LINUX Minimal Install Problem Internet Connection / dhcp



Bagi sahabat yang mengenal istilah minimal dalam linux OS pasti tahu, dan tidak akan saya jelaskan lagi. Yang punya Dedicated server atau mungkin mencoba menginstall Linux versi OS minimal di VMWARE akan mengalami problem atau masalah dengan koneksinya, sebelumnya saya telah menulis artikel tentang UBUNTU tidak dapat login , sekarang saya menulis artikel tentang mengatasi problem dhcp atau IP address / internet connection di Linux OS minimal install ( VMWARE ).

Saat mengetikkan ifconfig yang muncul hanyalah IP dari localhost / localdomain yaitu 127.0.0.1 , dan pastinya saat mencoba menggunakan command yum atau wget contohnya , akan mendapati sebuah notice yang menunjukkan bahwa tidak dapat meresolve host dari repository .

if config blank

Pada VMWARE Workstation (WINDOWS) untuk menerima / memperoleh IP dibutuhkan dhcp dan bawaan Minimal Install ( linux ) tidak secara otomatis diaktifkan jadi kita harus mengaktifkan dhcp tersebut.

Secara sederhana saja masuk ke linux ( vmware ) tersebut menggunakan root :

Lalu ketikkan : dhcp -v eth0

dan sekarang coba ketikkan   ifconfig , maka akan muncul koneksi baru seperti ini :

 

ifconfig full

Gambar diatas menjelaskan bahwa ethernet / koneksi dari IP Broadcast telah dimuat , sekarang coba jalankan YUM atau perintah lain , ( syaratnya musti terkoneksi internet ). Kalau belum berjalan coba cek pengaturan dari Vmware atau koneksi jaringan sahabat 🙂

semoga berhasil . dan baca pula artikel tentang software pembuat bootable linux di flasdisk .