Localhost WebServer Gratis Untuk Windows

Localhost sebuah istilah sederhana untuk mengakses sebuah Virtual Webserver di Komputer lokal kita tanpa harus memakai koneksi internet, banyak macam aplikasi Localhost yang tersebar di berbagai Situs dan Sebenarnya Default Windows juga sudah mempunyai Webserver localhost sendiri, tapi masih banyak yang tidak mengetahuinya , dan berikut referensi Webserver untuk localhost Windows.

 

  1. IIS – Internet Information Server : ini adalah sebuah aplikasi bawaan Windows , katanya sejak Windows 98sudah ada , tapi entahlah saya mulai memakai IIS baru di Operating System XP dan mulai mengapresiasikan sejak di Windows 7 , kalau sahabat yang mempunyai Operating System Windows 7 ke atas tidak perlu repot untuk Download dan atau apalah bisa mengaktifkan IIS ini dengan mudah , walaupun kemungkinan membutuhkan NetFrameWork terinstall di Windows.
    microsoft IIS

    IIS Microsoft Web

    untuk megaktifkannya akses RUN ( win + r ) , lalu masukkan “optionalfeatures” ( tanpa tanda petik ) , maka sahabat akan menemui window baru dimana berisi aplikasi default windows fitur – Windows Features– , dan disinilah kita dapat mengaktifkannya.

    Windows Features

    Windows Features

    atau dapat di akses melalui Control Panel => Programs => Programs and Features pilih :
    Turn Windows Features on or off

    IIS ini mempunyai banyak kelebihan diantaranya security dan hak akses yang dapat disetting secara advance dan kompleks, serta support dengan berbagai macam ekstensi, di IIS sahabat dapat menjalankan berbagai macam ekstensi web, mulai dari aspx ( default microsoft dotnet ) hingga JSP, tentunya untuk mengaktifkan fitur lainnya yang tidak ada di list ekstensi sahabat harus menginstall Ekstensinya seperti untuk menjalankan php sahabat diharuskan menginstall PHP ekstension, dan untuk MySQL dapt dipergunakan default microsoft ( sql database ) atau ingin lebih mudah dapat menggunakan MySql server yang dapat diunduh melalui situs resminya .

  2. AMPPS– aplikasi webserver ciptaan Softaculous ini menjadikan pilihan kedua untuk dapat digunakan baik sebagai Webserver localhost ataupun di Onlinekan , kenapa saya bilang seperti ini? karena AMPPS sudah mendukung banyak pengaplikasian, Control panel yang sudah dapat diakses on Browser dan Sudah terintegrasi dengan segala pengaturan di dalamnya seperti halnya Web Panel di Hosting, AMPPs ini juga dapat langsung mengatur Domain setting dan sebagainya. Softaculous Auto installer juga sudah termasuk disini , sayangnya untuk sahabat yang ingin memanfaatkan Auto installer ini agar dapat bekerja menginstall Script yang berkaitan , diharuskan Mempunyai koneksi internet 😛 ,
    Ampps control panel

    Ampps control panel

    Dengan Aplikasi Ampps ini sahabat dapat dengan mudah mengatur berbagai macam setting mulai Versi dari PHP yang digunakan hingga Setting IP address dengan mudah.
    dapat diunduh melalui link berikut :

    http://www.ampps.com/downloads

  3. XAMPP Control Panel– ini adalah Local webserver terpolpuler di kalangan pengguna Windows , sebuah tools yang dikembangkan oleh apachefriends.com ini dari sejak jaman dahulu menjadi alat yang paling banyak digunakan oleh para ( PHP )Web Developer newbie. Xampp mempunyai keunggulan yaitu mudah dalam pengoperasian dan dapat dijalankan secara portable , walau terlihat lebih rumit dibandingkan AMPPS XAMPP menjadi sebuah pembahasan dan pemakai yang mayoritas di dunia internet ( os Windows ) dalam mengakses localhost.
    xampp webserver localhost control panel

    xampp control panel

    XAMPP Control Panel untuk Windows dapat diperoleh di sini : http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html

  4. WAMPSERVER – sama halnya seperti XAMPPpengoperasian hampir mirip tapi berbeda , untuk Wamp Server ini jauh lebih kompleks dari pada XAMPP control Panel , karena WampServer bisa dipergunakan untuk langsung mengudara atau Online .
    WampServer

    WampServer ini juga banyak digunakan oleh para developer untuk menguji coba apakah Script yang telah dibuat sudah layak untuk mengudara, bahkan sebagian server juga menggunakan WampServer.
    WampServer ini sering dipakai untuk para website developer sebagai pengapresiasi operasi nyata dari sebuah website sebelum dipublikasikan. Karena belum tentu Server Localhost yang menggunakan XAMPP telah benar benar sempurna untuk tampil Secara online , dan dengan Wamp Server ini developer dapat menerapkan dan juga bisa langsung mengudarakn website yang bersangkutan.
    Untuk mendapatkan WampServer dapat diakses melalui Link berikut ke situs resminya :

    http://www.wampserver.com/en/#download

 

4 list Local server diatas telah saya tuliskan disini dari yang paling banyak dipergunakan dan terpopuler , untuk kebutuhannya dapat sahabat tentukan sendiri, mau pilih yang mana Kalau saya masih menggunakan IIS 8 dan AMPPS 😀