Mengapa Website Lebih Optimal Menggunakan WordPress

WORDPRESS dan sahabat pasti sudah tau dengan kata ini, dan mengapa saya memberi judul seperti diatas yaitu “Mengapa Website Lebih Optimal Menggunakan WordPress” ini menurut beberapa pengalaman dan beberapa artikel yang telah saya baca dan pengalaman para sahabat dan kawan blogger, atau mungkin sahabat punya tanggapan lain tentang hal ini..?? mohon beri saran..
Tapi untuk kesempatan kali ini saya akan sedikit memberi review tentang “Mengapa Website Lebih Optimal Menggunakan WordPress”  tentu dengan banyak pemikiran dan berbagai alasan saya menulis artikel ini dan memberi judul tersebut,, dan mungkin sahabat juga sedikit bertanya – tanya kenapa harus WordPress..?? kenapa tidak drupal , joomla atau yang lainnya .. padahal ” WordPress tergolong template yang banyak ditolak dan menjadi pertimbangan bagi para penyedia hosting lokal, dikarenakan salah satu alasan terdapat banyak plugin, widget dan konten template  yang memberatkan kinerja server..?? “
Nah itu salah satu alasan saya membuat artikel ini, karena salah satu alasan nya adalah konten dari template wordpress tersebut yang paling mudah di modifikasi dan menurut saya template yang termasuk paling aman untuk membuat suatu web / blog.
Sedikit ulasan tentang WordPress , dan ulasan ini saya ambil dari situs aslinya http://id.wordpress.org/ :

WordPress ialah platform penerbitan pribadi yang semantik, yang berfokus pada estetika, standar web, dan kegunaan. WordPress bersifat gratis, namun di sisi lain juga tak ternilai harganya. Pendek kata, WordPress ‘lah yang Anda perlukan ketika ingin membangun sebuah blog atau sebuah situs web yang cantik.

Piranti lunak inti WordPress dikembangkan oleh ratusan sukarelawan. Ketika Anda ingin dapatkan lebih banyak kegunaan daripadanya, ada ribuan plugin dan tema yang tersedia untuk mengubah situs Anda menjadi nyaris apa saja yang Anda dambakan. Lebih dari 25 juta orang memilih WordPress sebagai “rumah”-nya di jaringan internet — dan tentunya kami juga ingin agar Anda juga dapat bergabung dengan kami dan mereka semuanya.

Nah dari beberapa kalimat diatas pasti sahabat sedikit mengambil penilaian ( tapi semua itu terserah sahabat ).

Dan berikut juga sebuah tulisan dari terms freedooms wordpress

Kebebasan-kebebasan

WordPress adalah piranti lunak yang Bebas dan open source, dibangun oleh sebuah komunitas terdistribusi yang terdiri dari sebagian besar relawan pengembang dari seluruh dunia. WordPress dihadirkan dengan beberapa kepatuhan hak yang menakjubkan, mengubah pandangan dunia atas lisensinya, yaitu: GPL.

  1. Anda memiliki kebebasan untuk menjalankan program, untuk kegunaan apa saja.
  2. Anda memiliki akses ke kode sumber, kebebasan untuk mempelajari cara kerja program, dan kebebasan untuk mengubahnya untuk membuatnya melakukan apa saja yang Anda inginkan.
  3. Anda punya kebebasan untuk mendistribusikan salinan program asli sehingga Anda dapat membantu para tetangga Anda.
  4. Anda punya kebebasan untuk mendistribusikan salinan dari versi Anda yang telah diubah kepada orang lain. Dengan melakukan hal ini Anda dapat memberikan seluruh masyarakat kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan Anda.

WordPress bertambah maju ketika orang-orang seperti Anda memberitahukan kepada teman-teman yang lain tentang WordPress, dan ribuan perusahaan dan layanan jasa yang telah dibangun di atas dan berlandaskan WordPress memberi gambaran faktanya kepada para penggunanya. Kami benar-benar tersanjung setiap kali seseorang menyebarkan kabar baik ini, hanya pastikan untuk memeriksa panduan merek dagang kami sebelumnya.

Setiap plugin dan tema dalam direktori WordPress.org adalah 100% GPL atau lisensi yang sama bebasnya dan kompatibel, sehingga Anda dapat merasa aman menemukan plugin dan tema-tema di sana. Jika Anda mendapatkan sebuah plugin atau tema dari sumber lain, pastikan untuk bertanya kepada mereka apakah itu GPL terlebih dahulu. Jika mereka tidak menghormati lisensi WordPress, kami tidak merekomendasikan mereka.

Bukankah Anda berharap agar semua peranti lunak hadir dengan semua kebebasan ini? Kita juga! Untuk informasi lebih lanjut, kunjungilah Free Software Foundation.

 

 

WordPress sendiri hingga saat ini tetap berpadu pada kemajuan dan tetap up to date dalam meningkatkan kepuasan konsumen untuk pengembangan bisnis dari konsumen atau perusahaan mereka sendiri. ( jadi promo nih 😀 ).
WordPress memberikan gratis dan secara cuma cuma untuk mengunduh template yang telah dikembangkan oleh pihak wordpress itu sendiri, dalam waktu tahun ke tahun bahkan setiap waktu terus mengembangkan produk mereka yang di bagikan secara gratis maupun berbayar. Template wordpress ini sangat mudah dipergunakan apalagi untuk membuka admin page ( halaman admin ) tidak berat seperti halnya website builder bawaan rata rata hosting yang banyak di suguhkan secara gratis, tetapi pada akhirnya setelah dipertimbangkan antara joomla , drupal , website builder dan wordpress untuk masalah penginstallan sampai pengoperasian lebih memilih untuk menggunakan wordpress ( berbeda lagi untuk blogger / blogspot ” akan diulas pada posting berikutnya ).

WordPress memberikan kebebasan secara berimbang kepada penggunanya untuk saling berbagi pakai contohnya widget dan plugin, dari mulai yang gratisan sampai dengan berbayar. Untuk Fitur gratisan nya wordpress juga mempunyai daya tarik yang sangat menjanjikan karena dengan adanya plugin – plugin gratis yang dapat didapatkan di website resmi wordpress yang dikembangkan oleh beberapa  pengguna wordpress lainnya untuk dapat saling berbagi pakai demi meningkatkan kinerja dari mulai tampilan ,trafik sampai urusan bandwitch yang terpakai.

Kemudahan WordPress pun tidak bisa diragukan lagi dalam segi pengoptimalan weblog bagi para pengguna wordpress untuk meningkatkan mulai dari trafik pengunjung, SERP, SEO dan lain sebagainya hanya dengan menggunakan sedikit pengubahan pada script wordpress itu sendiri, tetapi apabila untuk para pengguna wordpress yang hanya mengetahui tentang bahasa pemrograman web / Coding, tidak menjadi masalah dalam menjalankannya.

Sudah banyak plugin dan widget  yang dibuat oleh pendahulunya dapat diunduh secara gratis  di plugin direktori wordpress atau pula dapat langsung menemukan plugin yang diinginkan dan dicari dengan memilih menu pencarian di menu plugin di halaman admin web. Tentunya terdapat ribuan dan mungkin ratusan ribu plugin yang terdaftar pada wordpress plugin direktori. Halaman admin juga pasti terkoneksi langsung ke server wordpress itu sendiri, dan hampir semua script yang dipakai oleh worpress adalah berupa .php script.

Beberapa plugin memang bisa sangat mengganggu script dari sebuah rancangan web pengguna, tetapi pasti ada cara untuk menanggulanginya. Karena di Situs wordpress sendiri sudah banyak ulasan yang diberikan tentang pertolongan atas gangguan yang didapatkan oleh pelanggan dikarenakan penggunaan template wordpress tersebut.
Berbeda dengan yang lainnya seperti halnya joomla walaupun mempunyai banyak fitur dan plugin tersendiri tetapi untuk masalah kinerja admin page ( halaman admin ) banyak yang masih harus di perhitungkan dan mempelajarinya lebih lama. Tetapi dengan WordPress diberi kemudahan dan dimanjakan dengan adnaya banyak fitur yang diberikan oleh wordpress sendiri.

Sebagai Contoh untuk pengoptimalan web kita di tujuan masalah Search Engine dan berbagai cara mengedit dan menggunakan script tertentu untuk dapat terindex di mesin pencari sebagai contoh Google tidak memerlukan banyak penangan yang berlebih atau harus menghapal script yang belum tentu master / guru besar pun dapat melakukannya . tetapi dengan adanya fitur plugin , salah satunya andalan wordpress yang saya ketahui dan banyak digunakan dalam akhir2 iniadalah ” SEO ULTIMATE Plugin ” atau WordPress SEO by Yoast “, benar atau tidak plugin ini banyak dipakai oleh para pengguna wordpress untuk pengoptimalan index web mereka agar cepat terindex di mesin pencari.
Sebagai bukti bahwa WordPress sangat digemari para penggila Sensasi dalam Pengoptimalan SEO adalah dengan banyaknya para pengguna domain (dot)com yang menggunakan template WordPress ini untuk membangun websitenya.
Dan rata rata pengguna hosting juga banyak yang menanam template wordpress ini di hosting mereka dan membangun web mereka dengan WORDPRESS untuk lebih jelasnya dan dapat membuktikan silahkan sahabat coba sendiri dan cari artikel mengenai wordpress dan fitur yang diberikan oleh wordpress itu sendiri. Dan jangan lupa cari referensi tentang plugin wordpress..

Mohon diingat walaupun banyak fasilitas dan kemudahan yang diberikan oleh pihak wordpress dengan templates dan fiturnya, gangguan dan error pasti akan tetap ada , karena biar bagaimanapun itu adalah buatan manusia.. yang sempurna adalah cuma milik TUHAN betoll..?????
ingin coba WordPress untuk membangun Web sahabat,..???
pelajari dan saya jamin gak bakalan nyesel.. 🙂

download template wordpress dibawah ini :

 

atau

untuk mendownload fitur lain seperti bahasa edisi sebelumnya dan update terbaru silahkan masuk ke halaman berikut http://id.wordpress.org/ adalah halaman berbahasa indonesia
semoga sukses ..

inforiatif.com