Membangun Kepercayaan Diri

Membangun sebuah sikap dan sifat percaya diri akan membuat diri kita menjadi sosok manusia yang mampu bersaing dalam kehidupan serta mampu menjalani dengan optimis. Percaya diri disini adalah dalam konteks ” Percaya dan Mempunyai inisiatif bahwa kita juga Bisa..!! ” , bukan percaya diri yang berlebihan.

percaya diri dan bisa

Apa manfaat dari sifat dan sikap Kepercayaan pada diri kita :
1. Mampu mengendalikan sikap / sifat yang mudah menyerah.

2. Menjadi seorang manusia yang optimis ( termasuk di no. 1 )

3. Mampu dan tidak ragu akan kekuatan dan serta kemampuan yang ada dari diri kita.

4. Menjadi seorang yang dapat memandirikan sikap.

5. Menjadi diri sendiri, dan lain sebagainya.
Lalu bagaimana cara untuk membangun kepercayaan diri kita ?

Berikut beberapa tips yang semoga dapat dijadikan referensi untuk sahabat.

1. Jadilah manusia yang mampu menjadi diri sendiri, bisa dibaca pada artikel yang telah saya tulis di “Cara menjadi diri sendiri“.

2. Percayalah akan kemampuan bicara sahabat dan keluarkan uneg – uneg yang mengganjal, seperti contoh dalam hal sosial kemasyarakatan , seperti halnya karang taruna. Ikut sertalah pada beberapa pertemuan dan ikut serta dalam memberikan Ide , dan siapa tahu saja saat sahabat melontarkan sebuah ide baru dan ide tersebut diterima oleh perkumpulan dan mayoritas anggota dan bahkan diterapkan pada sebuah kegiatan , pastinya sahabat akan merasa bangga bahwa suara sahabat telah di dengarkan dan berguna bagi yang lainnya.

3. Jadilah orang yang cuek dan apa adanya, jangan malu mengakui tentang kekurangan sahabat dalam konteks tertentu, tentunya jangan sebarkan aib sendiri ya 😛

4. Berusaha menjadi orang yang tegas, berlatih menjadi orang yang tegas, yaitu yang semula anda selalu mempunyai pikiran ragu – ragu dalam menentukan sikap , sekarang saatnya ucapkan “TIDAK” apabila memang tidak akan bisa dan tidak mampu, dan ucapkan “BISA” apabila memang sahabat mampu, berpikiran optimis jauh kedepan jangan mundur sebelum berperang.

5. Biasakan Hidup sehat, nah hidup sehat akan menjadikan jiwa kita menjadi kuat. Kalau kita sakit – sakitan mulu apa yang mau kita banggakan? dan apa yang mampu kita lakukan?

6. Berprinsip : Kesalahan adalah awal dari sebuah waktu untuk menuju kebenaran. Kegagalan adalah awal jalan kita untuk menuju kesuksesan. Masa Lalu adalah pelajaran, Saat ini adalah perjuangan dan hari esok adalah tantangan.

7. Berlatih dan melatih diri dalam menghadapi segala tantangan atau berpikiran bahwa saya itu mampu untuk menghadapi itu..
dan lain sebagainya ..

Tentunya masih banyak lagi yang dapat sahabat lakukan untuk meningkatkan dan membangun Sifat & sikap percaya diri pada diri kita.