Menjadi diri sendiri saja

menjadi diri sendiriMakna hidup memang susah untuk dimengerti tapi yang pasti jangan mencoba untuk selalu mencari makna dari kehidupan secara totalitas, karena semakin kita mencari arti dari kita hidup dibumi gak akan pernah ada habisnya oleh sebab itu sederhana saja , ” Jalani harimu untuk selalu melangkah kedepan walau dengan kaki rapuhmu jangan mencoba melompat atau berlari  ”  intinya lalui setiap waktu yang ada semasa hidup untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya , meningkatkan kualitas hidup kita dengan apa adanya sewajarnya , tanpa jalan pintas. Jangan mencoba untuk mencari jalan cepat dalam memperbaiki kehidupan. Jalan yang cepat hanya memberikan kelelahan esok hari. 😀 bingung bingung dah 😛

Sesuai dengan Judul artikel kali ini , menjadi diri sendiri saja , alias be your self be your mind 😀 . menjadi diri sendiri kenapa tidak? bahkan lebih baik dari pada menipu diri untuk dapat sama atau hampir mirip dengan apa yang kita harapkan atau paksaan.

Keuntungan menjadi diri sendiri antara lain :

  1. Menjadikan pribadi yang mandiri
  2. meningkatkan percaya diri
  3. Menjadikan diri kita lebih tangguh daripada selalu meniru dan menjadi orang lain
  4. menjadi sosok yang lebih berwibawa.
  5. Mampu menjadi seseorang yang lebih tegas , tegap dan tegar
  6. Dan lain sebagainya.

Lalu langkah apa saja yang harus dilakukan agar kita dapat menjadi diri sendiri? Sebelumnya disini saya akan sedikit mendefinisikan apa itu “menjadi diri sendiri“?
Menjadi diri sendiri adalah sebuah sikap , sifat dan laku yang mencerminkan sebuah perangai yang tercipta dan segala hal dari kita tanpa adanya pengaruh atau paksaan dari pihak luar dengan segala hal yang ada di dalam diri kita , serta mampu mengambil segala keputusan dalam kelakuan berdasar apa yang ada di diri kita serta dapat mengendalikan segala macam kontrol emosi dan ego tanpa adanya pengaruh dari orang lain atau di kendalikan orang lain. Intinya menjadi diri sendiri adalah : menjadi sebuah sosok asli dari apa yang ada di hati , pikiran dan segala hal hasil dari apa yang ada di diri kita bukan dari orang lain. Brikut sedikit motivasi dan cara untuk menjadi diri sendiri dalam konteks positif tentunya 😛

  1. Hindari perdebatan , menghindari perdebatan dalam hal ini bukan dalam rapat kerja atau dalam pertemuan RT atau RW ya 😀 heheh..
    hindari perdebatan disini adalah pada sebuah perbincangan dengan teman teman , lebih baik diam daripada menjadi semakin lebar permasalahannya .
  2. Jangan Perdulikan Kata orang tentang dirimu , Jadilah orang yang cuek tapi cuek dalam artian jangan ditanggapi serius tentang orang yang menjelek- jelekkan sahabat atau sampai sampai suudzon dan fitnah kepada sahabat , cari jalan damai atau cari jalur aman, dengan diam anggaplah sebuah kata kata yang menyinggung sahabat menjadi koreksi diri sendiri jangan sampai terbakar amarah.
  3. Bertindak sesuai dengan apa yang kita inginkan , melakukan segala hal sesuai dengan yang sahabat inginkan tapi dalam batas kewajaran dan sesuai dengan norma yang ada, yaitu dengan melakukan sesuatu harus dipikir dahulu walau hal tersebut merupakan tugas dari pak Bos ata orang lain nya. Jangan selalu terpaku dengan saran orang lain dan saran tersebut harus sahabat terapkan, akan tetapi telaah segala hal yang masuk dengan seksama.
  4. Cuek Is the best , bersikap cuek atau acuh pada beberapa hal yang membuat sahabat lelah atau jengkel dengan ini sahabat dapat lebih mengontrol emosi egois dan pikiran negatif.
  5. Bersikap apa adanya sahabat, ucapkan inilah saya dan inilah apa danya saya dengan segala kekurangan dan kesederhanaan , tidak pernah memaksakan ingin menjadi yang sempurna dan seperti mereka, menjadi sosok yang jelas dan tanpa menyamakan atau membedakan diri kita dengan orang lain akan menjadikan diri kita sebagai pribadi yang aktual.
  6. Mencoba untuk selalu jujur, jujur adalah sebuah kunci dari kesuksesan karena dengan jujur sahabat dapat menghindari berbagai permasalahan baru , dan apabila berbohong atas suatu hal pasti kebohongan itu harus mampu dipertanggung jawabkan dengan lebih.
  7. berpenampilan ala kadarnya dan inilah saya, penampilan juga sangat menjadi sebuah keyakinan bagi sahabat, sebuah penampilan yang mencerminkan sosok dari diri sahabat dan sesuai dengan Style / gaya sahabat tanpa meniru trend masa kini pastinya menjadikan sahabat seorang individu yang tidak termakan oleh rayuan perkembangan jaman. Penampilan santai ala style sahabat akan lebih membuat sahabat terlihat tenang dan lepas tanpa beban. Walau kumpul bersama teman teman dengan menggunakan Kaos Oblong sandal japit ,dan celana   jeans usang akan tetapi apabila sahabat menikmati nya,  why not? This your style..!!
  8. Salurkan hobby dan keahlian sahabat di setiap waktu luang yang tersedia dengan menjalankan hobby sahabat pada waktu tertentu saat memang waktu tersebut memungkinkan untuk dapat menyalurkan bakat dan hobby sahabat, supaya dapat membuat diri semakin merasa santai , ( ingat waktu juga ).
  9. Manusia harus punya prinsip, setiap individu harus mempunyai prinsip dan tujuan asalkan tujuan dan prinsip tersebut positif tanpa merugikan orang lain , karena percuma kalau sahabat mempunyai suatu tujuan dan memegang prinsip tapi merugikan orang lain.
  10. Cita – cita dan harapan, mencoba menggapai cita cita dengan langkah perlahan tapi pasti , harapan akan selalu datang apabila kita selalu berusaha untuk mencapainya. Pergunakan hari hari sahabat sebagai langkah kecil untuk mencapai cita cita yang ingin sahabat dapatkan untuk kelangsungan masa depan dengan cara berbeda dari sahabat, tanpa perlu mendengarkan cemooh dan kritikan yang tidak membangung dari orang lain yang ingin menjatuhkan kita, tetap berdiri tegak walau banyak godaan yang datang menerpa .

 

Dan lain sebagainya , sedikit saran diatas adalah sebgai motivasi yang saya terapkan di kehidupan saya sendiri , tanpa perlu mengindahkan lontaran dan pengaruh negatif individu lainnya.

Yang terpenting adalah kemajuan sahabat untuk kepentingan bersama , so keep spirit, be the best…