Memunculkan Kategori yang Hilang di WordPress

Sesuatu hal yang tiba tiba menghilang tanpa tahu sebabnya pasti akan merepotkan , apalagi kalau kita sebagai blogger terutama menggunakan CMS WordPress menemui hal yang sangat tidak kita inginkan , salah satunya adalah kategori kategori yang ada di Blog WordPress kita tiba tiba Menghilang. Bagaimana persaan sahabat? bingung pastinya sembari mengotak atik mesin pencari untuk menemukan penyelesaiannya.

Kategori yang mengjilang juga saya alami seudah 2 kali sejak inforiatif.com ini berdiri, dan hari ini adalah kali ke dua , alhamdulillah setelah sedikit berpikir kenapa kategori itu menghilang? padahal sebelumnya tidak apa – apa dan baik – baik saja.

Beikut screenshotnya :

kategori yang tiba tiba menghilang di WordPress

kategori yang hilang

 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? , beikut tips yang semoga dapat mengatasi masalah sahabat;

Kalau sahabat mengingat plugin yang terakhir kali sahabat aktifkan coba di Disable / nonaktifkan dulu , kalau tidak berfungsi sekarang langsung ke pemecahannya :

 

  1. Masuk ke Menu Plugin dan Non aktifkan seluruh Plugin yang ada di Blog sahabat.
  2. Setelah itu Masuk Ke PHPMy admin dan repair Database serta Optimise Seluruh database blog sahabat yang bersangkutan. Kalau tidak mau repot sahabat dapat mengoptimasi / repair database menggunakan plugin WP DB manager. ( bisa dicari di pencarian plugin )
  3. Lalu aktifkan plugin DB manager tersebut pilih repair dan Optimise.
  4. Setelah itu Coba lihat Kategori sahabat , kemungkinan besar kategori tersebut akan kembali ada ^_^.
  5. Aktifkan kembali Plugin plugin sahabat yang dibutuhkan ,

kategori muncul kembali

Kalau tidak berhasil , bisa komentar disini , ya 😀 ,

Kategori yang tiba tiba menghilang tersebut dikarenakan Database nya Crash atau mengalami gangguan / kerusakan kecil pada struktur database. Dan kerusakan Database tersebut bisa dikarenakan Script script Dari system Blog sahabat , entah itu plugin yang tidak terkoneksi dengan benar dengan SQL database Server / PHP MyAdmin. Dan bisa pula karena Struktur Query Blog WordPress yang terkoneksi ke Database atau script dari Plugin tersebut salah.

 

Nah semoga