Membuat Online File Manager Pribadi Untuk Mengakses File Website

Pagi dan untuk kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit informasi yang mungkin berfuna bagi para blogger, dan kali ini saya membahas tentang Membuat Online File Manager Pribadi Untuk Mengakses File Website.

 

Sahabat yang menggunakan CMS atu Hosting pasti pernah mendengar atau mengakses Net2FTP dan sejenisnya , sebuah portal web yang dapat mengakses isi dari seluruh file situs . website / blog kita tanpa masuk CPANEL dari hosting kita melalui akses FTP. Dan tahukah sahabat bahwa kita juga bisa membuat Online  file manager mirip seperti NET2FTP , karena kita akan memakai CMS / Script yang dapat langsung kita download melalui NET2FTP tersebut.

Langsung Saja kita melangkah pada pembuatan File Manager tersebut.

 

 

Net2ftp Download

  • Setelah terdownload lalu Extract File Zip tersebut Kedalam sebuah folder :

 

extract netftp script

  • Setelah itu masuk ke Cpanel File manager sahabat dan Buat Database Baru . ( ini hanya sebuah pilihan apabila sahabat ingin membuat sebuah NetFtp yang dapat sahabat kelola secara berlanjut dan membuat situs tersebut untuk diakses secara umum).pasti sahabat sudah mengetahui cara membuat database baru dan membuat username databse yang baru ?
    Setelah membuat database name dan usernamae database sekarang buka file :

settings.inc.php pada folder : \files_to_upload yang berada pada script Netftp tadi.
cari baris yang bertuliskan :

// Enter your MySQL settings

dan isikan database name , username database , database password dan database host pada baris yang terdapat pada barisan dibawah : // Enter your MySQL settings  tersebut. ( sedikit sulit untuk menjelaskan ) 😛

( nb : apabila sahabat juga ingin mengontrol halaman admin di Netftp pribadi sahabat cari baris :

$net2ftp_settings[“admin_username”] = “admin”;
$net2ftp_settings[“admin_password”] = ” “;

dan isi sesua dengan kehendak sahabat )

  • Setelah itu save , dan sekarang masuk pada phpmyadmin sahabat dan cari Nama database yang telah sahabat buat untuk NetFtptadi.Lalu klik import dan masukkan File : create_tables.sqlpada script yang telah kita download tadi.

 

 

import Sql

 

  • Setelah sukses import sql , sekarang kita upload file yang terdapat pada folder :
    files_to_upload ,  ke folder domain / subdomain kita melalui file manager. dapat melalui file manager bawaan hosting ataupun melalui FTP Transfer ( software)
  • Nah setelah semua file yang terdapat dalam folder files_to_upload tersebut telah sukses terunggah, maka set CHMOD folder : temp ke 777

 

Set CHMOD 777

  • Setelah itu selesai pekerjaan kita :lol:. akses situs FTP sahabat menurut alamat yang telah sahabat buat , seperti contoh milik saya yang berlamat disini : FTP Pribadi

 

Dan bagi sahabat yang gemar otak – atik atau sudah mengetahui dan advance dalam coding silahkan sendiri edit konfigurasi yang terdapat pada script ini.

 

semoga sukses ^_^