Manfaatkan Hotmail ( Windows Live ) Untuk E-mail Domain

Manfaatkan Fitur Hotmail atau microsoft windows live sebagai hosting email pada domain website kita , dikarenakan salah satu alasan nya Google Apps for free sudah tidak ada lagi jadi kita bisa manfaatkan service dari microsoft ini dengan lebih baik malah bisa membuat email lebih banyak pula. Dan juga sekrang microsoft sudah support Nomor telepon indonesia 😀 gak seperti dulu nomor telepon indonesia belum di support oleh microsoft 🙂

Sekarang mulai banyak yang memanfaatkan fitur dari Windows live sebagai Domain aliases untuk email dan appsnya selain tergolong banyak fitur dan maksimal di Windows Live ( microsoft ) ini juga sebagai alternative bagi blogger yang dulu belum sempat mendaftar google apps. Dan masih banyak sahabat yang belum tahu bagaimana caranya mendaftar. kalau tidak punya domain ya terpaksa baca ini saja Membuat dan mendaftar Email di Yahoo & Google Mail

Langsung saja ke langkah – langkahnya tapi sebelumnya saya sarankan untuk mempunyai akun hotmail dulu , agar lebih mudah :

  1. Akses alamat https://domains.live.com/Signup/SignupDomain.aspx maka akan terbuka halaman seperti ini
    Signup Windows

    Halaman Signup

    isikan klom dengan nama domain sahabat , dan pilih “No mail for my domain ( you can add mail later )”

  2. Lalu continue , dan akan muncul halaman pilihan masuk menggunakan akun mana.
    Masuk ke akun

    Account Login

    Sebagai opsional sahabat saja ingin menggunakan akun dengan hotmail sahabat atau membuat akun baru dengan ekstensi nama domain sahabat.
    disini saya menggunakan pilihan ke pertanma yaitu masuk menggunakan akun hotmail karena domain saya belum saya set emailnya  .

  3. Klik Continue , dan sahabat akan menemui halaman untuk login ke akun microsoft windows live hotmail, ya selanjutnya masuk dah menggunakan detail akun.
    verifikasi alamat email administrator

    verifikasi alamat email administrator

     

  4. setelah data lengkap klik “I accept” , dan sahabat akan menemui halaman untuk Domain Setting  . dan disini sahabat mendapatkan panduan untuk domain agar diisi dengan value yang telah di berikan pada petunjuk  untuk meverifikasi domain.
    Windows Live Admin Domain Setting

    Windows Live Admin Domain Setting

     

  5. Nah dilangkah inilah kita harus mulai mengutak atik DNS domain kita , karena saya disini menggunakan Godaddy , saya berikan contoh di godaddy , dihalaman ini tertulis bahwa untuk verifikasi ada 3 cara yaitu : menambahkan txt record domain, mengubah MX record atau menambahkan srv domain. Disini saya menggunakan MX record saja agar lebih mudah , kalau sahabat ingin menggunakan cara lain monggo silahkan. ( tapi saya menyarankan agar tidak menggunakan MX record sebagai verifikasi saya sarankan menggunakan TXT record saja 🙂 karena MX record untuk Ponting Mail server )
    Masuk ke manager DNS manager sahabat ( bisa di Cpanel atau Domain Management , untuk yang menggunakan DNS atau free DNS seperti afraid.org bisa disetting disana 😀 ).

    adding mx recordtambah mx record

    adding mx recordtambah mx record

    isi sesuai dengan yang ada di panduan halaman microsoft tersbut. lalu save.

  6. Setelah tersimpan , kembali ke Halaman Windows Live Domain Setting , Lalu klik refresh : tunggu beberapa saat kalau berhasil maka akan muncul tampilan halaman seperti berikut ini :
    verifikasi berhasil

    verifikasi berhasil

     

Selesai selanjutnya tinggal setting sana setting sini , sangat mudah bukan? bahkan bisa open membership juga atau open membership disini bisa lebih saya perjelas kita bisa membuka layanan kepada siapapun untuk membuat email dengan nama domain kita.

Sebagai catatan penting untuk setting selanjutnya adalah , buat MX record baru dengan format :

* DNS Record Type: MX
* Host: domainsahabat.com
* MX server: mxotken.pamx1.hotmail.com ( contoh : 98uieuy9878.pam1.hotmail.com )
* TTL: 3600 atau 1 jam
* Priority: 1 (High priority)

Sebagai contoh yang jela dimana mxtoken itu? ini saya berikan screenshotnya 😀

mx token hotmail

MX token Hotmail ( klik untuk memperbear )

 

Ingin tahu lebih lanjut? klik disini untuk bantuan http://windows.microsoft.com/en-US/windows-live/set-up-administrator-accounts Silahkan bereksplorasi .