Mengatasi Visual Editor WordPress Yang Error / Blank

Apakah sahabat sebagai Blogger WordPress Selfhosted pernah mengalami hal seperti saya sebelum mengupdate artikel saya kali ini.? apakah itu ..? ๐Ÿ˜€

 

Yaitu Visual Editor pada Halaman Editor Posting artikel tidak dapat diklik atau error atau bisa secara kasarnya tidak berfungsi ๐Ÿ˜› . Dan beberapa Fitur Tiny MCE tidak Muncul ( pokoknya sepertiu itulah ) berikut gambarnya .

 

 

Visual editor Blank

 

Nah gambar sekilas seperti diatas , dan seharusnya tampilan standard dari editor untuk menu Visual adalah seperti berikut :

 

Visual Editor standard

 

Seperti itulah setidak nya ๐Ÿ˜† , pasti sahabat akan kebingungan apalagi sahabat yang masih awam dengan dunia WordPress , dan secara tidak sengaja waktu saya browsing ke Google saya mendapatkan artikel dari penanggulangan masalah ini serta dari informasi yang telah dikumpulkan bahwa masalah ini masih bisa di tanggulangi :D.

 

Sekarang mari kita bahas ,

 

Pastikan di user Profile kolom Disable the visual editor when writing , tidak aktifย  ( tempatnya pada Users Profil sahabat , dihalaman admin . )

 

Disable Visual editor User Profile

 

 

Apabila setelah di cek malah tersebut masih tetap tidak ada penanggulangan , silahkan coba untuk check Plugin terakhir yang sahabat pasang sebelum terjadi error. dan disable Plugin tersebut atau disable semua Plugin terdahulu. lalu clear Browser cache sahabat .

 

Apabila masih belum berhasil yang menggunakan CDN Cloudflare pastikan minify JS pada Cloudflare Pada settingย  OFF . bisa dilihat pada Cloudflare setting .

Setelah disable, Jangan Lupa untuk PURGE CACHE. dan Kosongkan cache browser.

 

Nah Jika Cara diatas tidak berhasil maka inilah cara pamungkas saya ๐Ÿ˜† , dan insya allah berhasil,
masuk ke File Manager website sahabat dan buka editor untuk :
wp-config.php

define('CONCATENATE_SCRIPTS', false );

 

 

tepat diatas kode Require_once

seperti contoh :

 

/** Sets up WordPress vars and included files. */

define('CONCATENATE_SCRIPTS', false );

require_once(ABSPATH . 'wp-settings.php');

 

 

Nah dengan ini semoga sahabat yang mengalami permasalahan ini dapat dengan cepat terselesaikan dan tidak kembali bingung dan gundah gulana ๐Ÿ˜†

Apanila sudah teratasi masalahnya maka baris kode tersebut bisa dihapus kembali ๐Ÿ™‚

keep posting sahabat ๐Ÿ™‚