Membuat Website dan Mensetting Hosting dan Domain Dengan Mudah Menggunakan Domain Gratis co.cc

Kali Ini saya ingin berbagi pengetahuan saja kepada para sahabat yang notabene masih awam dengan yang namanya Membuat blog secara manual dan menggunakan hosting , soalnya walaupun banyak sahabat yang sudah mempunyai blog tidak elak masih belum paham apa itu yang namanya Domain Management , Domain Name Server , Hosting , Cpanel , FTP dan Lain – lain.
Saya tidak akan menjelaskan arti dari semua itu arti dari domain , name server , mysql dan sebagainya karena tidak ada dalam pembahasan saya kali ini ๐Ÿ˜› xixixixi.

Kali ini saya akan memberikan pembahasan tentang “Membuat Website dan Mensetting Hosting dan Domain Dengan Mudah Menggunakan Domain Gratis co.cc” , panjang juga judulnya ๐Ÿ˜€ , tapi semoga sahabat paham dan artikel ini bermanfaat.
Kita kali ini akan membahas tentang membuat blog secara mentah dan siap install maksudnya siap install..?? saya akan memberikan sedikit arahan saja agar domain sahabat bisa teredirect atau terkoneksi ke hosting sehingga file blog kita bisa terpublish menjadi sebuah blog . dan pembahasan tentang menginstall Script / CMS nya saya bahas pada kesempatan berikutnya ^_^ , yap kita awali dulu dengan bismillah :).

Persiapkan diri dulu , ambil secangkir kopi panas dan juga roti ( kalo mau ๐Ÿ˜› ) bercanda :D.

yang harus kita siapkan adalah :

1. Mendaftar kan Domain dulu , kali ini kita akan mendaftar di domain gratis co.cc.ย pastikan kita sudah punya alamat email tentunya ๐Ÿ˜›

  • Buka alamat situs http://co.cc , lalu coba isikan nama domain yang ingin sahabat punya kurang lebih seperti ini :

Check Domain

  • Lalu klik check availability , apabila domain tersedia maka akan tertulis domain is available , dan lihat pula berapa harga yang ditawarkan apabila $0,-ย  Berarti Gratis . tapi kalau tertulis lainya ya harganya tergantung yang tertulis ๐Ÿ˜€

Domain Available

  • Setelah itu klik ” Continue Registration” , dan kalau sahabat masih belum mempunyai akun di co.cc maka pilih ” Create an Account NowCreate New Account
  • Maka sahabat akan dibawa ke halaman Registrasi , seperti dibawah ini , isi saja data dengan benar dan isi alamat email sahabat yang valid yah ^_^, buat konfirmasi :). Lalu klik “continue”

 

registrasi

  • Sahabat akan menemui halaman , untuk menentukan password login ke user area .: masukkan password yang sahabat inginkan , dan klik continue :

 

password

  • Setelah klik continue maka sahabat akan dibawa ke halaman login kembali , dan masukkan email tadi yang telah sahabat cantumkan dan isi password , isi captcha , klik login dan tharaaaaaaa……. Domain sudah siap untuk di setup ๐Ÿ˜€ hehehe..

setup domain

 

  • Serelah itu klik setup dan setup lagi , hingga muncul gambar seperti dibawah ini :

 

Name Server Setup

  • Pilih yang Name Server ( DNS ) . dan kita akan dibawa ke halaman selanjutnya untuk mengisi name server , menuju hosting ^_^ . kali ini saya akan memakai hosting 000webhost yang mempunyai diskspace lumayan gede dan cocok untuk dibuat belajar , kita pakai gratisan semuanya dulu kalau udah punya tekad dan profesional baru berbayar :D.
    Isi name server aja dulu deh sebelum daftar ๐Ÿ˜€ , kita ambil jalan pintas , walaupun sebenarnya name server bisa diisi nanti tapi kita pakai cepetnya :P.

Update Name Server

  • Sahabat isi dengan , :
    Name server 1 : ns01.000webhost.com
    Name server 2 : ns02.000webhost.com
    NB : “0” << ini adalah angka “nol” jangan salah ๐Ÿ˜€

Langkah selanjutnya adalah mendaftar di hosting gratis ini , masuk ke alamat http://www.000webhost.com/order.php , lalu isikan semua data secara lengkap yah ๐Ÿ˜› , setelah itu submit dan setelah sukses , dan buka email konfirmasi dari 000webhost.com untuk mengaktifkan layanan :). berikut halaman registrasi 000webhost.

000webhost.com registrasi

  • Setelah itu klik create my account , maka akan tampil seperti halaman dibawah ini , buka email sahabat dan nanti klik pada alamat url yang berasal dari 000webhost di inbox sahabat akan terdapat status building.

 

konfirmasi email sukses

 

  • Tunggu sekitar 1menit , dan klik refresh status , dan akan berubah status menjadi aktif , tidak seperti 000webhost yang dulu harus menunggu 2 hari , kalau sekarang gak ada 5menit udah beres ๐Ÿ˜€ , lihat halaman akan sepertiย  screenshot dibawah ini dan klik “ Go To cpanel ” ,

 

active status

  • Nah di cpanel inilah saatnya kita mensetting Database baru dan juga bisa membuat subdomain Sahabat, lihat di sebelah kanan halaman cpanel ada kolom bertuliskan “ยปย Account Information” , copy dan paste kan ke note pad dan simpan baik – baik yah :P.

 

  • Setelah itu masih di cpanel , sahabat klik “View FTP Details” ,

 

FTP detail

  • ย Sahabat akan menemukan halaman seperti ini , dan copy semua informasi yang ada di keterangan login sahabat di notepad ( nb : passwordnya adalah password yang sahabat gunakan untuk masuk di 000webhost.com )

 

ftp page

  • Nah tahap pertama telah selesai ๐Ÿ˜€ , sudah . Sekarang kita membuat database Mysql , kembali ke Cpanel . dan klik mySQL yang ada gambar lumba – lumba atau apa itu ๐Ÿ˜› xixixix

Mysql Data Base

  • nah isikan database sahabat , di Mysql database dan username serta password , lalu create database , dan setelah itu simpan di notepad untuk dokumen dan mensetting CMS nanti.

 

Record SQL

  • ย Nah Yang tampil diatas copy dan paste ke Notepad jangan sampai hilang yah , dan jangan ada yang tau ini menyangkut kemanan ๐Ÿ˜€ hahahahay..ini adalah akses masuk ke database dan koneksi portal antara situs kita dan Database di phpmyadmin. ( nanti pada artikel selanjutnya akan saya bahas tentang backup database membuat domain dll .) jangan lupa balik ya ๐Ÿ˜€

 

Cukup sampai disini dulu yah , kalau ingin membuat blog menggunakan websitebuilder yang saya tidak paham monggo silahkan akan tetapi , artikel berikutnya akan saya bahas cara menginstall wordpress , dan inilah yang akan menjadi cukal bakal blog professional sahabat ^_^ .
Sampai jumpa ๐Ÿ˜€ .

Klik disini untuk melanjutkan membuat blog dan menginstall WordPress untuk blog sahabat .