Langkah Awal FBI untuk SOPA dan PIPA – Memblokir Situs Yang Melanggar Privasi

Pagi ini akhirnya saya membahas tentang Kebijakan SOPA dan PIPA , sebuah kebijakan yang sangat merugikan bagi pengguna internet untuk mendapart informasi secara Bebas dan membatasi banyak Blogger dan pengembang dari sebuah situs untuk mengelola dan terus mengembangkan sebuah website tersebut menjadi lebih dan menyediakan banyak layanan yang sangat berguna bagi pengguna internet.
Seperti Judul Diatas saya buka bookmark dari sebuah forum yang membahas permasalahan ini.

Dan sayapun harus merelakan 2 halaman posting blog ini untuk terbuang ke tempat sampah 🙁 , yaitu tentang Premium account, karena banyak dari File Hosting yang ditutup karena menyimpan banyak file yang dipergunakan secara bebas dan menyebarkannya ke khalayak luas dan berisi kontent yang melanggar privacy atau melanggar hak cipta dan tidak seharusnya untuk disebarluaskan secara bebas.

Setahu saya situs yang diblokir oleh FBI dan semacamnya adalah situs yang berjalan di wilayah Amerika sana, apakah akan terus berlanjut ke negara dan benua lainnya? kita tunggu saja.

 

Saya mendapati filehosting Besar yang sudah terblokir, atau tidak dapat terakses di negara amerika dan lainnya saya mengcopy paste dari salah satu situs forum tempat saya biasa berdiskusi untuk mendapatkan premium akun :
Megaupload – CLOSED
Fileserve – CLOSED Affiliate Programme. Deleting multiple files
VideoBB – CLOSED lit’s affiliate program.
Filepost – started suspending accounts with infringing material (Doing what Hotfile did)
Uploaded.to – not available in U.S. anymore (Banned US Ips)
Videozer – No affiliate/make money page
reported though not confirmed
Filejungle – (owned by Fileserve) Deleting mutilple files, some folk finding cant downlaod (US Users)
Uploadstation – (owned by Fileserve) as above

 

Notice megaupload

 

 

Apa itu SOPA dan PIPA ?

Perusahaan media dari Amerika selalu mencari cara baru untuk memerangi pembajakan. Mereka berusaha keras untuk menghentikan pembajakan terlebih yang difasilitasi oleh internet dan kemudian bekerja sama dengan pemerintah USA untuk menutup domain yang jelas terbukti melanggar hal ini. Tapi usaha ini tidak bisa menghentikan domain yang berasal dari luar Amerika ataupun mencegah pengguna untuk mengakses domain tersebut.

Oleh sebab itulah terbitalah suatu undang-undang yang dikeluarkan oleh US Senate yang disebut PIPA (Protect IP Act) dan yang dikeluarkan oleh US House of Representative yang disebut SOPA (Stop Online Piracy Act) dimana keduanya menyasar segala pelanggaran terhadap hak cipta media namun tak menutup kemungkinan terhadap situs yang menjual produk secara fisik

Situs dari luar Amerika terancam di blokir:
Penerapan SOPA dan PIPA tidak hanya berdampak pada situs yang berasal dari Amerika saja, akan tetapi pengaruhnya akan tampak lebih meluas bagi situs yang berasal dari luar Amerika. SOPA dianggap jauh lebih garang dibandingkan dengan PIPA disebabkan SOPA menyatakan bahwa situs yang melakukan atau memfasilitasi pelanggaran hak cipta digolongkan sebagai situs yang melanggar peraturan tersebut.

Jika hal ini terjadi maka situs-situs dari luar Amerika bisa diblokir secara sepihak. Ada dua kemungkinan pemblokiran yang bisa dilakukan yang pertama adalah memblok situs yang melanggar, akan tetapi cara ini kemudian dihilangkan disebabkan banyak kalangan yang melakukan protes. Serta cara kedua adalah menghentikan segala bisnis serta penyedia jasa yang memfasilitasi bisnis tersebut.

Jika demikian maka Anda yang memiliki sebuah situs dengan market penduduk Amerika dan terbukti melakukan tindakan pelanggaran hak cipta maka segala hal yang menyangkut urusan bisnis di situs Anda akan dihentikan sebagai contoh jika di web Anda terdapat Google Adsene, CJ, menggunakan paypai, atau lainnya maka layanan ini akan segera di hentikan. Lebih parahnya lagi maka situs Anda tidak akan muncul dalam hasil pencarian Google.

Perang terhadap SOPA
Banyak kalangan yang menentang SOPA. Pada tanggal 15 November tahun lalu beberapa perusahaan besar seperti Facebook, Google, ebay, OAL, Yahoo telah menulis surat kepada senat dan Dewan untuk penentangan undang-undang ini.

Beberapa pengamat juga ada yang menyatakan bahwa SOPA dan PIPA merupakan wujud dari peperangan antara industri ‘Hollywood’ dengan ‘Silicon Valley’. Hollywood dianggap balas dendam karena mereka tak mampu memerangi pembajakan, dan seharusnya lebih menekankan pendekatan untuk melawan hal ini dari sisi bisnisnya.

Apa Langkah Awal FBI ???!!
Meski banyak pihak yang menentang adanya SOPA ini, namun FBI tetap melakukan tindakan, Beberapa minggu kemarin sharing situs terbesar yaitu Megaupload.com diblokir oleh FBI karena diklaim telah melakukan tindakan “Piracy-act” . Selang beberapa hari setelahnya hal yang sama juga terjadi pada situs file sharing yang populer yaitu file*sonic..com mereka men-“disabled” fungsi file sharing mereka, sehingga download di filesonic-pun menjadi terbatas, hanya untuk tujuan personal.

“All sharing functionality on FileSonic is now disabled. Our service can only be used to upload and retrieve files that you have uploaded personally.”

 

Filesonic

Nampaknya filesonic juga akan terancam oleh FBI sehingga filesonic beralih fungsi seperti halnya Dropbox yang bisa dilakukan secara pribadi.
file-servepun demikian, mereka juga me-nonaktifkan beberapa account premium untuk menhindari ancaman FBI.

 

 Apa Pengaruhnya?
Banyak sekali  pengaruhnya salah satunya adalah “INTERNET WILL DIE in 2012
bayangkan saja, jika ga ada lagi Komunitas Online seperti ini, ga ada lagi Jual Beli Online, bahkan yang lebih parah, social Network juga ga bakalan ada lagi (kalo undang-undang ini diberlakukan).
memang sih banyak pihak yang dirugikan akan adanya Pembajakan terhadap hasil karya, seperti Music, Film, Gambar, Source code dll. Tapi, setidaknya bukan dengan seperti ini, justru semakin banyak pihak yang rugi akan adanya hal tersebut. Teknologi tak akan maju tanpa adanya Internet.

 

Dan mungkin ini apabila SOPA tetap bersih kukuh terhadap kebijakan tersebut maka akan berakhirlah kebebasan dan dunia INTERNET.

sumber : jogjaportale.com/showthread.php?tid=1198

 

Dengan Begitu mungkin kalau memang SOPA tersebut terus menjalankan Kebijakan yang sangat tidak bijak tersebut maka otomatis banyak pihak yang sangat diruhikan bahkan situs besar seperti Google , wikipedia , yahoo dan lain nya.

 

SOPA dan PIPA tersebut akan menjadi ancaman merosotnya pengguna Internet bahkan yang akan mengakses Sebuah Search Engine Sebesar Google , dan secara otomatis pula Google akan semakin sepi dan pendapatan pihak merekapun akan jauh berkurang. Bagaimana tidak ..?? banyak kata kunci yang dicari tidak menemukan hasil yang maksimal  tidak akan ditemui dan tidak mendapati hasil yang diinginkan oleh pengunjung.. dan bagaimana selanjutnya?? apa google tetap menjadi sumber ilmu terbesar di Internet ?? dan pastinya penurunan pengguna internet akan semakin tajam , karena tidak lagi banyak user internet mencari informasi melalui internet?? wah wahh..
saya cuma blogger pemula dan saya pun disini hanya sebagai pengguna jasa internet.. jadi kita lihat saja nanti ^_^

 

STOP SOPA

 

Mau Demo Juga gak bakalan bisa 😆  , sekarang kita tinggal tunggu saja yang berkuasa mutusin apa nanti?