Membuat CDN Subdomain Tanpa Plugin di WordPress

Selamat siang sahabat , akhirnya setelah pindah server lagi saya baru bisa update artikel di Blog sederhana saya ini, dan kali ini mengenai fungsi subdomain untuk sebagai alternatif Virtual CDN atau untuk direct Link untuk media / file Gambar di web / Blog kita.

Seperti contoh :

apabila ada blog kita terbuka atau pada suatu artikel yang mempunyai gambar , dan gambar tersebut adalah hasil dari Upload kita maka gambar tersebut beralamat pada :

http://subdomain.domainutama.com/tahun/bulan/gambar.jpg

nah kurang lebihnya seperti itu mungkin sahabat paham lah. saya membahas ini dikarenakan apabila menggunakan Virtual CDN dengan subdomain menggunakan Plugin W3TotalCache pada pembahasan sebelumnya di “ Cara Membuat CDN Gratis Dengan Menggunakan Subdomain” maka yang akan didapat adalah sebuah penggandaan file , yaitu harus ada 2 file antara di file Upload wp-content/upload dan file di Subdomain yang dijadikan CDN. dan ada pertanyaan dari seorang sahabat seperti ini :

“Bang mau tanya, kan wp-content dan wp-include di copy ke folder cdn, trus misal folder uploads yang dari domain asli perlu dihapus juga gak?”

nah dengan itu saya bisa menjawab, dan jawabannya adalah tidak boleh, karena apabila file yang di folder wp-content/upload apabila di hapus maka nanti kalau suatu saat plugin tersebut dinonaktifkan bagaimana jadinya? kan antara folder wp-content/upload dan folder Virtual CDN harus sinkron, karena file yang ada pada Folder Upload akan tercopy ke folder CDN .

 

Nah dengan hal inilah maka akan terjadi file ganda atau akan menghabiskan Banyak Diskspace apabila berada pada 1 hosting server.

Dan mungkin banyak dari sahabat yang ingin membuat subdomain sebagai CDN ini hanya untuk Direct File Upload Images / Medianya saja , dan banyak yang belum mengetahui bahwa tidak perlu menggunakan Plugin dan semacamnya dan cukup dengan menggunakan Setting Bawaan WordPress saja πŸ˜† , walaupun mungkin saya agak kadaluwarsa menyampaikan ini, πŸ˜› ini buat yang belum mengetahui saja dan yang sudah Professional diharap menyimak :P.

 

Langkah nya sederhana seperti berikut :

  1. Masuk ke Cpanel Hosting sahabat dan buat Subdomain untuk direct images nya , contoh : subdomain : img , dan sehingga nanti akan terakses menjadi :
    http://cdn.domain.comsubdomain 

    CDN Subdomain

  2. Alternatif saja sahabat apabila ingin pengunjung saat mengakses url utama subdomain :
    cdn.domain.com , ingin tidak tampil folder -folder hasil upload media , buat sebuah file :
    index.html / index.phpΒ  , dan isi dengan kmtentΒ  kosong atau edit sesuai kemampuan sahabat mengedit halaman web πŸ˜›
  3. Setelah selesai membuat silahkan masuk halaman administrator website sahabat dan masuk ke :Setting >> media >>Lalu cari Row yang bertuliskan : Store uploads in this folderdan isi kolom menjnama folder subdomain , contoh :apabila subdomainnya adalah cdn.domain.com dan foldernya dinamai dengan cdn , maka cukup isikan dengan : cdndan isi Row :Full URL path to files

    dengan full url alamat subdomain sahabat,

    setelah itu selesai sudah kita membuatnya πŸ˜€

 

Sedikit catatan pula apabila telah pernah membuat artikel dan gambarnya terdirect ke wp-content/upload maka copy file didalam folder upload :

copy folder yang bertuliskan tahun bukan folder upload ( yah maksudnya folder yang didalamnya folder Upload ) πŸ˜›

 

dan untuk file di dalam folder di upload tersebut jangan dihapus , apabila sahabat ingin menghapusnya dan hanya ingin menggunakan subdomain sahabat saja , sahabat harus mengedit seluruh artikel yang telah menggunakan gambar / media yang teredirect ke wp-content/upload tersebut sehingga menuju URL ke Subdomain ^_^

 

(sedikit membingungkan πŸ˜€ ) pokoknya seperti itulah semoga sahabat paham dan utnuk selanjutnya sahabat bisa menelusuri performa dan fitur WordPress itu lebih mendalam lagi πŸ˜€

semangat, salam dari saya untuk sahabat ^_^