Lagi – lagi Rebutan Lahan Parkir Sawojajar – Malang ( Bentrok )

Lahan parkir yang dibuat untuk ajang mencari nafkah yang sebelumnya saya lihat setiap hari saat lewat kawasan pertokoan yang direncanakan sebagai Pertokoan Terpanjang seAsia Tenggara , Ruko Sawojajar Mas yang dinamakan WOW ini , Kemarin Sore ( 13 Agustus 2012 ) pada menjelang buka Puasa. Sayangnya saya tidak tahu karena saya sedang berada di rumah sang istri πŸ˜› . lumayan jauh dari sawojajar dan keluargapun disana tidak memberitahukan ke pada saya lewat SMS ataupun Telepon , ( penting gak ya? )

Dengar dengar bentrokan ini antara Warga Jodipan yang sebelumnya menguasai lahan parkir sawojajar tersebut bentrok dengan Karang Taruna sawojajar , wah saya kurang jelas juga karena yang saya lihat yang parkir di daerah Cafe di Pojok dekat Lampu Merah tersebut adalah teman saya sendiri yang jelas jelas anak sawojajar? wahh,,, semakin ruwet da wahhh..

Di berita disebutkan bahwa lahan parkir tersebut sebelumnya di

Keadaan Petang di Ruko Sawojajar

( beritajatim.com : image )

kuasai oleh warga Jodipan , tapi saya kurang tahu lagi dengan berita tersebut

Sangat disayangkan yang sebelumnya keadaan kawasan parkir Ruko Sawojajar Mas ini terlihat baik baik saja aman dan tentram menjadi ajang berdarah yang dimana terjadi rebutan kawasan lahan pencarian nafkah ,

Awal mulanya saya tidak tahu persis , karena saya hanya membaca berita di Internet saja , tapi saya sedikit terheran heran , disana disebutkan bahwa Lahan Parkir sebelumnya dikuasai oleh pihak warga Jodipan , tapi yang saya lihat selama ini yang parkir adalah warga sawojajar, dan sepenuhnya saya amati yang mengelola parkir adalah semua teman teman saya dari sawojajar, ( tidak tahu pastinya mereka dibawah kendali siapa )

 

Sedikit penjelasan dariΒ  :

Saat menjelang buka puasa , di lahan parkir tiba – tiba pihak karang taruna sawojajar mendatangi kawasan / lahan parkir di Ruko Sawojajar tersebut tepatnya di depan Kafe baru , di Sebelah selatan atau dekat Perempatan Lampu lalu lintas. dan mereka berdebat masalah lahanΒ  parkir , dan akhirnya berakhir bentrok , dikarenakan pihak warga Jodipan atau pengelola parkir yang pertama kali menguasai tersebut. Warga sawojajar tidak terima dan bersenjatakan Benda tumpul dan Bambu, dan setelahnya bentrok menjadi tidak karuan , sayapun sekiranya kurang jelas dengan berita dan faktanya, oleh karena hanya membaca berita di internet saja. Insya allah nanti siang saya mencoba bertanya langsung di kawasan πŸ˜€ .
Dengar dengar juga terjadi korban di tawuran tersebut , karena pihak Aparat dan Brimob terlambat datang dikawsan. Walau sudah malam hari kawsan tersbut masih mencekan ( zzzzzzzzzzzz ) , Perselisihan tersebut sudah terjadi sejak beberapa pekan lalu. Namun, Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang sebagai pihak yang berwenang tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut.

 

Opini saya tentang lahan parkir, di sawojajar , lahan parkir dari mayoritas pertokoan nya , saya lihat bukan dikelola oleh pihak sawojajar , itu sendiri tapi dari pihak warga daerah lain , apakah ini memang kebijakan dan aturan yang benar dari Dinas Perhubungan Kota Malang ataukah hanya sebagai ketenangan semata, karena saya benar benar mengetahuiSpesifik Daerah sawojajar ini,karena saya dan tim inforiatif berasal dari daerah sawojajar , mulai dari Awal Lahir sampai tua ini :D.

Nah lo , mengenang masa lalu juga , Pernah pada beberapa tahun yang lalu juga ditemukan masalah yang sama di Kawasan Pertokoan Danau Toba , teteap dikawasan Sawojajar , terjadi juga rebutan lahan Parkir , dan akhirnya lahan parkir tersebut diserahkan kepada pihak warga lain bukan dari sawojajar.

Sebenarnya apa yang ditetapkan dan bagaimana kinerja dari Dinas Perhubungan Kota Malang ini terhadap kawasan parkir di Kota Malang, semuanya menjadi tidak terarah mulai dari pengelolaan Kawasan parkir yang sudah terkenal dengan banyak cerita Negatif yaitu Bentrok Tawuran dan sebagainya untuk memperoleh lahan parkir.

 

Rebutan lahan parkir di Sawojajar Mas

( merdeka.com : image )

seperti hal yang ada diberita , piakk warga sawojajar menuntut uintuk dapat mengelola lahan parkir yang berada dikawasan daerahnya , yang sebelumnya telah hampir habis karena sudah nyaris tidak tersisa lagi untuk dapat dikelola pihak sawojajar sendiri, mungkin inilah yang menjadi pemicu utama pihak karang taruna sawojajar, dan pernah bercerita salah satu teman dan kerabat saya, peneglola parkir di sawojajar pula bahwa mereka mulai geram karena lahan parkir yang seharusnya berada di tangan Pemuda karang taruna Sawojajar bukan deipegang oleh sawojajar itu sendiri melainkan oleh pihak warga lain yang belum bahkan tidak dapat merawat dan mengetahui warga sawojajar itu sendiri, saya pun menyadari karena saya adalah warga asli Sawojajar jarang mengenal pengelola parkir di kawsan Sawojajar tersebut. yang sebelumnya dulu saya sepenuhnya tahu dan mengenal penegelola terdahulu dari pertokoan di Sawojajar. nah lo πŸ˜€

Diambil dari sisi lainnya saja, tidak hayal lahan parkir adalah bercerita tentang lahan pencarian nafkah dimana sudah terkenal mana yang lebih dulu menempati itulah yang berkuasa tapi apa memang begitu aturannya? ataukah terdapat aturan yanbg lain , saya mendoakan saja semoga kedua belah pihak dan pihak yang terkait dapat menyelesaikan permasalahan ini dengan kepala dingin , bukan hanya mengandalkan Otot saja , apa mereka tidak punya otak untuk berpikir? pasti saya yakin kalau kedua pihak adalah orang – orang yang pintar ,dan semoga besok bisa clear permasalahannya walaupun bukan besok tapi dengan sesegera mungkin agar kawsan sawojajar yang dikenal dengan kawasan yang tenang dan damai ini , tidak lagi ada berita dan aksi yang seperti ini.

Soalnya segenap keluarga besar dan kerabat berada di Sawojajar , mulai dari Eyang sampai Ponakan berada disana, sehingga tidak ada lagi permusuhan, dan mata – mata tau palah yang disebutkan.

Dan himbauan untuk warga sawojajar ataupun warga lain yang lewat di daerah sawojajar , agar tidak perlu cemas terhadap aksi yang kemaren telah terjadi, berlaku saja seperti tidak tahu menahu anggap tidak ada apa – apa , karena ya manusia seperti itulah , pasti tahu sendiri, tingkah polahnya.

Saya jamin yang lewat asal dengan Sopan ( jangan kebut – kebutan dan seenaknya saja ) akan aman tentram dan sentosa , walau dari daerah manapun itu akan tenang dan damai.

 

Sekian tulisan saya ini semoga bisa jadi Literatur atau bacaan yang sedikit membawa informasi πŸ˜› hihihi , nanti malam saya update lagi ya πŸ˜€ hehehe wasalam