Membuat VPN Server dengan OpenVPN

Membuat VPN server pribadi dengan open VPN , syaratnya disini adalah mempunyai VPS ( atau IP server pribadi dengan private IP ) , saya mencoba membangun openvpn saya di VPS saya , untuk melindungi data pribadi saya tentunya πŸ˜€ , untuk membuat atau menginstall openvpn server ini menggunakan OS linux dan pilihan RPM packagenya bisa di akses disini : http://openvpn.net/index.php/access-server/download-openvpn-as-sw.html

Dan disini saya berikan contoh saja , saya menggunakan CENT OS 5.8 64bit (x64_86) , langsung ke langkahnya. dan pastikan TUN/TAP telah aktif.

  1. Akses server menggunakan SSH Client ( saya gunakan putty ) , dengan akses user ‘root’
    ssh client dengan root akses

    akses server dengan root

     

  2. Lalu siapkan alamat download rpm package dari official site openvpn yang ada di http://openvpn.net/index.php/access-server/download-openvpn-as-sw.htmldisini saya karena menggunakan CentOS 5.8 64bit maka saya harus memilih CentOS 64bit OpenVPN server package, lalu download dengan perintah wget.
    mkdir /tmp/openvpn
    cd /tmp/openvpn
    wget http://swupdate.openvpn.org/as/openvpn-as-1.8.4-CentOS5.x86_64.rpm

    fungsi mkdir disini sebagai membuat direktori baru dan command diatas saya membuat direktori /openvpn/ pada direktori /tmp/ , dan gungsi cd adalah untuk masuk ke direktori openvpn tersebut, fungsi wget adalah untuk mendownload file open vpn tersebut – ganti alamat openvpn software sesuai dengan OS sahabat. ( yang berwarna merah ). Tunggu hingga selesai mendownload.

    ssh command download dengan perintah wget

    download open vpn server ( rpm package )

     

  3. Setelah terdownload masukkan perintah berikut ini untuk menginstall rpm package dari openvpn
    screen
    rpm -i openvpn-as-1.8.4-CentOS5.x86_64.rpm

    nb : openvpn-as-1.8.4-CentOS5.x86_64.rpm ganti dengan nama rpm package sahabat. dan fungsi screen hanya untuk jaga – jaga saat penginstallan koneksi sahabat terputus , kenapa saya menambahkan command screen bisa dibaca di Membuat proses SSH bisa di resume

    Tunggu hingga selesai dan terdapat petunjuk untuk mengakses administrasi VPN server sahabat. setelah selesai sahabat akan menerima sebuah pembertihauan dan pengalamatan untuk clients dan halaman admin :
    admin = https://alamatip:943/admin
    client = https://alamatip:943/

    instalasi openvpn server selesai

    installasi openvpn selesai

     

  4. Sekarang coba akses https://alamatip:943/admin ,Β  karena openvpn menggunakan https dan tentunya ip kita tidak mempunyai legal SSL sertifikat , saat akses alamat tersebut add to exception.
    openvpn server admin login

    open vpn admin login

    kalau muncul seperti gambar diatas berarti penginstallan berjalan lancar dan aman – aman saja πŸ˜€ , user admin defaultnya adalah openvpn ,Β dan passwordnya?

  5. Kita kan set password secara manual melalui ssh , masih di SSH Client masukkan command :
    passwd openvpn

    Masukkan password sahabat dan enter konfirmasi password lalu enter .

    password openvpn administrator

    set password openvpn admin

     

  6. Nah penginstalllan telah rampung dengan sempurna , coba masuk di login admin menggunakan :
    user : openvpn
    password : <sesuai dengan password yang telah diset>
    Maka sahabat akan menemui halaman license agreement , klik agree. maka sahabat akan segera dibawa ke admin area berikut tampilannya .

    halaman admin openvpn access server

    admin area openvpn access server

nah πŸ˜€ selesai sudah , kita sudah mempunyai VPN pribadi dengan IP server kita sendiri , dan untuk mendapatkan VPN Client agar dapat terkoneksi ke OpenVPN access server kita bisa di download di http://openvpn.net/index.php?option=com_content&id=357.

Karena yang disini kita menginstall openvpn gratisan , dan tidak mempunyai license hanya untuk 2 user , kalau ingin lebih silahkan menambahkan license sahabat yang bisa didapatkan di situs resminya openvpn.net dan registrasi serta purchase license $5 per client πŸ˜€ dan tambahkan license pada admin area >> license