Membuat Website dengan PHP untuk pemula

Membuat website dengan php adalah tutorial php yang saat ini banyak dicari oleh kalian yang ingin menjadi web developer atau sekedar ingin bisa membuat website saja. Sebab membuat website bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan apalagi belajar membuat website dalam hitungan hari. Meskipun ada banyak kawan yang datang meminta untuk mengajari bagaimana cara membuat website atau meminta tutorial membuat website dengan php yang paling mudah tetapi tetap saja membuat website bukalah sesuatu yang instan melainkan perlu proses.

Sebelum kita membahas tentang masalah tutorial pembuatan website setidaknya kita harus sudah tau terlebih dahulu bahwa website itu dibagi menjadi dua yaitu website statik dan website dinamis.

Website Statik

Website statik adalah sebuah website yang dibuat dengan modal skrip HTML, CSS dan JS. Biasanya cara membuat website statik ini cukup mudah karena kita cukup membuat file *.html dan menaruhnya di hosting lalu websitenya telah jadi, meski mudah cara membuat websitenya, website statik cenderung merepotkan bagaimana tidak setiap kali kita ingin membuat artikel baru maka kita harus membuat file *.html baru dan menguploadnya lagi dan lagi. Bagaimana merepotkan bukan. cara membuat website dengan cara ini sekarang sudah tidak di rekomendasikan untuk website yang mengutamakan update informasi yang cepat.

Website dinamis

Website dinamis adalah sebuah website yang dibuat dengan mengunakan sebuah bahasa pemromgraman untuk dinamisasi halaman dan database sebagai tempat penyimpanan data, data yang disimpan bisa artikel, biodata dan sebagainya. Cara membuat webiste dinamis ini biasanya menggunakan PHP, apa itu PHP? PHP adalah sebuah bahasa pemrograman khusus website yang digunakan untuk dinamisasi konten dan berinteraksi dengan database. Dalam pembuatannya website dinamis ini tidak hanya butuh HTML, CSS, JS tapi juga PHP dan MYSQL sebagai bahasa pemrograman untuk membuat wesite. Cara membuat webite dengan php ini sangat direkomendasikan untuk membuat website yang selalu update informasi. Dan tutorial membuat website jenis ini telah banyak di internet dan situs ini adalah salah satunya.

Bagaimana cara membuat website dengan PHP

Kita sudah mengenal dua macam website di atas dan sekarang kita akan berfokus pada website yang dinamis dan mulai membahas bagaimana cara membuat website dengan php. Sebelum kita lebih jauh tentang tutorial membuat website dengan php kita perlu tau perangkat atau alat apa saja yang kita butuhkan untuk membuat website dengan PHP ini :

  1. XAMPP
    Xampp adalah salah satu tools yang akan kita gunakan untuk membuat website dengan php, sebab xampp sendiri terdapat aplikasi Apache untuk menerjemahkan bahasa PHP agar bisa terbaca oleh komputer. Selain itu xampp juga menyediakan aplikasi Database dari MySQL sebagai tempat untuk menampung data website kita sehingga kita tidak perlu membuat file satu per satu.
  1. NOTEPAD++
    Notepad++ adalah text editor seperti notepad bawaan windows namun notepad++ memiliki kelebihan seperti pewarnaan kode, penomoran bari dan support terhadap beberapa plugin yang memudahkan kita dalam membuat website dengan php.
  1. BROWSER
    Browser adalah aplikasi yang akan kita gunakan untuk menampilkan hasil website yang kita buat dengan php.

Setelah ketiga alat di atas sudah terinstall dengan baik maka langkah berikutnya dalam membuat website dengan php adalah menjalankan xampp dan pastikan Apache dan MySQL dalam kondisi running. Seperti gambar berikut :

cara membuat website dengan phpKemudian buatlah sebuah folder baru di dalam c:\xampp\htdocs dengan nama “website” dan di dalam folder “website” buatlah sebuah file “index.php” dengan notepad++ dengan cara membuka notepad++ > file > new , kemudian ketikan :

cara membuat website dengan php 2Dan simpan ke dalam folder “website” dengan nama index.php.

Baca juga belajar membuat website dengan wordpress

Untuk melihat hasilnya apakah file yang kita buat sudah benar silahkan buka browser kesukaan kalian kemudian ketikan “localhost/website” jika sudah terlihat seperti gambar berikut maka cara membuat website dengan php kita sudah benar.

cara membuat website dengan php 3

Bagian di atas merupakan dasar dari bagaimana cara membuat website dengan php adapun proses yang perlu kita lalui, menuru situs onphpid.com dalam membuat website kita akan melewati beberapa tahap sebagai berikut :

  1. Perancangan
    Tahap perancangan adalah tahapan dimana kita menentukan maksud dan tujuan pembuatan website sekaligus menentukan fungsi serta fitur apa saja yang akan kita buat didalam website tersebut. Seperti rancangan database, layouting, usecase, flowcart dkk.
  1. Pengkodean
    Tahap pengkodean adalah tahapan dimana kita akan mengkode hasil dari perancangan.
  1. Testing
    Tahapan sebelum launching untuk mengecek apa website yang kita buat sudah berjalan dengan benar atau belum.
  1. Launching
    Tahapan terakhir untuk menerbitkan / mempublikasihkan / mengupload website kita ke internet.

Dari tahapan di atas masih dalam kategori awal untuk tingkat selanjutnya bisa kalian ikuti di tutorial cara membuat website dengan php dari onphpid.com di sana akan dibahas secara tuntas tentang tutorial membuat website dengan php.