Optimasi Sederhana Untuk Memaksimalkan Load Situs Dengan Mengkompressi gambar

Seperti halnya di artikel sebelumnya saya telah mengupdate sebuah artikel yang panjang lebar kali tinggi yaitu 6 Cara Sederhana Meningkatkan Visitor Dari Search Engine , salah satu tulisan tersebut membahas tentang gambar.

Tahukah sahabat sebuah Gambar sangat mempengaruhi situs sahabat sendiri, maka berhati hatilah saat mengupload gambar tersebut 😛 heheh.. hanya selingan sajalah , langung kta masuk ke intinya.

Size atau ukuran dari gambar akan mempengaruhi Load situs kita, disamping Mempengaruhi Dispace dan Bandwidth, oleh sebab itu sebelum memasukkan gambar ke artikel postingan alangkah indahnya atau sangat saya sarankan untuk dapat sahabat kompressi ke ukuran yang lebih kecil.
Ukuran yang lebih kecil maksudnya? apa ukuran dari misal 600px X 600px dikecilin jadi 300px X 300px begitu?

Maksudnnya bukan begitu tapi kualitas gambarnya dikompress agar menjadi ukuran / size yang lebih kecil, disiniadalah ukuran file bukan ukuran Dimensi nya ya :D. berikut contoh saja :

Screen Shot Ukuran Sebelum Kompress :

screen shot sebelum compress

screen shot sebelum compress

Screen Shot Ukuran Setelah Kompress :

Screenshot setelah Compress

Screenshot setelah Compress

terlihat bahwa ukurannya akan menyusut sebanyak 20kb bahkan bisa lebih atau kurang dengan kualitas yang tidak banyak berubah dari hasil dibawah ini gambar yang saya kompressi.

Gambar sebelum dikompress

Gambar sebelum dikompress

 

Gambar setelah dikompress

Gambar setelah dikompress

 

2 gambar diatas adalah menggunakan kompressi sebesar 20% atau hanya dengan tampil kualitas 80% . akan tetapi tidak jauh berbeda bukan?coba sendiri sahabat gunakan kompressi menggunakan Photoshop, file bukannya bertambah kecil tapi malah bertambah besar 😀

dan tools yang digunakan adalahsecara online di sini :

http://www.stanleyshilov.com/online-tools/image-compression/

 

, cara menggunakannya hanya tinggal upload dan memilih Persentase kompressi saja.

image compressor

image compressor

Pilih Persentase kompressi, 90% berarti untuk mengkompressi 10% dan kualitas gambar adalah 90% , dan 80% untuk mengkompressi 20% dan kualitas 80% gambar begitu seterusnya, akan tetapi hasil akan berbeda beda, tidak selalu berkurang sesuai presentase , saja pilih yang terbaik, saya sarankan antara 80% – 90% saja, kalau 90% ukuran tidak berubah atau lebih besar maka gunakan 80% 🙂

1 lagi berikan ukuran gambar sebelum Upload ke Post artikel sesuai dengan ukuran yang akan sahabat tampilkan :).