Menenangkan Pikiran Dulu



Konsenstrasi dan kekuatan pikiran atau cara berpikir secara tenang sebenarnya dapat diperoleh oleh siapa saja asalkan dia mampu dan mau untuk bertindak secara wajar atau normal, dan dimaksudkan disini dia itu waras atau tidak gila waanlaupun sedang dalam banyak tekananan atau sedang mengalami masalah depresi / stress atau under pressure. Disini saya akan memberikan tips untuk melatih konsentrasi atau menenangkan pikiran dari berbagai masalah yang ada.

Menenangkan Pikiran dengan Lebih Mudah dan Positif

brain control

  1. Belajarlah untuk selalu menjadi orang yang tenang , belajar menjadi orang yang tenang disini saya maksudkan adalah berlatihlah untuk menjadi orang yang tidak suka marah – marah atau mudah terpancing emosi, dan intinya sama saja dengan belajar menjadi orang yang sabar.
  2. Carilah sebuah pelarian masalah yang positif, bukan berarti saya menyarankan anda untuk selalu lari dari masalah loh ya 😀 , tapi maksud saya adalah saat anda berada dalam tekanan, carilah dan pikirkanlah sesuatu yang menurut anda indah dan tentunya hal yang positi dan bukan hal – hal yang negatif. Karena hal yang positif yang ada di otak kita akan membawa kita ke sebuah posisi yang lebih benar.
    Seperti contohnya :
    saat anda depresi atau jenuh dengan pekerjaan anda yang menumpuk, sesekali berhentilah sejenak , dan apabila kalau anda yang sudah menikah dan mempunyai anak, cobalah  untuk datang menemui anak anda dan bercengkrama dengan anak anda, atau mungkin anda yang belum menikah, cobalah untuk memikirkan suatu perasaan dan motivasi , kapan ya saya bisa menikah dengan orang yang saya dambakan. pasti lebih indah 😀
  3. Kurangi mengkonsumsi obat obatan , menurut banyak penelitian dan saya baca – baca di artikel tentang kesehatan , orang yang mengkonsumsi obat – obatan secara berlebihan akan cenderung mempunyai sikap yang temperamental atau bahkan daya konsentrasinya akan menurun.
    Cobalah untuk kurangi atau bahkan jangan konsumsi obat – obatan yang tidak perlu.
  4. Bermain Game, untuk anda yang mungkin terlalu sibuk dengan pekerjaan dan sudah jenuh dan bosan , sesekali bisa meluangkan waktu sebentar untuk bermain GAME / Permainan entah itu di HandPhone anda atau di komputer anda.
  5. Kurangi kebiasaan melamun di setiap hari, orang yang suka melamun ( mungkin anda suka melamun? ) akan cenderung pula mempunyai jiwa / perasaan yang sensitif. Sensitif bukan berarti digolongkan yang mudah terbawa perasaan , tapi sensitif yang saya maksudkan adalah , mereka yang suka melamun cenderung berlarut larut meikirkan hal – hal yang sebenarnya sepele menjadi sebuah hal yang jauh lebih besar. ( benarkah demikian? )
  6. Konsumsi air putih , dengan mengkonsumsi air putih yang banyak ( tapi jangan kebanyakan ) akan membantu metabolisme tubuh dan memperlancar peredaran darah? tidak percaya? ( terserah 😛 ) , contoh saja ada kok di iklan dehidrasi menyebabkan kurang konsentrasi. Dan dengan inilah saat anda mulai merasa tidak tenang / jenuh secara tidak langsung anda telah kehilangan cairan tubuh anda, dan pasti konsentrasi anda akan menurun. Coba akali dengan meminum air putih ( yang matang dan bersih tentunya – steril , jangan air kali 😛 )
  7. Anda yang banyak pikiran dengan tugas / pekerjaan yang menumpuk dan deadline harus seslesai secepatnya mungkin tidak ada waktu lagi untuk bermain game, nonton film bahkan untuk bersosial di masyarakat , cara termudah adalah dengan mengatur nafas dan memejamkan mata sejenak . Kok bisa gitu?
    Gini caranya , mungkin anda mahasiswa yang sedang mengetik materi skripsi misalnya, didepan komputer dan gak sempet liat youtube atau maen game tugas harus segera diselesaikan. Cobalah untuk :
    Memejamkan matasambil menundukkan kepala ( dengan posisi duduk anda yang paling nyaman ) , aturlah  nafas anda dengan lebih teratur , berpikirlah santai ( coba berpikir lebih santai ) untuk menjernihkan pikrian dari segala hal yang membebani anda.
  8. Cara yang paling ampuh sebenarnya adalah dengan  bersosial di tengah masyarakat atau maen kemana gitu , kerumah teman atau kemana yang bisa membuat anda lebih terhibur ( khusus yang jomblo 😀 )  , dan cobalah untuk bersosialisasi dengan teman dan kerabat anda, berbincang membahasa sebuah perbincangan di luar apa yang anda kerjakan saat ini.

Dan lain sebagainya, kalau saya tuliskan disini pasti tidak akan muat dan selesai 1 jam saya menulis artikel ini.

Dan intinya, segala sesuatu yang menjadikan anda merasa tertekan pasti ada saja caranya untuk mengatasinya . So?? jangan terlalu memforsir diri anda sendiri , jangan terlalu mengintimidasi jiwa anda sendiri. Hidup itu cuma sekali yaaa.. dibikin santai aja. plus jangan suka merokok ya 😀 bisa bahaya , bisa baca kerugiannya di  masih mau merokok?

coba deh liat artikel manfaat dan kerugian minum kopi