Laporkan Duplikat Konten Di Google


Sebuah website yang dibangun secara susah payah dan menulis artikel sendiri mikir – mikir sendiri dan ngetik- ngetik sendiri eh , waktu di publish gak lama kemudian kita menemukan sebuah atau banyak Blog yang secara sengaja mengkopi hasil jerih payah kita berpikir tanpa permisi atau setidaknya tanpa menuliskan sumber artikel atau link blog kita? sedikit geram tentunya apalagi kalau sampai – sampai blog copas tersebut menduduki peringkat SERP di atas kita , lalu so how?

Apa daya.. kalau sudah seperti itu ? memang benar juga kalau tidak ingin hasil karya kita di curi , mending gak usah menciptakan karya atau kalau tidak ingin artikel kita di Copas mending gak usah nulis artikel :D. Kalau saya santai – santai saja wong namanya juga blogging , kalau ketemu blog yang copas dari bog kita tanpa memberikan sumber artikel sudah biasa saya temui , anggap saja ternyata blog kita bermutu 😛 hihihi… Namun kalau keterusan di Copas lama – lama juga geram. Dan salah satu cara yang ampuh untuk membuat pemilik blog copas tersebut adalah dengan melaporkan pelanggaran privasi atau pelanggaran ilegal konten tersebut ke pihak google dimana yang memberikan list dari hasil pencarian dan mesin pencari terbesar di dunia adalah google.com.

Untuk melaporkannya bisa mengunjungi halaman Copyright Removal di Google Webmaster Tools.

alamatnya di sini : https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-notice

akan tetapi sebelum melaporkan , sahabat diharuskan masuk menggunakan akun google, alangkah baiknya kalau sahabat menggunakan akun google webmaster yang terkait dengan situs sahabat yang terkena copas tersebut.

webmaster tools penghapusan copyright

google webmaster tools copyright removal

atau sahabat dapat mengunjungi halaman dashboard untuk copyright removal disini : https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-dashboard , Untuk dapat menambahkan list removal dan mengetahui aktivitas terakhir dari laporan yang telah kita buat :).

copyright removal dashboard

webmaster tools copyright removal dashboard

Nah kalau dengan ini kan bisa lebih akurat dan lebih terpercaya , biasanya kalau terkena pelanggaran hak cipta dan terhapus dari Google Search website yang terkait tidak akan tampak dari google search engine , atau yang sering dijumpai adalah sebuah notice atau pemberitahuan bahwa website yang terindex telah melanggar hak cipta dan di hasil pencarian terdapat tulisan yang menjurus kepada website chillingeffect.org.

dan kalau ingin melaporkan tentang pelanggaran lainnya di google , akses langsung ke http://www.google.com/dmca.html .

Semoga dapat memberikan sedikit inspirasi buat sahabat 😛 heheheh…