biru sebelum saya tulis artikel ini alias tanpa konsep.
  6. Teman bekerja, tidak hayal bekerjapun kalau ditemani rokok rasanya pekerjaan tersebut menjadi lebih terfokus karena terasa saat melakukan pekerjaan terasa inspirasi itu datang dengan sendirinya dan terasa ada teman yang membantu pekerjaan ini agar cepat selesai πŸ˜€ hehe , tapi pekerjaannya tertentu loh ya , jangan merokok kalau sahabat bekerja di POM SPBU , ntar lagi kerja eh disambi ama ngerokok kan jadi lebih seru πŸ˜€ .
  7. Simbol kedewasaan, merokok di Dunia sebenarnya diberikan aturan harus minimal mempunyai umur 18 tahun, kalau belum 18 tahun dilarang keras merokok , tapi faktanya di indonesia jangankan umur 18 anak umur 8 tahun saja sudah banyak yang merokok apalagi anak SMP jaman sekarang , teramat sangat banyak yang hobinya merokok , simbol kedewasaan dengan merokok merupakan sebuah kesalahan besar karena seharusnya simbol kedewasaanh tersebut adalah hal yanhg positif tapi kok malah dibikin negatif?
  8. Β Dan lain sebagainya.

 

Dampak Negatif & kerugian merokok :

Sebelumnya saya bahass tentang beberapa kutipan dari beberapa website yang saya kunjungi tentang kesehatan serta dari teman saya disebeleh rumah yang Kuliah di Kedokteran πŸ˜› ( sombong,, wong cuman tetangga aja bangga πŸ˜€ ) ,

– Kandungan nikotin dalam kadar tertentu dapat sangat berguna bagi tubuh dan otak, karena nikotin yang terkandung dalam tembakau tersebut dapat menjadi sebuah perangsang syaraf yang mampu meningkatkan kinerja syaraf otak, dapat pula menjadi sebuah zat positif yang mampu menenangkan syaraf , dan bahkan dalam beberapa kutipan : nikotin yang terkandung dalam tembakau tersebut mampu meningkatkan kecerdasan dan pola pikir seseorang, akan tetapiΒ Β yang menjadikan nikotin dan tembakau tersebut menjadi racun adalah dengan caranya diolah atau masuk kedalam tubuh ( kayak knalpot nih jadinya :P) , yaitu dengan cara dibakar ( rokok ) sehingga mengakibatkan senyawa baru yaitu Karbon Monoksida ( CO ) yaitu zat karbon yang sebenarnya sangat tidak baik untuk di konsumsi dalam tubuh dapat mengakibatkan serangan akut pada organ oran yang berhubungan dengan pernafasan dan organ terpenting lainnya . Nikotin dapat mengakibatkan kecanduan tingkat rendah dan karena nikotin inilah kenapa perokok sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok ini.

Langsung kita bahas tentang bahayanya merokok dan kerugian yang diakibatkan oleh rokok dan kandungan zat yang ada didalamnya, sebelumnya mari kita tengok gambar dibawah ini ‘ gambar ilustrasi zat zat yang terkandung dalam rokok ‘ :

kandungan rokok

gambar kandungan yang ada dalam rokok

Sungguh membahayakan sebenarnya kalau kita tengok dan kita telaah kandungan apa saja yang ada di dalam rokok tersebut, berbagai zat kimia berbahaya yang tidak pantas masuk ke dalam tubuh namun kenapa selalu saja seperti tidak merasa zat tersebut tidak begitu berbahaya πŸ˜€ .

Bahaya merokok :

  1. Dapat menjadi sumber utama dari penyakit paru – paru ( kanker Paru ) / gangguan pernafasan, karena paru – paru adalah sebuah organ yang terkait erat dengan yang namanya pernafasan yang datang melalui berbagai sumber nafas yang ada dalam tubuh kita , salah duanya adalah hidung serta mulut, dan paru – paru seharusnya adalah mempunyai bentuk an kerja yang seimbang akan tetapi apabila ada zat raun yang datang ke paru – paru maka oragn tersebut akan menjadi terganggu kinerjanya atau menjadikan paru – paru tersebut menjadi bentuk dan organ yang tidak lazim atau berbeda dengan paru – paru yang sebenarnya. Organ ini lah yang menjadi salah satu penyokong kita yang penting bagi hidup , yaitu makhluk hidup selalu mebutuhkan udara , dan manusia membutuhkan Oksigen ( O2 ) , yang dimana oksigen tersebut sangat dibutuhkan untuk berbagai kerja tubuh kita, ttermasuk kerja Jantung dimana jantung ini sebagai titik dari kelangsungan hidup kita salah satunya adalah untuk mengontrol dan memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih seimbang sesuai dengan kebutuhan energi dan fungsi tubuh. Dan 90% orang yang terjangkit penyakit Kanker Paru rata2 adalah Seorang Perokok ( entah itu Perokok Aktif ‘ orang yang merokok ‘ , atau perokok pasif ‘ orang yang tidak merokok tapi secara tidak sengaja menghisap asap rokok dari sekitar nya orang -orang yang merokok‘)
  2. Mengakibatkan gangguan / serangan Jantung, kalau sudah terkena jantung kita diharuskan dan diwajibkan oleh ahli kesehatan bahkan orang awam aja udah tau , jangan sekali kali merokok karena dapat memperparah penyakit tersebut. Lalu secara sederhana saja merokok dapat mengganggu fungsi jantung, jantung membutuhkan banyak pembuluh pembuluh , termasuk pembuluh udara serta sluran tersebut diahruskan lancar tanpa hambatan apapun , dan apabila saluran atau pembuluh jantung tersebut tersumbat / kotor ( sempit ) , maka teramat sangat berbahaya. Zat yang masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan kerak ( hasil endapan zat rokok ) menyumbat saluran jantung dan sehingga pembuluh tersebut menyempit, nah kalau menyempit atau bahkan tersumbat bagaimana bisa bertahan hidup dan bagaimana jantung dapat menerima kebutuhan untuk Jantung tersebut agar dapat tetap bekerja dengan baik? Saya sempat bulan lalu berada di rumah sakit selama 10 hari menjaga ayah disana , dan alhamdulillah sudah normal lagi sekarang ( walaupun memang saya akui dokter jaman sekarang banyak yang sangat tidak pantas disebut dokterΒ  πŸ˜€ , tapi biarin lah sekolahnya aja mahal ya haruslah biar modalnya cepet balik adaa aja. ) , terkena serangan jantung bukanlah merupakan penyakit yang membutuhkan biaya sedikit akan tetapi teramat sangat wahh ( buat saya atau sahabat pastinya ). Apalagi kalau saluran / pembuluh jantung tersumbat oleh zat tertentu untuk menghancurkannya dibutuhkan obat / suntikan yang disuntikkan sekali dengan harga sama dengan atau hampir 4 juta rupiah , wew .. dan untuk perawatan setiap harinya , disuntik entah itu apa suntikan kecil yang sekali pakai berisi cairan yang berpa ml. gitu lupa , dengan harga 500 ribuan , itupun sehari 2 kali wahhh -_- . Bayangkan saja kalau sahabat bisa itung sendiri kalau selama 12 hari di RS berapa tuh. Beban sangat kan pikiran , raga dan tenaga serta ……..
  3. Mengakibatkan impotensi atau kelainan pada Pria
  4. Gangguan Kehamilan / pada janin, sudah dipastikan orang yang mengandung ( hamil ) – wanita , anak yang ada di dalam kandungan seharusnya diberikan sumber makanan / sang ibu semestinya mengkonsumsi makanan yang sehat bukan malah mengkonsumsi racun , apabila sang ibu tersebut merokok , lalu bagaimana nasib si jabang bayi tersebut πŸ™ kan kasiann ,..
  5. Penyakit Kanker , nah ini dia Kantong Kering juga boleh πŸ˜› , banyak beli rokok kan duit kita berkurang πŸ˜€ tabung aja buat kawin lagi ( ups salah ) πŸ˜€ , nah maksudnya penyakit kanker tersebut datangnya dari virus atau bakteri jahat atau gangguan dari organ lain dan organ itu sendiri dan lain sebagainya dari berbagai sumber penyakit ,Β  sehingga menjadi tidak semestinya. Kalau sudah kena kanker pasti dokter menyarankan untuk melakukan operasi , nah kalau sudah operasi sudah dapat dipastikan tubuh kita itu sudah cacat alias tidak seperti dulu lagi πŸ™‚ . Salah satunya adalah adalah seperti yang teklah disebutkan pada no.1 yaitu Kanker paru ,
  6. Karies – Gigi berlubang dan berwarna kuning , ini sudah dipastikan mayoritas perokok mempunyai ini , dikarenakan zat yang ada di rokok sedikit demi sedikit menggerogoti kekuatan dari Gigi kita , entah itu membuat gigi kita menjadi jauh lebih sensitif dan lebih rapuh, kandungan Nikotin dan Tar membuat flek kuning tersebut menjadi FLEK di karang gigi yang sangat sulit untuk dihilangkan , bahkan perokok lebih mudah terkena Serangan Sakit gigi ( πŸ˜› hihihii , sakitan aman sama sakit hati ? kalau saya mending milih sakit gigi aja dah :D)Β  , karena bakteri jahat / kuman kuman yang ada dimulut dan disela gigi kita lebih cepat berkembang dan suka dengan yang kotornya rongga rongga mulut kita , sehingga perkembangannya akan lebih cepat dan sedangkan Daya imun ( kekebalan ) syaraf dari Gusi & gigi kita semakin lemah , nah lo?Β  kalau sudah sakit gigi pasti tuh kayak orang sakit ati aja tingkahnya nagis sambil megang pipi πŸ˜€ ( mirip banget kayak orang lagi putus cinta wkwkwkkw)
  7. Tenggorokan Kering atau bahkan Pembengkakan pada tenggorokan, seperti banyak penjelasan diatas racun yang terdapat pada asap rokok terebut pasti ada saja yang melewati tenggorokan sehingga menjadi FLEK , di rongga – rongga pernafasan tenggorokan dan sudah dipastikan gak enak banget rasanya tengorokan ini. Bahkan seorang perokok cenderung badannya kurus , dan kenapa? karena seroang perokok ( berat juga boleh πŸ˜› ) , akan lupa dengan yang namanya pola hidup sehat ( merokok saja juga menjadi salah satu cermin pola hidup tidak sehat ) , sehingga mau makan saja rasanya eneg , kata orang jawa juga ‘aras – arasen’ alias gak nafsu, nah kalau tidak doyan makan bagaimana tubuh kita mendapoat sumber energi dan sumber vitamin, mineral protein dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh? dan kalau tidak makan maka lambung akan mengkonsumsi zat asam yang berlebih sedangkan zat asam tersebut tidak digunakan untuk menghancurkan makanan yang telah kita makan, ( makan aja enggak ) , dan bergesekanlah dinding lambung tersebut dikarenakan tidak ada yang dihancurkan . so ? wal hasil kena penyakit Mag dah , dan penyakit mag juga sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup sahabt sendiri.

Dan lain sebagainya kalau dijelaskan lagi maka tidak akan ada habisnya dan maka akan semakin panjang tulisan saya yang tidak jelas ini, berikut saya menemukan gambar yang sering saya jumpai dirumah sakit , mungkin bisa dijadikan referensi yang sangat – sangat berguna untuk sahabat yang sampai sekarang menjadi perokok , dan yang tidak merokok mengurungkan niatnya untuk menjadi seorang perokok.

organ tubuh perokok

gambar organ tubuh seorang perokok

 

dari gambar diatas bisa dipastikan ngeri juga kan , dampak negatif yang diakibatkanoleh rokok dan zat – zat yang dibawa oleh rokok untuk tubuh kita?

So mau apalagi? mari kita mulai hidup sehat tanpa merokok πŸ™‚ , saya pun juga demikian mencoba perlahan lahan berhenti dari aktivitas merokok. Moga sahabat selalu sehat selalu πŸ™‚ , baca disini juga yah cara menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita